-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Teknologi Abad 21 | Era Teknologi Informasi dan Komunikasi

Abad ke 21 adalah abad saat ini, dari era Anno Domini atau Era Umum, berdasar pada kalender Gregorian. Itu berarti dimulai sejak tanggal 1 Januari 2001, dan akan berakhir pada 31 Desember 2100. Ini adalah abad pertama dari milenium ke-3. Dimana jumlah populasi penduduk dunia menurut worldometers.info mencapai sekitar 7,8 Milyar manusia, dan akan terus bertambah dimasa-masa  mendatang. Abad 21 merupakan abad multi teknologi, yang mana para sarjana dan para ilmuwan menciptakan lebih banyak temuan-temuan menakjubkan, yang telah diprediksi atau tertolak oleh para pendahulunya. Melalui dukungan pemerintahan atau melalui pembiayaan perusahaan-perusahaan raksa, para insinyur dan ilmuan telah melakukan berbagai karya terbaru atau inovasi teknologi canggih sebagai penyempurnaan teknologi abad sebelumnya (Abad 20).

Teknologi Komputasi yang telah dibangun oleh ilmuwan Inggris Charles Babbage pada Tahun 1821, Temuan mesin telegraf yang diwarnai kontroversi paten, Penemu pesawat terbang Wright bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) yang menerbangkan Flyer (pesawat terbang pertama) di dunia pada 1903,  dan Teknologi antariksa (luar angkasa) yang dikembangkan oleh dua negara adidaya yang bersaing secara geo politik, Uni Soviet (Eropa), dan Amerika Serikat, Merupakan teknologi-teknologi kunci yang secara histori berkaitan hingga mengantarkan  Abad 21 pada Era Teknologi Informasi dan Komunkiasi yang menakjubkan, dimana penduduk dunia dapat saling terhubung dengan mudah melalui perangkat-perangkat digital elektronik seperti komputer, handphone dengan  menggunakan jaringan internet.
Era inforamsi dan komunikasi Abad 21 telah mematahkan banyak hambatan komunikasi dan dapat meringankan beban teknologi transportasi umum, khususnya transportasi darat. Mempermudah setiap orang untuk mendapatkan informasi berdasarkan kebutuhannya masing-masing, dan kemudaha-kemudahan teknologi lainnya. Para penemu dan pengembang Abad 21 telah membuat berbagai piranti lunak (software), dan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat dengan mengoptimalkan ketersediaan piranti-piranti keras yang juga mengalami peningkatan oleh para ilmuan abad ini. Tidak sedikit dari mereka yang kemudian bergabung pada perusahaan-perusahaan raksasa yang saling beradaptasi berdasar kepentingan teknologi dan target pasar bersama, Perusahaan seperti Google, Samsung, Facebook, Microsoft, Intel, Apple, dan perusahaan besar lainnya, merupakan  perusahaan-perusahaan yang menjadi pelopor pergerakan revolusi teknologi Abad 21 menuju era informasi dan komunkasi.

Improvisasi yang terjadi pada teknologi satellite, mobile cellular dan peningkatan kecepatan data pada teknologi internet telah menciptakan perubahan massif pada cara berkomunikasi penduduk dunia. Setiap orang yang hidup saat ini dapat dengan mudah saling terhubung dan saling berkomunikasi melalui jaringan internet meski berjarak ribuan kilo meter, setiap orang juga dapat melakukan transaksi ekonomi dari jarak jauh, memindahkan uang antar negara dalam waktu kurang dari 1 menit, tanpa perlu mendatangi bank atau beranjak dari tempat duduk mereka, dan berbagai kemudahan komunikasi jarak jauh lainnya dapat dilakukan pada saat ini. Cara-cara berkomunikasi jarak jauh dan teknologi-teknologi baru  yang pada masa lalu hanya merupakan rancangan, atau bahkan dianggap hayalan di masa lalu, sebagian besar benar-benar dapat diwujudkan  di abad 21 ini.