-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Siemens 1847 | Dari Bengkel Kecil di Berlin Hingga Perusahaan Global

"Dari bengkel kecil di halaman belakang di Berlin hingga perusahaan global: Beberapa perusahaan industri dapat melihat kembali sejarah yang panjang dan sukses seperti yang dapat dilakukan oleh Siemens". Demikian kalimat yang mengawali halaman sejarah pada website resmi Siemens. Sebuah perusahaan industri manufaktur multinasional yang berpusat di Munich, Jerman.

1847: Pendirian perusahaan
Werner von Siemens meletakkan gagasan dasar pendirian Siemens pada tahun 1847 dengan desainnya untuk telegraf pointer. Penemu berusia 30 tahun ini menemukan ide untuk secara substansial meningkatkan kemampuan telegraf listrik yang dikembangkan oleh Charles Wheatstone dan William Fothergill Cooke.

Bersama mekanik ahli presisi Johann Georg Halske, ia mendirikan perusahaan konstruksi telegraf bernama "Telegraphen-Bauanstalt von Siemens & Halske" untuk memproduksi perangkat barunya. Perusahaan kerja sama 10 orang itu mulai beroperasi pada 12 Oktober 1847, di sebuah gedung di halaman belakang di Berlin.

Pada tahun 1848, perusahaan muda ini memenangkan kontrak untuk membangun jalur telegraf jarak jauh pertama di Eropa. Memperluas sebagian besar jalur bawah tanah dari Berlin ke Frankfurt, dengan panjang sekitar 670 kilometer yang  mulai beroperasi pada Februari 1849. Pada bulan Maret, Parlemen Frankfurt memilih Friedrich Wilhelm IV Kaisar Jerman. Berkat teknologi komunikasi baru, berita dari Frankfurt mencapai Berlin hanya dalam satu jam.

Setelah 1853: Jaringan telegraf negara Rusia dan pendirian anak perusahaan
Pada tahun 1853, pemerintah Rusia memberi Siemens & Halske kontrak untuk membangun saluran telegraf dari Warsawa ke perbatasan Rusia dan Prusia. Setelah garis dibangun, kontrak selanjutnya diikuti. Perusahaan membuka kantor konstruksi di St. Petersburg dipimpin oleh Carl von Siemens dan segera mulai bekerja pada jaringan telegraf negara Rusia sekitar 9.000 kilometer. Dua tahun kemudian, Siemens & Halske juga memenangkan kontrak untuk menyediakan layanan pemeliharaan untuk saluran telegraf Rusia.

Pada tahun 1855, kantor konstruksi di St. Petersburg diubah menjadi anak perusahaan independen. Werner von Siemens menunjuk adik laki-lakinya Carl pimpinan perusahaan sebagai pengakuan atas kontribusinya terhadap perkembangan positif bisnis.

Keberhasilan di Rusia menghasilkan momentum luar biasa bagi perusahaan yang berbasis di Berlin. Pada 1856, Siemens & Halske memiliki 330 karyawan, dua pertiganya bekerja di Rusia. Dengan tingkat ekspor mencapai mencapai 80 persen.

Setelah 1858: Pendirian anak perusahaan Inggris yang independen
Siemens & Halske menunjukkan minat dalam memanfaatkan pasar asing baru pada tahap awal. Hanya tiga tahun setelah perusahaan didirikan, sebuah kantor penjualan dibuka di Inggris, di mana William Siemens, adik dari pendiri perusahaan, dipekerjakan sebagai agen. Pada tahun 1858, kantor London diubah menjadi perusahaan independen - Siemens, Halske & Co. - dipimpin oleh William Siemens.

Untuk waktu yang lama, operasi di anak perusahaan Siemens & Halske di London berfokus terutama pada pasar kabel bawah laut. Untuk menghindari ketergantungan pada kualitas dan harga pemasok kabel Inggris, perusahaan Inggris membuka pabrik kabel sendiri di Woolwich dekat London pada tahun 1863.


Source : Siemens Global