-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Phonograph 1877 | Perekem & Pemutar Suara Pertama di Dunia


Phonograph, adalah alat perekam (recording) sekaligus alat untuk memproduksi suara (sound player), alat ini menggunakan getaran jarum (stylus) yang mengikuti alur pada putaran disk. Sebuah piringan hitam, atau rekaman, yang dapat menyimpan replika gelombang suara sebagai serangkaian undulasi (gerakan bergelombang) dalam alur berliku yang tertulis pada permukaan rotasinya. Ketika rekaman diputar, jarum akan merespons undulasi, dan dari gerakannya kemudian diubah menjadi suara.

Meskipun mekanisme eksperimentalnya muncul pada awal tahun 1857, namun penemuan perangkat Phonograph ini dikreditkan secara umum pada seorang penemu Amerika, Thomas Alva Edison pada tahun 1877. Rekaman pertamanya adalah lekukan yang diembos (dimunculkan) ke dalam selembar kertas timah oleh stylus yang bergetar; kertas timah dililitkan di sekitar silinder yang diputar saat suara direkam. Perbaikan proses yang dilakukan oleh Edison diikuti oleh beberapa inovator lainnya, diantaranya adalah Emil Berliner‘s, inovasinya pada tahun 1887 adalah melacak alur suara dalam spiral pada disk datar alih-alih menggunakan heliks pada silinder. Sisi negatif dibuat dari cakram induk datar, kemudian digunakan sebagai cetakan untuk membuat banyak salinan yang mereproduksi cakram induk asli. "Catatan-catatan" ini, begitu mereka dikenal, dan dapat dimainkan pada mesin reproduksi Berliner yang bernama Gramophone.

Metode peningkatan molding pada disc telah banyak diikuti seabad 20, tahun 1915 disc memiliki kecepatan putar hingga 78-RPM (putaran per menit) dalam melakukan recording, dan dapat dimainkan sekitar 4 1/2 menit per sisi, ini telah menjadi standar umum saat itu. Pada awal 1920-an pengeras suara listrik diadopsi untuk memperkuat volume suara yang direproduksi. Tahun 1948 Columbia Records memperkenalkan durasi pemutaran yang lebih panjang yang dikenal dengan istilah Long Playing (LP) record, dengan kecepatan rotasi dari 33 1/3 RPM, penggunaan alur yang sangat halus, dapat menghasilkan durasi putar  hingga 30 menit  per sisi. Tak lama kemudian RCA Corporation memperkenalkan Disk dengan kecepatan putar mencapai 45-RPM, yang dapat diputar hingga 8 menit per sisi. LP dan "Single" ini menggantikan era 78-an pada tahun 1950-an, dan sistem stereofonik (atau "stereo"), dengan dua saluran informasi yang terpisah dalam satu alur, dan menjadi produk komersial pada tahun 1958. Fonograf stereo yang mampu menghasilkan reproduksi suara yang tidak terdistorsi menjadi satu komponen dari apa yang saat ini dikenal sebagai high-fidelity sound system.

Semua sistem Phonograph modern memiliki komponen tertentu yang sama: meja putar untuk memutar piringan disc, stylus yang melacak alur dalam disc, pickup sebagai pengubah gerakan mekanis stylus menjadi impuls listrik, sebuah amplifier, dan pengeras suara yang mengubah gelombang sinyal menjadi suara.

Phonograph adalah cara utama untuk mereproduksi suara (rekaman) yang digunakan sejak tahun 1980-an, yang kemudian digantikan oleh rekaman kaset dan compact disc pada generasi berikutnya.

Sources : britannica.com