-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

CARA MENGISI FORMULIR FATCA W8-BEN


FORM W-8BENBagi para pelaku bisnis Adsense, program affiliasi,  e-commerce senior atau jawara bisnis yang sudah malang-melintang di dunia marketplace (internet marketing) mungkin sudah tidak asing ketika disodori form W-8BEN atau form W-8BENE. Tapi tidak demikian hal-nya dengan para pelaku bisnis e-commerce pemula seperti saya, terlebih bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman atau teman/pendamping yang berpengelaman dibidang perpajakan dan e-commerce, dimana hanya mengandalkan ramban pencarian google search untuk memahami apa itu Form W-8BEN? dan bagaimana cara mengisinya?

Saya yakin sebagian besar pebisnis e-commerce pemula mungkin akan segera mengambil tindakan seperti yang saya lakukan, membuka laptop dan langsung "tancap gas" menuju omni-box browser atau "kotak amal" pencarian google, lalu dengan sedikit ragu mengetikan keywords "cara mengisi form W-8BEN ", hasil berikutnya... mulai menyortir situs yang relevan dengan kebutuhan untuk menemukan solusi terbaik  cara mengisi Form tersebut. Dan tak lupa mengunjungi laman Youtube untuk memperkuat petunjuk sebagai referensi guna menuntaskan isian Form W-8BEN. Langsung ngerti?!.... Bisa jadi, jika form contoh yang ditampilkan di youtube atau situs yang anda jadikan referensi memiliki format form yang sama dengan Form W-8BEN milik anda. Jika format form-nya tidak sama, atau bahkan bentuknya cenderung jauh dari harapan tentu akan membingungkan bahkan dapat menyebabkan "sedikit gangguan emosi dan sakit kepala". Namun demikian jangan berkecil hati, mari kita berbagi pengalaman saya berikutnya.

Apa yang dimaksud Form W-8BEN?
Form W-8BEN  adalah salah satu jenis Form W-8 yang diterbitkan oleh IRS (badan otoritas pajak Amerika Serikat) yang dapat digunakan oleh orang asing (perseorangan) untuk mengonfirmasikan status pajak Non-US seseorang, dan perlu diisi apabila diminta oleh suatu badan usaha atau e-commerce yang beroperasi di wilayah pemerintahan Amerika Serikat dimana Anda bergabung menjadi bagian dari bisnis tersebut. Lalu bagaimana jika form ini kita abaikan saja? Jika anda mengabaikan isian form ini bisa jadi Anda tetap mendapatkan royalty atau penghasilan dari bisnis, bisnis rekanan tempat anda bergabung, tetapi konsekuensinya adalah Anda akan dikenakan potongan pajak maksimum hingga 30% dari pendapatan yang diterima dari rekanan usaha Anda yang beroperasi di wilayah AS tersebut. Sedang jika anda lengkapi form dengan benar maka akan dikenakan pajak di bawah 30% atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jenis dan Variasi Formulir W-8
Terdapat beberapa versi formulir W-8. Diantaranya: W-8BEN, W-8IMY, dan W-8ECI. Tetapi  yang paling umum digunakan adalah W-8BEN. W-8 ini mengesahkan status warga asing non-US, mengenai pemotongan pajak atas penghasilan. Sebagaimana ditentukan dalam formulir ini antara lain; bunga, dividen, sewa, royalti, dan anuitas. Formulir ini memungkinkan orang asing untuk mengklaim manfaat perjanjian pajak. Untuk menerima manfaat dari perjanjian pajak antara AS dan negara asal orang asing tersebut. Formulir W-8BEN juga harus menyertakan sertifikasi izin tinggal di negara yang ditunjukkan serta nomor identifikasi pajak seperti nomor NPWP jika ada.

Variasi formulir itulah yang bisa saja ditampilkan dilayar saat anda menelusuri mesin pencari google dengan keywords "cara mengisi formulir W-8BEN". Namun demikian pada dasarnya setiap Form W-8BEN memiliki format isian dan tujuan yang sama, merujuk pada format isian Form W-8BEN yang disediakan pada website resmi "IRS" (Internal Revenue Service) sebagai badan otoritas perpajakan Amerika Serikat yang mengatur perjanjian antara AS dan banyak wilayah negara asing, termasuk dengan negara kita tentunya. Form W-8BEN ini juga diperlukan untuk mengatur pertukaran informasi pemilik rekening guna mengatasi masalah kerahasiaan dan privasi bank lokal yang mungkin terkena dampak akibat persyaratan "FATCA" (Foreign Account Tax Compliance Act).

Beberapa form isian W-8 mungkin terlihat berbeda, dan itu tergantung pada kebijakan dan kebutuhan tiap penyelenggara e-commerce terkait yang menerbitkannya, dimana anda bergabung dan menjadi bagian dari bisnisnya. Dalam hal ini pastikan anda bergabung dengan e-commerce yang benar-benar legal, terpercaya, dan bukan e-commerce palsu. Mengingat IRS melalui laman twitternya, status/ 999311596919934979 pada tanggal 23 May 2018 @IRSNews pernah mengeluarkan peringatan mengenai Form W-8BEN palsu yang menyasar para pembayar pajak international. Perbedaan variasi form W-8 inilah yang mungkin perlu anda perhatikan, dan itu dapat menyebabkan kebingungan bagi anda untuk segera menyelesaikan isian Form W-8BEN.

Nah sampai disini bagaimana? Sudah mengertikah? Jika sudah silakan isi, jika belum mari kita lanjutkan materinya  😂. 

Sebagai bahan perbandingan dan contoh isian formulir, saya akan menunjukan Form W-8BEN yang saya unduh dari salah satu perusahaan e-commerce global dimana saya bergabung. Berikut adalah  penampakan Specimen dari Form W-8BEN yang saya gunakan.


Langkah Selanjutnya?
Sebelum anda mengisi kolom [Sign Here ►] sebaiknya anda cadangkan file PDF yang telah anda isi sampai Part II/line ke10. Berikan nama berbeda dari file hasil download, ada baiknya Anda membuat 2 cadangan dengan nama file yang berbeda. Ini berguna sebagai antisipasi dan backup jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Tindakan ini deperlukan, karena jika kolom Sign Here telah terisi dengan benar maka; secara otomatis semua kolom PDF W8-BEN anda akan terproteksi dari upaya editing.

Anggap anda telah melakukan semua intruksi di atas dengan benar, dan kolom Sign Here telah Anda isi. Langkah berikutnya adalah silakan Anda simpan (save) sebagai file lengkap yang siap digunakan. Buka email dan kirimkanlah file Formulir W8-BEN Anda pada email perusahaan dimana anda bergabung dan diminta untuk mengisi form tersebut. Biasanya anda akan mendapat email balasan pembertahuan untuk menunggu beberapa hari hingga team Taxation (perpajakan) perusahaan bersangkutan memeriksa formulir Anda untuk divalidasi. Dalam hal ini Anda harus bersabar tentunya. Jika semua prosedur pengisian form telah dilaksanakan dengan baik dan benar maka, Team Taxation akan memberitahu Anda melalui balasan email berikutnya. Berikut adalah contoh email jika Formulir W8-BEN kita telah diterima dan telah divalidasi oleh perusahaan bersangkutan:

W8-BEN telah divalidasi
Sampai disini, artinya seluruh proses pengeisian dan validasi Form W8-BEN telah berhasil. Bagaimana? Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan silakan kirim pesan anda via email ke annorekomputer@gmail.com atau melalui Facebook Page: facebook.com/annoercomputer