-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

ERICSSON 1876 | Inovasi Lars Magnus Ericsson


Telefonaktiebolaget LM Ericsson (lit. LM Ericsson Telephone Corporation ), yang selanjutnya lebih dikenal dengan nama perusahaan Ericsson , adalahperusahaan jaringan dan telekomunikasi multinasional Swedia yang berkantor pusat di Stockholm . Perusahaan ini menawarkan berbagai layanan, perangkat lunak dan infrastruktur dalam teknologi informasi dan komunikasi untuk operator telekomunikasi, peralatan jaringan Protokol Internet (IP), mobile dan fixed broadband, layanan operasi, dukungan bisnis, televisi kabel, IPTV , sistem video, dan beragam layanan operasi lainnya.

Ericsson didirikan pada tahun 1876 oleh Lars Magnus Ericsson. Perusahaan ini awalnya didirikan sebagai bengkel untuk memperbaiki instrumen telegraf dan melakukan pekerjaan teknik mesin kecil. Saat teknologi perangkat telepon sampai di Swedia, Ericsson mulai ditugaskan untuk memperbaiki dan memasang penemuan baru tersebut. Ericsson dengan cepat menyadari kemungkinan pengembangan pada perangkat telepon, selanjutnya ia mulai memperbaiki dan membuat perangkat telepon dalam versinya sendiri.

Telepon pertama yang diproduksi oleh Ericsson pada tahun 1878. Tak lama kemudian, telepon unik yang dipasang di dinding Ericsson akan segera dikenal di seluruh dunia sebagai "Swedish pattern".

Pada saat didirikan pada tahun 1896, perusahaan Lars Magnus Ericsson telah tumbuh menjadi perusahaan besar dengan lebih dari 500 karyawan dan telah menghasilkan lebih dari 100.000 telepon. Di tahun 2001, Ericsson bekerja sama dengan Sony yang kemudian menghasilkan berbagai macam handphone yang dikenal dengan merek Sony Ericsson. Kerja sama kedua perusahaan ini kemudian berakhir pada tahun 2012.

Ketika produksi tumbuh pada akhir 1890-an, dan pasar Swedia tampaknya mencapai titik jenuh, Ericsson berekspansi ke pasar luar negeri melalui sejumlah agen. Inggris dan Rusia adalah pasar awal, di mana pabrik kemudian didirikan untuk meningkatkan peluang mendapatkan kontrak lokal dan untuk menambah output pabrik Swedia. Di Inggris, Perusahaan Telepon Nasional adalah pelanggan utama; pada 1897 perusahaan berhasil menjual sekitar 28%  produk dari output di Inggris. Negara-negara Nordik juga merupakan pelanggan Ericsson; mereka didorong oleh pertumbuhan layanan telepon di Swedia. Tak terkecuali negara-negara koloni, yang terpapar produk Ericsson melalui pengaruh negara induknya. Ini termasuk Australia dan Selandia Baru, yang pada akhir 1890-an merupakan pasar non-Eropa terbesar bagi Ericsson.

Meskipun sukses di tempat lain, Ericsson tidak melakukan penjualan signifikan ke Amerika Serikat. Karena saat itu Bell Group, Kellogg , dan Automatic Electric lebih mendominasi pasar. Ericsson mengabaikan pertumbuhan telepon otomatis di Amerika Serikat dan berkonsentrasi pada desain pertukaran manual. Telepon dial pertama Ericsson diproduksi pada tahun 1921, penjualan sistem switching otomatis ericsson pada awalnya lebih lambat sampai peralatan terbukti layak untuk pasar dunia.

Akuisisi perusahaan telekomunikasi lain memberi tekanan pada keuangan Ericsson; pada tahun 1925, Karl Fredric Wincrantz mengambil kendali perusahaan dengan mengakuisisi sebagian besar saham Ericsson. Wincrantz sebagian didanai oleh Ivar Kreuger , seorang pemodal internasional. Perusahaan ini berganti nama menjadi Telefonaktiebolaget LM Ericsson. Kreuger mulai menunjukkan minat pada perusahaan, dab menjadikannya sebagai pemilik utama perusahaan induk Wincrantz.

Saat Perusahaan hampir mengalami kebangkrutan, Keluarga Wallenberg yang memiliki kendali atas beberapa bank swedia bersama Stockholms Enskilda Bank (sekarang Skandinaviska Enskilda Banken) dan dukungan pemerintah Swedia membuat kesepakatan untuk membangun kembali perusahaan Ericsson secara finansial. Bank-bank secara bertahap meningkatkan kepemilikan mereka atas saham LM Ericsson "A", sementara ITT masih merupakan pemegang saham terbesar saat itu. Hingga tahun 1960, akhirnya keluarga Wallenberg membeli saham ITT di Ericsson, dan sejak itu mengendalikan perusahaan tersebut.

Pengembangan pasar
Ericsson DBH1001 (1931) adalah perangkat telepon gabungan pertama dengan perumahan dan handset yang dibuat dari Bakelite. Desain ini dikaitkan dengan Jean Heiberg.
Telepon Ericsson DBH15, penerus DBH 1001 dan didesain ulang pada tahun 1947 oleh Gerard Kiljan
Pada 1920-an dan 1930-an, pasar telepon dunia sedang diatur dan distabilkan oleh banyak pemerintah. Sistem kota-demi-kota yang terfragmentasi dilayani oleh perusahaan kecil, swasta yang telah berevolusi terintegrasi dan ditawarkan untuk disewakan kepada satu perusahaan. Ericsson memperoleh beberapa sewa, yang mewakili penjualan peralatan lebih lanjut ke jaringan yang berkembang. Ericsson mendapat hampir sepertiga penjualannya di bawah kendali perusahaan operator teleponnya. [5]

Pengembangan lebih lanjut
Ericsson memperkenalkan sistem telepon seluler otomatis penuh pertama di dunia, MTA , pada tahun 1956. Ia merilis salah satu telepon speaker hands-free pertama di dunia pada 1960-an. Pada tahun 1954, ia merilis Ericofon . Peralatan switching palang Ericsson yang digunakan dalam administrasi telepon di banyak negara. Pada tahun 1983 perusahaan memperkenalkan rangkaian produk dan layanan jaringan ERIPAX .

1995–2003: Awal kemunculan Internet
Pada 1990-an, selama kemunculan Internet, Ericsson dianggap lambat untuk menyadari potensinya dan tertinggal dalam bidang teknologi IP. Tetapi perusahaan tersebut telah mendirikan proyek Internet pada tahun 1995 yang disebut Infocom Systems untuk memanfaatkan peluang terkemuka dari telekomunikasi fixed-line dan IT. CEO Lars Ramqvist menulis dalam laporan tahunan 1996 bahwa di ketiga area bisnisnya - Telepon Seluler dan Terminal, Sistem Seluler, dan Sistem Infokom - "kami akan memperluas operasi kami karena terkait dengan layanan pelanggan dan akses Protokol Internet (IP) ( Akses internet dan intranet) ".