-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Casing Komputer (Computer Case)



Mid Tower Computer Case
Computer Case, atau lebih dikenal dengan Casing Komputer adalah sebuah wadah/kemasan dimana piranti keras (hardware) komputer diletakan/dipasang. Umumnya pada bagian dalam Casing berbentuk kotak yang dipadu dengan beberapa kabinet yang disediakan untuk menempatkan Power Supply, Motherboard, Optical Drive, Card Reader box, dan Harddsik Drive. Casing secara bawaan juga telah dilengkapi dengan Power Supply, tombol Power, tombol reset , port audio, beberapa Port USB portable, dan adakalanya casing buatan produsen-produsen ternama telah mengintegrasikan beberapa unit cooling fan (kipas) di dalam casing komputer.

Dalam beberapa kasus Casing Komputer sering disalah artikan dengan penamaan "CPU" atau Computer (asal jangan dibilang 'Kotak Amal' aje ye... :D), walau penamaan tersebut tidak sepenuhnya salah, mengingat CPU (Processor) dan sebagian besar komponen komputer berada dalam  casing komputer.

Bahan Material, Ukuran dan Terminologi
Casing komputer terbuat dari berbagai material keras diantaranya seperti: Baja, Alumunium, Viber, Kaca, kayu dan Bahan plastik. Pemilihan bentuk, paduan bahan dan desain casing tergantung pada masing-masing produsen/pembuatnya.

Perbandingan faktor bentuk dan ukuran dari casing komputer PC secara umum dipengaruhi oleh bentuk mainboard komputer (motherboard). Beberapa casing ATX (Advanced Technology eXtended) didesain berdiri tinggi, casing jenis ini juga sering disebut "Tower Case", dan ada juga casing ATX yang dibuat dalam ukuran pendek dan lebar mendatar seperti  bentuk casing DVD Player. Namun semua bentuk casing tersebut tetap mengacu pada arsitektur motherboard yang banyak beredar dipasaran.  Sementara itu untuk Casing Komputer  Server umumnya memiliki ukuran rata-rata tinggi dan besar. Hal ini karena dipengaruhi oleh size dari komponen-komponen dari hardware komputer server yng memiliki ukuran besar dibanding dengan komputer personal (PC).

Pada dasarnya dimensi internal dan eksternal semua casing komputer dibuat oleh produsen berdasarkan adaptasi dari piranti keras yang akan dipasangkan di dialamnya. Untuk membedakan jenis-jenis casing tersebut produsen memberikan penamaan dan istilah yang mungkin berbeda-beda. Misalnya; Full-Tower, Mini Tower, Mid Tower, Mini Tower, Micro ATX dll.

Harga
Harga casing komputer sangat bergantung pada bahan yang digunakan dan ukuran. Casing Mid-Tower (ukuran sedang) dengan bahan material berkualitas baik bisa jauh lebih mahal dibanding  Casing Full-tower yang relatif besar tapi menggunakan  material dengan kualitas rendah. Tapi pada pelaksanaan dilapangan bisa saja berbeda, karena dipengaruhi oleh banyak faktor eksternal seperti ; penjual, alur distribusi, desain, tingkat pengetahuan konsumen dll.

Produsen casing komputer ternama umumnya hanya memproduksi casing-casing dengan kualitas bahan dan desain yang baik hingga sangat baik, dimana sangat memperhatikan detil, kenyamanan dan keamanan bagi pengguna dan teknisi. Casing komputer berkualitas baik tentu memiliki harga yang mahal hingga sangat mahal, dan itu sepadan dengan kepuasan konsumen. Casing komputer jenis ini tanpa Power Supply, jikapun ada maka menggunakan 'Power Supply Pure Power' atau paling tidak Power Supply dengan kualitas control kelistrikan cukup baik.

Berbeda dengan casing-casing yang dibuat oleh home industry yang menargetkan konsumen low-end. Biasanya casing komputer berkualitas rendah menggunakan bahan dan desain yang kurang baik dan cenderung mengabaikan detil dan keamanan. Dimana terdapat bagian-bagian tajam pada bagian dalam maupun bagian penutup casing yang dapat melukai dan membahayakan. Jenis casing komputer low-end biasanya dijual dengan harga murah meriah :D.