-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Microphone Devices 1877 | Siapa Penemu Mikrofon?

Mikrofon (bahasa Inggris: microphone) adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi-energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik. Mikrofon merupakan salah satu alat bantu  komunikasi. Saat ini mikrofon hampir ada dimana-mana, dapat ditemukan dengan mudah dan dipakai pada banyak perangkat seperti telepon, alat perekam, komputer, alat bantu dengar, siaran suara langsung, karaoke, siaran radio,  televisi dan siaran lainnya.

Istilah mikrofon berasal dari bahasa Yunani mikros yang berarti kecil dan fon yang berarti suara atau bunyi. Istilah ini awalnya mengacu kepada alat bantu dengar untuk memperbesar gelombang suara dari sumber suara berintensitas rendah. Penemuan mikrofon sangat penting pada masa awal perkembangan telepon. Pada awal penemuannya, mikrofon digunakan pada telepon, kemudian seiring berkembangnya waktu, mikrofon digunakan dalam pemancar radio hingga ke berbagai penggunaan lainnya.

Mikrofon dibuat seiring dengan terciptanya perangkat telepon, tetapi ditemukan oleh beberapa penemu berbeda yang bekerja secara independen dan menghasilkan jenis-jenis mikrofon yang terbuat dari material dan bentuk berbeda dalam kurun waktu pembuatan antara tahun 1860-an hingga tahun 1900-an. Para penemu awal tersebut diantaranya;  Johann Phillip Reis , Alexander Graham Bell , Elisha Gray , Amos E. Dolbear , Emile Berliner, Thomas Edison dan terdapat beberapa nama penemu jenis mikrofon lainnya.

Dilansir dari ethw.org,Terdapat banyak variasi mikrofon yang dikembangkan pada akhir tahun 1870-an dan 1880-an. Semua itu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas suara pada percakapan telepon. Tapi salah satu inovasi penting penemuan mikrofon adalah yang dibuat oleh Thomas Edison 1878, ia menggunakan material karbon sebagai bagian dari pembuatan mikrofon karyanya. Dimana jika kabel dan baterai dihubungkan ke karbon dalam suatu rangkaian, maka karbon menghasilkan arus dengan jumlah resistansi tertentu. Resistensi itu akan berubah ketika getaran kecil gelombang suara menghantam permukaannya. Perubahan itu cukup untuk membuat sinyal yang dapat dimasukkan ke dalam kabel telepon dan dikirim ke penerima telepon dalam bentuk suara.

Penemu lainnya menemukan cara untuk "memodulasi" aliran listrik dengan menggunakan elektromagnet, kapasitor, atau resistor. Salah satu contoh terkenal adalah penggunaan kumparan kawat halus yang sangat ringan, melekat pada diafragma, di mana sinyal diinduksi oleh magnet stasioner. Ini adalah "kumparan bergerak" yang dirancang oleh penemu Jerman Siemens dan Halske pada tahun 1877. Kumparan bergerak masih digunakan sampai sekarang.

Gelombang inovasi berikutnya datang setelah pengembangan siaran radio suara, yang diluncurkan di banyak negara antara tahun 1915 dan 1920. Salah satu peneliti paling awal untuk menyiarkan suara melalui radio adalah Reginald Fessenden. Fessenden menemukan jenis mikrofon yang dapat menahan arus sangat tinggi yang diperlukan untuk menyiarkan suara pada masa itu. Mikrofonnya dapat menahan aliran 15 ampere secara terus-menerus, tetapi harus dikelilingi oleh pipa yang membawa air dingin agar tidak terlalu panas.

Bell Laboratories , sebagai bagian dari penelitian yang sedang berlangsung di bidang suara, meningkatkan banyak bentuk mikrofon dan memperkenalkan beberapa varietas baru. Insinyur Bell Labs meningkatkan mikrofon kondensor 1916, yang digunakan pada pembicaraan awal. Mikrofon “tombol ganda” mereka pada tahun 1920 adalah variasi dari mikrofon telepon, tetapi digunakan secara luas di stasiun radio awal pada awal 1920-an. Mikrofon dinamis tahun 1931 dan mikrofon cardoid tahun 1938 kemudian digunakan dalam rekaman suara sebagaimana dua bentuk penting dari mikrofon kapasitor yang ditemukan di RCA: mikrofon pita 1931 dan mikrofon kecepatan 1932.

Di Eropa, mikrofon yang paling terkenal saat itu adalah mikrofon kondensor yang dirancang oleh insinyur Jerman Georg Neumann. Ketika Jerman terpecah menjadi negara-negara Timur dan Barat pada tahun 1940-an, mikrofon Neumann terus dibuat di Jerman Timur, dan ketika kedua negara disatukan hampir setengah abad kemudian, ditemukan bahwa desain klasik ini masih dalam produksi.

Banyak insinyur menganggap tahun 1950 sebagai puncak dari desain mikrofon. Contoh-contoh kerja dari model-model lama ini masih sangat dicari oleh para insinyur perekaman saat ini. Sebagian besar peningkatan mikrofon yang terkait dengan ukurannya daripada kualitas suaranya. Salah satu contoh adalah mikrofon electret. Electret adalah seperti magnet, berharap itu mempertahankan medan listrik statis permanen daripada medan magnet permanen. Electret ditemukan oleh Mototaro Eguchi pada tahun 1919, tetapi tidak digunakan untuk mikrofon sampai sekitar tahun 1960-an, ketika James West dan Gerard Sessler dari Bell Labs menemukan mikrofon electret foil. Sejak tahun 1970-an, foil electrect telah menjadi mikrofon kecil yang paling banyak digunakan.

Televisi, yang menjadi fenomena internasional setelah 1945, merangsang permintaan mikrofon yang cukup kecil untuk disembunyikan di tubuh. Kembali pada tahun 1936, jaringan radio CBS di Amerika Serikat memperkenalkan mikrofon yang cukup kecil untuk dipasang pada kerah di Konvensi Nasional Demokratik 1936. Saat ini, mikrofon cukup kecil untuk disembunyikan di dalam tape recorder dan komputer.

Dilansir dari mynewmicrophone.com, berikut adalah Timeline Sejarah Mikrofon :

Year Microphone Inventor(s)
1861 Reis Telephone Johann Philipp Reis (Germany)
1876 Liquid Transmitter Alexander Graham Bell and Elisha Gray (US)
1876 Carbon Microphone Emile Berliner(US)
1876 Carbon Microphone Thomas Alva Edison (US) awarded patent
1877 Moving-Coil Microphone Ernst Werner von Siemens (Germany)
1878 Carbon Microphone David Edward Hughes (England)
1878 Carbon Microphone M. Makhal’skii (Russia)
1883 Carbon Microphone P. M. Golubitskii (Russia)
1886 Carbon-Button Microphone Thomas Edison (US)
1916 Condenser Microphone E.C. Wente at Western Electric (US)
1917 Piezoelectric Microphone Paul Langevin (France)
1920 Electret Microphone Yoguchi (Japan)
1923 Marconi-Sykes (Moving-Coil) Magnetophone Captain H. J. Round (England)
1924 Ribbon Dynamic Microphone Walter H. Schottky and Dr. Erwin Gerlach (Germany)
1925 Piezoelectric Microphone S. N. Rzhevkin and A. I. Lakovlev (Russia)
1931 Electrodynamic Moving-Coil Microphone E. C. Wente and A. L. Thuras (US)
1941 Line "Shotgun" Microphone Harry F. Olson at RCA (US)
1948 Multi-Pattern Microphone Georg Neumann (Germany)
1957 Wireless Microphone Raymond A. Litke (US) awarded patent
1959 Top-Address Unidirectional Microphone Ernie Seeler at Shure (US)
1961 Electret Condenser Microphone James E. West and Gerhard M. Sessler at Bell Labs (US)
1965 Solid-State Condenser Microphone Advancement in technology (No particular inventor)
1983 MEMS Microphone D. Hohm and Gerhard M. Sessler (US)
2003 Digital Microphone Engineers at Georg Neumann GmbH