-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

TOSHIBA 1875 | Tokyo Shibaura Electric Co, Ltd.

Toshiba adalah perusahaan multinasional Jepang yang berkantor pusat di Minato , Tokyo. Produk dan layanannya yang beragam meliputi teknologi dan peralatan dan sistem komunikasi, komponen dan bahan elektronik , sistem tenaga, sistem infrastruktur industri dan sosial, elektronik konsumen , peralatan rumah tangga , peralatan medis , peralatan kantor, serta penerangan dan logistik.

Sejarah awal Toshiba memiliki dua untaian: 1875 menyaksikan pendirian Tanaka Seizo-sho (Tanaka Engineering Works), produsen peralatan telegrafik pertama di Jepang. Pendirinya, Hisashige Tanaka (1799 - 1881), terkenal sejak masa mudanya untuk penemuan yang termasuk boneka mekanis dan jam terus-menerus. Dengan nama Shibaura Seisaku-sho (Shibaura Engineering Works), perusahaannya menjadi salah satu produsen peralatan listrik berat terbesar di Jepang. Pada tahun 1890, Hakunetsu-sha & Co., Ltd. didirikan sebagai pabrik pertama di Jepang untuk lampu pijar listrik. Diversifikasi selanjutnya melihat perusahaan berkembang sebagai produsen produk konsumen. Pada tahun 1899, perusahaan ini berganti nama menjadi Tokyo Denki (Tokyo Electric Co.).


Nama Toshiba merupakan akronim yang diambil dari nama dua perusahaan; Tokyo Denki (berdiri pada tahun 1890) dan Shibaura Seisaku-sho (berdiri pada tahun 1875) yang kemudian bergabung pada tahun 1939 dan diberi nama Tokyo Shibaura Denki KK (Tokyo Shibaura Electric Co, Ltd) yang selanjutanya nama perusahaan secara resmi diubah menjadi Toshiba Corporation pada tahun 1978.

Industri Toshiba diatur dalam empat pengelompokan antaralain: Grup Produk Digital, Grup Perangkat Elektronik, Grup Peralatan Rumah Tangga, dan Grup Infrastruktur Sosial. Pada tahun 2016, perusahaan peralatan listrik Cina Midea Group membeli 80,1% saham pengendali di Toshiba Home Appliances Group.

Sejarah panjang pendirian dan rincian berbagai aspek industri terkait perusahaan Toshiba  dapat dilihat melalui laman resmi Toshiba : www.toshiba.co.jp