-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

National Geographic Society 1888 | You Bring the Yellow Border to Life


The National Geographic Society ( NGS ), berkantor pusat di Washington, DC , Amerika Serikat , adalah salah satu organisasi pendidikan dan ilmiah (non-profit), yang berdiri pada tahun 1888. Didirikan oleh 33 ilmuwan terkemuka saat itu, fokus utama organisasi NGS antara lain: Pendidikan, Perlindungan Lingkungan dan Pelestarian Sejarah. Aktifitas organisasi meliput berbagai hal terkait bidang geografi, arkeologi, lingkungan, sejarah dan ilmu alam, yang secara terus menerus dan konsisten dipublikasikan pada masyarakat dunia hingga saat ini.

National Geographic Society diatur oleh dewan pengawas, yang 21 anggotanya adalah termasuk pendidik terkemuka, eksekutif bisnis, mantan pejabat pemerintah dan konservasionis. Organisasi ini mensponsori dan mendanai penelitian dan eksplorasi ilmiah. Logo National Geographic Society berbentuk kotak persegi panjang berwarna kuning menyerupai frame (bingkai foto) yang digunakan pada produk-produknya. Publikasi organisasi dapat diakses secara umum melalui beberapa media antara lain: Majalah, saluran TV, Situs Web, dan beberapa media penyiaran lainnya. Disamping itu National Geographic juga mengelola sebuah museum yang berkantor pusat di Washington DC, Amerika. NGS juga mengelola toko ritel yang berada di Washington, DC, London, Sydney, dan Panama. Lokasi di luar Amerika Serikat dioperasikan oleh Worldwide Retail Store SL, sebuah perusahaan induk yang berada di Spanyol.

Dalam perjalanannya National Geographic Society telah memberikan kontribusi terkait lingkungan dan pelestarian budaya dunia dengan menjadi sponsor pada penelitian-penelitan sejarah, lingkungan, pelestarian alam, dan mensponsori pameran-pameran budaya dunia yg populer, seperti pameran King Tut awal 2010 yang menampilkan artefak dari makam Firaun muda Mesir. Yayasan Pendidikan NGS memberikan hibah kepada organisasi dan individu pendidikan untuk meningkatkan pendidikan geografi.  Komite untuk Penelitian dan Eksplorasi telah memberikan lebih dari 11.000 hibah pada kegiatan penelitian ilmiah dan eksplorasi.

National Geographic juga mendirikan perusahaan yang dikenal sebagai National Geographic Partners, merupakan sebuah perusahaan patungan antara The Walt Disney Company dan National Geographic Society. National Geographic Magazine adalah majalah resmi National Geographic Society. Majalah ini telah diterbitkan secara terus menerus sejak edisi pertama pada tahun 1888, sembilan bulan setelah Lembaga itu sendiri didirikan. Content majalah-majalah berisi artikel tentang sains, geografi, sejarah, dan budaya dunia. Majalah ini dikenal dengan format glossy yang diikat dengan persegi panjang dengan garis tepi kuning dan penggunaan foto dramatis yang luas. Controlling interest  majalah telah dipegang oleh The Walt Disney Company sejak 2019.


Source : .nationalgeographic.orgwikipedia.org