-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Yamaha Corporation 1887 | Transformasi 100.000 ¥ Nippon Gakki Co., Ltd.

Sejarah Yamaha dimulai ketika pendirinya, Torakusu Yamaha, memperbaiki instrumen reed pada piano (organ) yang rusak pada tahun 1887. Tak lama kemudian, ia berhasil menyelesaikan reed organ pertama yang akan dibuat di Jepang.  Tahun 1897 nama Nippon Gakki Co. Ltd. disematkan sebagai nama perusahaan yang didirikan dengan modal awal sebesar 100.000 yen sebelum akhirnya menjadi perusahaan besar bernama Yamaha Corporation yang dikenal hingga sekarang.

Awal tahun 1900-an  Yamaha mulai memproduksi dan memasarkan alat musik piano, 1949 terdaftar dalam bursa saham Tokyo, dan pada tahun 1954 mendirikan sekolah musik. Yamaha berkembang menjadi produsen alat musik terbesar di dunia (termasuk piano, drum , gitar, instrumen kuningan , woodwinds , biola , violas , celli , dan vibraphones ), serta produsen terkemuka semikonduktor , audio / visual , produk terkait komputer, barang olahraga, peralatan rumah tangga , logam khusus, hingga robot industri.

Pada tahun 1988, Yamaha mengirimkan perekam CD pertama di dunia. Yamaha membeli Sequential Circuits pada tahun 1988. Ia membeli saham mayoritas  (51%) dari pesaing Korg pada tahun 1987, yang kemudian dibeli oleh Korg pada tahun 1993.

Pada akhir 1990-an, Yamaha merilis serangkaian keyboard yang dioperasikan dengan baterai portabel di bawah kisaran PSS dan keyboard PSR. Keyboard Yamaha PSS-14 dan PSS-15 adalah upgrade ke Yamaha PSS-7 dan terkenal untuk lagu-lagu demo pendek mereka, frasa yang dapat dipilih pendek, efek suara lucu dan distorsi dan suara serak berkembang pada banyak tingkat volume ketika daya baterai rendah.

Yamaha Corporation  terus bertumbuh menjadi perusahaan yang kuat, hingga menjadi perusahaan multinasional dengan rentang bisnis yang sangat luas dan memiliki banyak cabang di banyak negara, dari bisnis pengadaan produk dan jasa hingga saat ini. Yamaha merupakan salah satu konstituen Nikkei 225 dan merupakan perusahaan manufaktur piano terbesar di dunia.

Berawal dari perusahaan yang fokus pada industri musik, Yamaha selanjutnya mendirikan divisi motor pada tahun 1955 yang saat ini dikenal sebagai Yamaha Motor Co., Ltd., yang awalnya didirikan  sebagai  afiliasi perusahaan induk, tetapi  kemudian berkembang menjadi perusahaan besar dan mandiri, namun demikian Yamaha Corporation masih merupakan pemegang saham perusahaan swasta terbesar dengan 9,92%, pada 2019.


Source : yamaha.com