-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Cara mengatasi Akun Facebook Lambat

Kenapa facebook terkadang berjalan sangat lambat? tidak dapat memuat posting, gagal memuat Inbox chatting dan gagal memutar media audio atau video? Pasti sangat menjengkelkan bukan? Lalu... apa yang bisa kita perbuat untuk memperbaiki permasalahan tersebut?

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah Tidak Panik! Karena permasalahan tersebut bukanlah hal baru. Slow Load Times (SLT) merupakan permasalahan yang bersifat umum yang sering dihadapai oleh pengguna internet, facebook dan media sosial lainnya. SLT (Slow Load Times) bisa jadi kerabat dekatnya RTO (Request Time Out) 😂. Pada artikel kali ini Annoer Komputer akan membahas berbagai persoalan seputar problem SLT pada Facebook dan solusi untuk mengatasinya.

Seperti kita ketahui Facebook merupakan salah satu sosial media online paling populer di Indonesia. Hampir semua pengguna "handphone pintar" dan pengguna internet PC memiliki akun facebook. Dari beberapa halaman website sosial media yang digunakan, halaman beranda facebook merupakan halaman yang kerap kali mengalami keterlambatan waktu (slow load times) dalam menampilkan threads/posting, status dan berita. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor antara lain :
Kualitas Gadget (Perangkat). Klasifikasi kualitas gadget/perangkat handphone maupun laptop (PC) menjadi acuan utama dalam aktifitas internet dan facebook. Semakin baik kualitas perangkat yang digunakan maka akan semakin baik dalam mendukung proses kecepatan akses internet dan membuka halaman facebook. Pengaruh besar kualitas perangkat sangat signifikan baik itu dalam penerimaan sinyal, akselerasi grafis, multi tasking aplikasi, pemrosesan halaman dll.

Bagi anda pengguna smartphone dan laptop dari pabrikan terkemuka dengan model/serie teranyar mungkin tidak perlu mengkhawatirkan persoalan kualitas gadget, karena kita tahu seiring waktu pabrikan-pabrikan elektronik komunikasi terkemuka dan newcomers vendor bersaing sengit dalam menawarkan produk. Dengan mengusung berbagai konsep pemasaran, mulai dari mengekspose bagian internal gadget, fitur-fitur tambahan, hingga opsi harga gadget yang relatif terjangkau. Semua itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan mendapatkan perhatian konsumen yang semakin selektif dan memiliki wawasan teknologi yang semakin baik.

Pada dasarnya tidak dibutuhkan pengetahuan khusus untuk dapat membedakan antara perangkat yang memiliki kualitas baik dan rendah, entah itu handphone, PC Desktop maupun laptop. Pengetahuan identifikasi sebuah produk lebih menitik beratkan pada kebiasaan.Jika anda kurang yakin dalam memilih suatu produk tidak ada salahnya melakukan pencarian/browsing melalui mesin pencarian google, yahoo atau bing, dari apliaksi Secara umum kualitas gadget dapat Anda identifikasi dari beberapa kategori fisik diantaranya: Merk Pabrikan (Vendors Brand), Series/Model, dan Harga Gadget.

Solusi Gadget untuk Internet dan Media Sosial:
Bagi Anda yang memiliki aktifitas internet dan intensitas penggunaan facebook (media sosial) yang tinggi, sudah sepantasnya memiliki gadget kelas menengah ke atas yang mumpuni. Ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kenyamanan yang maksimal bagi Anda saat menggunakan internet dan facebook, yang tentunya tidak akan anda dapatkan dengan menggunakan perangkat teknoligi berkualitas rendah . Bagi Anda yang belum dapat membelinya jangan berkecil hati, mulailah membuat skala prioritas, sedikit berkorban dengan menyisihkan uang jajan. Intinya jangan terus berthan dengan gadget "Alakadar" jika anda tidak ingin kehilangan banyak waktu dan peluang emas dalam hidup Anda dengan rutinitas nongkrong halaman facebook/sosial media yang lambat.
Kecepatan Internet.

Faktor kecepatan internet (internet speed) adalah hal mutlak yang tidak dapat diabaikan saat Anda beraktifitas di media sosial seperti Facebook. Semakin baik kecepatan internet yang anda miliki maka akan semakin cepat pula proses pemuatan konten halaman pada Facebook. Gadget yang baik dengan kecepatan internet yang stabil tentu akan menjadi nilai plus bagi pengalaman dan kenyamanan anda saat melakukan eksplorasi dan berkomunikasi menggunakan Facebook. Tentu itu juga berlaku pada kesuluruhan aktifitas internet lainnya, termasuk memutar youtube, browsing, uploading dan download content-content favorite dari Internet. Namun sebaliknya, jika kualitas internet yang digunakan sedang buruk, atau dengan kalimat populernya "Inernet sedanga Lambat /gangguan", Maka dapat dipastikan proses load times halaman Facebook akan menjadi lebh lama dan membosankan.

Hal mendasar yang perlu anda pahami dari Kecepatan Internet ini adalah; sangat dipengaruhi oleh kondisi dan kualitas piranti keras internet yang tertanam dalam gadget yang Anda gunakan. Disamping beberapa faktor eksternal lainnya yang dapat berpengaruh langsung pada kecepatan internet Anda seperti : Bandwidth, Throughput dan Kuota Internet.
Malware

Malicious Software atau sering disingkat dengan istilah "Malware", adalah suatu piranti lunak yang berpotensi membuat kerusakan pada sistem operasi dan programs. Malware dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai gangguan programs/aplikasi dan melemahkan kinerja perangkat yang anda gunakan untuk aktifitas internet dan media sosial Anda. Bagi anda yang belum tahu apa itu Malware dapat membaca artikel Definisi dan Antisipasi Malware yang telah kami susun sebelumnya.

Antisipasi dan Solusi untuk masalah ini adalah dengan memasang anti virus pada perangkat, perilaku dan pengetahuan internet yang baik (tidak mengunjungi situs berbahaya, klik link tidak aman, dan mendownload aplikasi dari sumber yang tidak aman), dan segera membersihkan malware dengan anti virus atau anti malware jika memang terlanjur terinfeksi. Jika Anda tidak cukup berpengalaman melakukannya sebaiknya menghubungi teman yang berpengalaman atau serahkan pada ahlinya.
Overload Media Penyimpanan
Media penyimpanan (storage media) pada laptop dan komputer adalah harddisk drive, ada juga yang menggunakan SSD (Solid State Drive) sebagai media penyimpanan utama pada perangkat komputer. Sementara pada handphone/smartphone media penyimpanan utamanya adalah EMMC (Embedded Multi-Media Controller) yang juga sering dinamakan sebagai "Memory Internal".

Ketika Anda menjalankan program browser atau dalam hal ini aplikasi facebook, maka terjadi suatu proses pemuatan dan juga penempatan data digital secara tersembunyi pada media penyimpanan utama perangakat Anda. Hal ini lumrah terjadi sebagai rangkaian kerja suatu aplikasi. Proses tersebut tentu saja membutuhkan ruang penyimpanan utama yang memadai agar aplikasi facebook berjalan dengan normal. Jika tidak cukup ruang maka dapat dipastikan aplikasi akan mengalami masalah mulai dari ; munculnya notifikasi penyimpanan penuh, aplikasi berjalan lambat , hingga aplikasi crash! tidak terbuka sama sekali.  Berdasarkan hal tersebut maka kita dapat menyimpulkan, selain kecepatan koneksi internet, stabilnya suatu aplikasi juga sangat dipengaruhi oleh ketersediaan ruangan pada 'Primary Storage' dalam perangkat Anda.

Antisipasi dan Solusi pastikan selalu ada ruang cukup untuk penyimpanan internal maupun eksternal pada perangkat. Hapus atau backup file/berkas digital seperti foto, video dan berkas musik yang sudah tidak diperlukan. Hapus atau non-aktifkan aplikasi yang tidak digunakan.
Server Facebook.

"Tidak ada yang sempurna di dunia ini" Sepetinya istilah tersebut cukup untuk mendeskripsikan kasus lambatnya load time Facebook atau media sosial apapun. Ya, ada saatnya server Facebook juga mengalami over load data dan kerusakan. Dan saat itu terjadi maka satu-satunya tindakan yang perlu anda lakukan sebagai pengguna yang baik adalah dengan "bersabar" hingga para petugas di Facebook selesai melakukan perawatan dan perbaikan pada server Facebook. 

Antisipasi dan Solusi untuk masalah server adalah dengan "Berdoa dan Bersabar" menunggu hingga server kembali normal.
 
Update Browsers dan Program Aplikasi.
Kompatibilitas dan sinkronisasi (keselerasan) antara program aplikasi dan sistem operasi merupakan keharusan agar aplikasi dapat berjalan (running) tanpa kendala. Disamping itu peningkatan dan penambahan fitur baik pada program aplikasi atau pada sistem operasi ada kalanya dilakukan oleh developer (pengembang) dengan tujuan untuk meningkatkan performa dan optimalisasi agar program aplikasi dan sistem operasi menjadi lebih baik. Pada tahapan inilah developer akan memberikan opsi pembaruan (update) aplikasi bagi pengguna.

Solusi berdasarkan hal tersebut, pada umumnya tujuan dari opsi pembaruan sangat baik dan diperlukan agar program aplikasi berjalan dengan lancar. Jadi, jika dirasa perlu dan tersedia opsi pembaruan untuk aplikasi-aplikasi yang kita perlukan, maka tidak ada salahnya untuk melakukan update pada versi terbaru aplikasi. Adapun performa aplikasi sesudah dan sebelum diupdate dapat anda komparasi berikutnya setelah proses update selesai. Jika setelah pembaruan aplikasi berjalan semakin baik maka anda dapat melanjutkan penggunaan aplikasi pada versi terbaru, tapi jika terdapat kendala pada aplikasi setelah diupdate anda dapat mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya.

Clear Histroy Penjelejahan dan Data Aplikasi.
Adakalanya permasalahan kecepatan load times dapat diatasi dengan melakukan tindakan sederhana dengan melakukan pembersihan/clearing data dan riwayat penjelajahan. Pada sebagian browser anda dapat menemukan perintah pembersihan data melalui menu riwayat/history. Sementara pada aplikasi smartphone prosedurnya sedikit lebih banyak dan biasanya melalui menu pengaturan - aplikasi - penyimpanan data - lalu tap pada tombol bersihkan data.