-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Tips Memilih Monitor Komputer Yang Baik


Sebuah monitor atau layar adalah perangkat tampilan visual elektronik yang kebaradaannnya sangat diperlukan untuk komputer. Monitor memungkinkan pengguna untuk dapat melihat suatu proses dari aktifitas yang berlangsung di dalam komputer. Pada dasarnya monitor terdiri dari perangkat tampilan, sirkuit dan sebuah casing.

Teknologi monitor modern yang banyak digunakan saat ini adalah monitor LED (Light Emitting Diode). Monitor jenis ini sangat tipis dengan  bobot yang sangat ringan, namun memiliki ketajaman warna yang sangat baik. Monitor LED merupakan pengembangan dari teknologi monitor modern sebelumnya yakni Thin Film Transistor Liquid Crystal Display (TFT-LCD) atau yang lebih dikenal dengan monitor LCD.

LED Backlight
LCD dan LED adalah teknologi layar datar yang juga digunakan untuk laptop, ponsel, kalkulator, Televisi dan  Screen pada Kamera Digital. Layar monitor tersebut terdiri dari dua lembar bahan polarisasi fleksibel yang salah satunya merupakan lapisan kristal cair (Liquid Crystal). Layar monitor LED dan LCD terbuat dari bahan dan memiliki cara kerja yang hampir sama, yakni memanfaatkan kristal cair tersebut pada salah satu lapisan kacanya yang hingga menghasilkan sekitar 64 warna pada layar monitor jika menerima pancaran cahaya dari lampu LCD/LED yang juga dikenal dengan istilah back light. Jenis backlight inilah yang kemudian membedakan keduanya. Back light monitor LCD berupa rangkaian lampu neon, sementara back light monitor LED menggunakan rangkaian lampu yang memancarkan sinar dioda (Light Emitting Diode) yang menghasilkan kualitas warna dan ketajaman tinggi pada layar/screen LED. Sementara pada LCD yang memanfaatkan rangakaian sinar neon terdapat kelemahan yang cukup mencolok. Adalah warna atau gambar pada monitor LCD akan berubah, cenderung terlihat gelap seperti klise film kamera klasik, sehingga objek pada layar kurang terlihat jelas jika dilihat dari samping atau pada kemiringan tertentu. Sedangkan pada layar LED, perubahan warna atau gambar pada layar tidak terlalu berubah drastis walau dilihat dari sudut pandang berbeda.

Monitor CRT
Jauh sebelum dikenalkannya monitor LED dan LCD, pengguna komputer banyak menggunakan monitor CRT (Cathode Ray Tube) atau sering disebut monitor tabung. Monitor CRT memanfaatkan berkas sinar katoda yang ditembakan melalui senjata elektron (Electron Gun) dari bagian belakang tabung yang melintasi Elektron beams dan menghantam dots (titik-titik) fosfor yang berada di dalam tabung kaca. Setelah terkena sinar elektron fosfor pada CRT hanya bersinar untuk waktu yang singkat; karena itu, elctron guns dalam CRT menembakan cahaya katoda secara berkala, itu dilakukan sebagai proses refresh agar fosfor dalam tabung dapat menghasilkan sinar secara teratur. Jika refresh rate kartu video tidak diatur cukup tinggi, monitor CRT biasanya mengalami flicker (berkedip) atau garis stabil terlihat bergulir dari atas ke bawah layar.

Manakah jenis monitor terbaik untuk komputer? anda dapat membandingkan ketiga jenis monitor tersebut melalui diagram berikut :

Tabel perbandingan monitor CRT, LCD, dan LED


Fitur CRT LCD LED
Harga Rendah Tinggi Paling Tinggi
Sudut Pandang Baik Kurang Baik Paling Baik
Bentuk & Size Berat, Tebal & Besar Ringan & Tipis Paling Ringan & Tipis
Keawetan Tahan Lama Sedang Sedang
Daya Listrik Boros Hemat Paling Hemat
Refresh Rate Tinggi Tetap Tetap
Kualitas Gambar/Warna Sedang Baik Paling Baik
Radiasi Tinggi Rendah Paling Rendah