-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Power Supply PC


Tips: How to choose the right power supply for PC.


Power Supply PC, atau sering disingkat dengan PSU, adalah unit catu daya yang bertanggung jawab mendistribusikan arus listrik pada tiap komponen elektronik komputer.

Berbicara mengenai komputer PC, sebagian besar penggunanya lebih senang membicarakan komponen PC yang lebih populer  seperti Processor, VGA Card, RAM dan Harddisk Drive. Sedangkan Power Supply menjadi komponen PC yang sering terabaikan atau salah dipahami. Tidak sedikit pengguna PC  memilih power supply hanya berdasarkan total watt-nya saja, dengan asumsi bahwa lebih tinggi nilai watt sebuah PSU maka selalu identik dengan hasil yang lebih baik. Tidak salah memang, tapi tidak juga sepenuhnya tepat.

Kebanyakan pengguna PC seringkali tidak memperhatikan pilihan PSU yang mereka beli, terlebih bagi pengguna yang membeli unit komputer lengkap siap pakai yang telah dirakit sepenuhnya oleh toko penjual PC. Kebanyakan dari mereka sudah merasa puas dengan hanya membaca deskripsi umum dan harga yang ditawarkan oleh penjual tanpa menyanyakan lebih lanjut tentang kualitas dan spesifikasi unit power supply yang terpasang dalam PC yang mereka beli. Hal ini tentu tidak berlaku bagi para pakar hardware, gamer, dan pengguna PC yang lebih berpengalaman. Mereka akan lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih unit power supply dan komponen komputer lainnya.   

😂 Segitunya ya,...?! Emangnya seberapa penting sih Power Supply?! 
Jika anda bertanya dengan marah maka jawabannya adalah : Relatif  boss 😂.
Tapi jika ingin mendapatkan pengetahuan dan informasi maka jawabannya : Lanjutin bacanya yuk...😊.

Pentingnya pasokan listrik yang baik untuk PC akan memberikan dampak besar pada optimalisasi sistem kerja perangkat komputer dan kehandalan jangka panjang komponen. Ini jelas akan berdampak positif pada operasional dan usia sebuah unit komputer. Nah lho,,, iyakan? Tentu sangat disayangkan jika perhatian anda sebgai pengguna PC mengabaikan kualitas produk power supply yang akan menjadi tenaga utama perangkat komputer kesayangan anda.

Dengan mengumpulkan  informasi dari beberapa sumber terpercaya sebelum melakukan pembelian akan menghindarkan anda dari kesalahan pembelian produk power supply. Mungkin terlihat sepele, tapi dengan begitu banyaknya unit power supply 'abal-abal' (berkualitas buruk) yang beredar di pasar, kehati-hatian dalam memilih power supply merupakan langkah bijak agar uang yang anda keluarkan sepadan dengan produk yang anda terima. Jika anda memiliki teman yang cukup berpengalaman di bidang hardware komputer, ada baiknya anda  bertanya pada teman anda. Jika tidak, anda dapat bertanya pada pengguna PC berpengalaman lainnya melalui forum-forum komputer di media sosial atau di  website komunitas khusus. Anda juga dapat memanfaatkan kecanggihan Google Search untuk menemukan informasi yang diperlukan seputar produk power supply yang sesuai dengan keperluan Anda.

Secara umum, power supply yang berkualitas baik memiliki beberapa ciri khas yang dapat dikenali, antaralain ; Bobot power supply relatif lebih berat, jumlah kabel lebih banyak dengan Pin-Out lebih bervariasi untuk kemudahan dan  kompatibilitas pada perangkat komputer, kabel-kabel berkualitas baik, lebih panjang dan dikelompokan dengan rapi. Casing power supply juga terbuat dari bahan yang relatif lebih tebal dan terlihat sangat menarik. Pada bagian dalam  power supply berkualitas tinggi selalu menggunakan kapasitor, transistor, dan komponen-komponen internal terbaik,  ukuran heatsink dan ukuran kipas pendingin yang lebih besar untuk optimalisasi penyerapan dan pembuangan panas. Power supply yang berkualitas tinggi relatif memiliki banyak lubang ventilasi untuk sirkulasi udara yang lebih baik, dengan tetap memperhatikan detil arsitektur interface yang menarik. 

Corsair, Evga, Seasonic dan Bitfenic adalah Merk dan produsen-produsen terkemuka yang memproduksi Power Supply PC dengan kualitas baik hingga sangat baik.