-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Western Union 1851 | Raksasa Telekomunikasi Abad Ke-19

Woops! Siapa sangka perusahaan yang satu ini sudah berusia ratusan tahun..! Bagi kita yang hidup saat ini, mungkin sudah tidak asing dengan nama dan logo perusahaan Western Union, terlebih bagi yang sering melakukan transaksi penerimaan maupun transfer uang antar negara melalui Kantor POS, Bank, Pegadaian, Supermarket, maupun di tempat-tempat lainnya yang menyediakan layanan keuangan dan menyertakan logo Western Union (WU).

Kebanyakan orang saat ini mengenal Western Union hanya sebagai perusahaan yang membantu mengirim dan menerima uang di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bahwa Western Union  memprakarasi pembelian dan peluncuran satelite Westar pada kurun waktu 1974 - 1979? Perusahaan Western Union yang didirikan pada tahun 1851, telah menjadi salah satu perusahaan yang memonopoli industri komunikasi di Amerika khususnya pada sektor komunkasi berbasis telegrafi dan menjadikan WU sebagai perusahaan terbesar yang mendominasi bisnis komunikasi dunia pada Abad Ke-19.

Dilansir dari birtannica.com; Pada akhir tahun 1861 Western Union telah berhasil membangun jaringan telegrafi lintas dunia. Bahkan WU juga pernah mencoba untuk bermain di zona bisnis komunikasi telepon, namun kalah dan kehilangan legalitas hukum dari Bell Telephone pada tahun 1879. Setelah kekalahannya dari Bell Telephone, Western Union kembali mengalihkan fokus pada perusahaan Telegrafi, hal ini menjadikan Western Union tumbuh pesat dan menyerap hingga 500 perusahaan lain, termasuk pesaing utamanya, Postal Telegraph Inc. pada tahun 1943.

Seiring waktu, metode komunikasi telegrafi semakin banyak ditinggalkan dan digantikan dengan metode telekomunikasi lainnya, Western Union melakukan diversifikasi (penganeka ragaman) usaha dengan tujuan untuk menghindari ketergantungan pada salah satu kegiatan, produk, jasa, atau investasi; dalam hal ini WU memecah beberapa layanan dalam operasi bisnisnya antara lain; memasukkan layanan teletypewriter otomatis, sewa sirkuit pribadi, layanan money order , serta telegram dan mailgram.

Satelite WESTAR - Western Union
Sistem Telex dan TWX Western Union menjadikannya operator utama jaringan teleprinter di Amerika Serikat pada 1960-an dan 70-an, dan pembelian satelit komunikasi Westar (1974) menjadikan Western Union sebagai pemain utama di Amerika pada industri komunikasi berbasis satelit.

Selanjutnya dilansir dari space.skyrocket.de Tiga satelit WESTAR dibeli oleh Western Union, salah satu perusahaan pertama di AS yang memenangkan persetujuan dari Komisi Komunikasi Federal dalam mengoperasikan sistem satelit domestik. Satelit pertama WESTAR 1, diluncurkan dari Cape Canaveral 13 April 1974. Satelit kedua WESTAR 2, diluncurkan dari Cape Canaveral 10 Oktober 1974. Satelit ketiga, WESTAR 3, juga diluncurkan dari Cape Canaveral 9 Agustus 1979.

WESTAR, yang dibangun oleh Hughes Aircraft Company mirip dengan satelit Anik A yang dirancang dan dibangun Hughes untuk sistem domestik Kanada dan satelit Palapa-A yang dibangun untuk Indonesia.

Beroperasi di orbit sinkron, 22.300 mil di atas khatulistiwa, satelit menyampaikan komunikasi suara, video, dan data ke benua Amerika Serikat serta Alaska, Hawaii, dan Puerto Riko. Stasiun bumi utama Western Union adalah di Glenwood, New Jersey, dekat Kota New York. Stasiun bumi tambahan dalam sistem WESTAR terletak di dekat Atlanta, Chicago, Dallas, dan Los Angeles.

Setiap 12 transponder satelit memiliki kapasitas 7000 sirkuit suara dua arah atau 12 saluran TV berwarna simultan. Masa pakai desain di orbit untuk setiap satelit adalah 7 tahun.

Peluncuran kendaraan untuk WESTAR adalah Delta-2914 tiga tahap dengan sembilan motor pengikat. Peluncuran dilakukan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional di bawah kontrak dari Western Union.