• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Keyboard Device


    Keyboard merupakan input device utama pada komputer. Pengguna komputer dapat menggunakan keyboard sebagai perangkat untuk mengakses, berinteraksi dan sebagai kontrol pada komputer melalui tombol-tombol Alphanumeric (berbagai tombol yang terdiri atas huruf, angka, tanda baca dan beberapa karakter khusus) yang dapat dikenali sebagai suatu perintah oleh sistem operasi dan oleh aplikasi-aplikasi yang terdapat di dalam komputer.


    Susunan tombol keyboard komputer sangat mirip dengan tombol-tombol yang terdapat pada mesin ketik biasa maupun pada mesin ketik listrik, tetapi jumlah tombolnya lebih banyak, karena keyboard memiliki beberapa tombol tambahan. Ketersediaan keyboard pada komputer, memungkinakan pengguna untuk dapat meng-input berbagai huruf,angka, tanda baca dan berbagai karakter khusus yang berfungsi sebagai perintah penulisan dalam komputer. Misalnya, pengetikan pada aplikasi-aplikasi berbasis text.

    Apa yang terjadi jika komputer tanpa keyboard? Atau bagaimana jadinya jika keyboard pada PC (Desktop atau Laptop) mengalami kerusakan atau mati? Tanpa ketersediaan keyboard device, komputer tetap dapat dihidupkan. Akan tetapi, biasanya sistem BIOS akan menghentikan booting selama proses POST berlangsung, dan biasanya akan menampilkan pesan "Keyboard error or no keyboard present". Penyebab munculnya pesan kesalahan itu terjadi karena terdapat kerusakan atau tidak terhubungnya perangkat keyboard dengan komputer (hal ini tidak akan berlaku jika komputer tidak memiliki mouse device).

    Jenis keyboard standard yang umum digunakan di Indonesia dan di banyak negara berbahasa inggris adalah keyboard berjenis QWERTY, ini dapat dilihat dan dibedakan dari format penyusunan tombol-tombol pada keyboard tersebut. Disamping itu, terdapat juga keyboard jenis AZERTY, dan keyboard Dvorak.

    Format layout pada keyboard QWERTY

    Hampir setiap negara yang berbahasa Inggris menggunakan  jenis keyboard QWERTY. Seperti yang terlihat pada gambar di samping, lima huruf pertama pada layout keyboard QWERTY yang kemudian menjadi nama untuk jenis keyboard ini.




    Format layout pada keyboard AZERTY
    Dibanyak negara Eropa, seperti negara-negara yang menggunakan bahasa Prancis dan negara-negara berbahasa Spanyol menggunakan jenis keyboard  AZERTY. Seperti yang terlihat pada gambar di samping, lima huruf pertama pada layout keyboard AZERTY yang kemudian menjadi nama untuk jenis keyboard ini. Format keyboard ini memungkinkan penggunaan aksen dan karakter khusus pada bahasa tertentu yang tidak didukung oleh keyboard dengan format QWERTY.

    Format layout pada keyboard DVORAK
    Dirancang pada tahun 1930 oleh Dr. August Dvorak dan adik iparnya, Dr. William Dealey.   Penggunaan Keyboard jenis ini diklaim
    memungkinkan pengguna dapat mengetik "relatif lebih cepat" dibandingkan penggunaan pada keyboard QWERTY dan AZERTY.
    Selain keyboard Dvorak standar, ada dua keyboard Dvorak tambahan, yakni keyboard kidal dan tangan kanan. Dua varian keyboard Dvorak ini dirancang untuk orang-orang-orang yang hanya menggunakan satu tangan untuk mengetik.

    Bisa jadi Anda dapat mengoperasikan komputer tanpa mouse, akan tetapi tanpa device yang satu ini...? dapat dipastikan anda akan benar-benar dalam kesulitan. Keyboard device merupakan perangkat yang lebih dulu populer dibandingkan dengan mouse. Sebagai salah satu komponen input pada komputer keyboard termasuk perangkat awal yang mengiringi perkembangan teknologi komputer itu sendiri. Terlepas dari bentuk, fitur dan harganya, peranan vital keyboard hampir dipastikan akan bertahan untuk waktu  yang sangat lama. Dewasa ini teknologi keyboard tidak melulu digunakan dan ditancapakan  pada port PS/2 atau USB. Keyboard juga hadir dalam bentuk aplikasi virtual (software). Ini dapat dilihat dengan teknologi keyboard yang juga digunakan pada perangkat mobile gadget seperti handphone maupun smartphone yang menggunakan screen touch pada virtual keyboard.

    Alih-alih menggunakan mouse dalam berkatifitas dengan perangkat komputer, anda dapat menghemat banyak waktu dengan memanfaatkan shortcuts key (pintasan) keyboard. Ini dapat dilakukan jika anda mengetahui kombinasi-kombinasi penekanan beberapa tombol keyboard dalam waktu bersamaan. Seperti penggunaan shortcuts key Ctrl+C (menahan tombol Ctrl lalu diikuti penekan pada tombol C pada keyboard) untuk perintah Copy/penyalinan file maupun text terbukti jauh lebih efisien dibanding menggunakan klik kanan-select copy menggunakan mouse, atau melalui klik pada icon save pada menu bar aplikasi.

    Untuk mengetahui lebih banyak tentang keyboard shortcuts key anda dapat mengunjungi http://www.microsoft.com/enable/products/keyboard.aspx di laman resmi microsoft tersebut anda dapat mempelajari banyak kombinasi pintasan tombol keyboard untuk digunakan pada beberapa sistem operasi Windows dan aplikasi-aplikasi microsoft. Anda tidak harus mengingat semua shortcut key keyboard. Agar tidak membuat anda pusing, hanya pelajari dan ingatlah shortcut key keyboard yang memang benar-benar diperlukan dan sesusai dengan aktifitas berkomputer anda.

    20 April 2015

    Tidak ada komentar :

    Posting Komentar