-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Opera GX | Browser Dengan Nuansa "Robotic" Untuk Para Gamer

Opera adalah salah satu nama browser PC yang sudah dikenal dikalangan pengguna internet sejak lama. Opera browser awalnya dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi multinasional asal norwegia bernama telenor, sebelum akhirnya didirikan cabang perusahaan-nya oleh Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsøy pada 10 April 1995 bernama Opera Software. Opera browser versi 2.10 untuk platform PC berbasis Windows merupakan produk Opera Software pertama yang diluncurkan ke publik pada tahun 1996.

Produk Opera Browser telah cukup lama malang melintang sebagai aplikasi browser internet yang diproyeksi dapat berjalan pada perangkat multi platform, baik pada sistem operasi PC maupun pada mobile gadget seperti pada handphone berbasis java, symbian, windows mobile, dan android.

Selain Opera Browser untuk PC dan perangkat hand held, opera bowser juga membuat varian browser yang memiliki ukuran kecil bernama Opera Mini yang memang dirancang khusus agar berjalan mulus pada perangkat hand held seperti handphone dan smartphone.

GX Control
tap untuk memperbesar tampilan
Produk terbaru dari Opera Software bernama Opera GX, yang diluncurkan pertama kali pada tanggal 11 juni 2019 dan dikembangkan oleh Opera Software AS. Opera GX untuk sementara hanya dapat diterapkan pada sistem operasi berbasis Windows dan macOS. Dirancang khusus untuk para gamer, Opera GX tampil dengan interface robotic yang terlihat modern dan gahar, selintas terlihat mirip dengan beberapa aplikasi emulator android seperti BlueStacks, Nox atau KOPlayer.

Seperti pada Opera Browser standard, Opera GX juga telah menyertakan fitur Virtual Private Network (VPN) secara bawaan. Peramban juga memiliki halaman "GX Corner" di mana Anda dapat melihat game, berita, dan lainnya yang akan datang dan sudah dirilis. Hal paling ekstrim yang jadi pembeda dari Opera GX dengan pendahulunya tentu pada antarmuka halaman secara keseluruhan, yang akan membuat gamer dan para pengguna internet penasaran untuk memasang dan menguji kemampuannya. Opera GX juga membuat perubahan kecil pada tampilan icon aplikasi, dimana simbol icon O hanya menggunakan effect outline dan menghilangkan warna merah solid pada background icon.

GX corner
Melalui laman resminya Opera menuliskan bahwa ; Opera GX merupakan  Browser PC yang memungkinkan para gamer dapat mengontrol penggunaan CPU dan memori komputer agar  membuat permainan dan streaming video dapat berjalan lebih lancar. Ini dimungkinkan mengingat Opera GX telah dilengkapi banyak fitur seperti integrasi Twitch dan berbagai opsi penyesuaian untuk mengoptimalkan kecepatan browser.

Tab GX Corner (simbol game pad) pada browser Opera GX merupakan salah satu daya tarik lainnya yang dapat membuat anda penasaran untuk segera mencoba browser yang satu ini. disamping itu terdapat fitur GX Control (simbol cpu meter) merupakan fitur baru yang layak dicoba, dimana fitur ini memungkinkan pengguna menentukan berapa banyak CPU atau RAM komputer yang ingin digunakan pada browser. Dengan mengalihkan tap/klik antar vertical taskbar pada browser, pengguna juga dapat mencoba fitur-fitur tambahan lainnya yang disediakan pada browser gamer Opera GX.

Selamat Mencoba 🎮