-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Ideoscope 1832 | Mesin "Pembanding Gagasan" Korsakov

Dilansir dari history-computer.com, Semyon Nikolaevich Korsakov (Rusia: Семён Николаевич Корсаков) lahir pada tanggal 14 Januari 1787, di Kherson, Ukraina modern (saat itu bagian dari kekaisaran Rusia), dari keluarga bangsawan insinyur militer Rusia yang terkenal, Nikolai Ivanovich Korsakov (1749—1788) Anna Semyonovna Korsakova (nee Mordvinova) (1765-1849).

Pendiri keluarga Korsakov Rusia adalah Ventseslav Zigmund Korsak (1370-1435), seorang bangsawan Lituania dari Cheko (atau Volga-Bulgaria, menurut sumber lain), yang pada 1390 menetap di Moskow. Selama abad berikutnya Korsakovs, dan keluarga terkait seperti Rimsky-Korsakovs (komposer Rusia terkenal Nikolai Rimsky-Korsakov berasal dari keluarga itu), Dondukov-Korsakov, Miloslavski (Ventseslav memiliki saudara Miloslav), dll., Tergabung dari beberapa keluarga Rusia yang memiliki reputasi paling baik.

Nikolai Korsakov tinggal agak lama di Inggris, lulus di Universitas Oxford dengan pujian, dan kemudian bekerja beberapa tahun di Glasgow, Skotlandia. Setelah kembali ke Rusia pada akhir 1770-an, ia menjadi ajudan dan favorit Pangeran Rusia Grigory Potemkin, dan menikah pada 1786 dengan Anna Mordvinova, anak baptis Ratu Rusia Catherine II.

Setelah menerima pendidikan yang sangat baik, pada tahun 1805 Semyon Korsakov menerima posisi di Kementerian Luar Negeri Rusia. Dari tahun 1812 hingga 1814, Semyon Korsakov mengambil bagian dalam Perang Napoleon bersama Angkatan Darat Rusia, terluka selama Pertempuran Berezina yang terkenal dan menerima beberapa perintah (kemudian dalam hidupnya ia diberikan Ordo St. Anna dan Ordo St. Vladimir). Selanjutnya ia menjabat sebagai pejabat di departemen statistik Kementerian Kepolisian Rusia di St. Petersburg, kemudian di Kementerian Dalam Negeri hingga tahun 1845, hingga ia pensiun.

Saat bekerja di departemen statistik Kementerian Kepolisian, Korsakov menjadi tertarik dengan kemungkinan menggunakan mesin untuk meningkatkan kecerdasan alami dan kemudian ia menemukan beberapa perangkat yang ia sebut mesin untuk perbandingan ide, 

Seperti konsep kartu penyimpanan informasi yang diusulkan oleh Ada Lovelace untuk diterapkan pada  Analytical Engine karya Charles Babbage. Pada tahun 1832, Seorang pejabat Kepolisian Rusia, bernama Semyon Nikolaevich Korsakov, telah menciptakan beberapa mesin "Pembanding Gagasan" dengan menggunakan kartu berlubang (sejenis Punched Card) untuk tujuan penyimpanan hasil analisis dan identifikasi medis dalam metode perawatan yang disebut "homeopati" yang ia kembangkan. Korsakov menciptakan sebanyak 5 buah mesin "Peningkat Kecerdasan" sebagai mesin pencari dan pembanding gagasan, yang masing-masing memiliki istilah dan cara kerja yang berbeda, antara lain :
  1. Linear homeoscope with unmovable parts.
  2. Linear homeoscope with movable parts.
  3. Flat homeoscope.
  4. Ideoscope.
  5. Simple comparator.
Selanjutnya Semyon Korsakov mencoba mempresentasikan mesin-mesin tersebut di Akademi Ilmu Pengetahuan Kekaisaran Rusia di St. Petersburg. Sayangnya, gagasan Korsakov saat itu ditanggapi dengan pesimis oleh para ahli Akademi tersebut, mereka gagal melihat potensi besar pada mekanisme mesin pencarian Korsakov dan menolak permohonannya. Setelah itu, mesin-mesin karya Semyon Korsakov sebagian besar dilupakan, sampai setelah Perang Dunia Kedua, ketika kebangkitan pada minat sejarah menghasilkan penemuan beberapa dokumen dari arsip Akademi yang berkaitan dengan mesin Korsakov dan buku catatannya yang membahas mengenai mesin-mesin tersebut terungakap.

Mirip seperti Charles Babbage, Korsakov dapat melihat perspektif mekanisasi pemikiran yang disarankan, dan seperti Babbage, ia bermaksud menggunakan kartu berlubang sebagai tempat penyimpanan.

Ideoscope
Dari kelima alat temuannya, Ideoskop merupakan alat paling pintar karya Korsakov, Ideoskop  mampu, menggunakan tabel khusus dari objek yang telah diatur sebelumnya:

 1. Untuk menemukan semua kecocokan antara 2 ide yang dibandingkan.
 2. Untuk menemukan semua item, disajikan dalam ide-sumber, tetapi tidak ada dalam ide target.
 3. Untuk menemukan semua item, hilang dalam ide-sumber, tetapi disajikan dalam ide target.
 4. Untuk menemukan semua item, hilang dalam kedua ide, tetapi disajikan dalam ide lain dalam tabel yang sama.
Ideoscope (lihat gambar di bawah) juga mampu menemukan selama perbandingan kepentingan relatif setiap detail. Jumlah ide yang dibandingkan dapat mencapai beberapa hal