-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Hard Disk Drive


Hard Disk Drive (HDD) atau sering juga disebut sebagai "Hard Drive" adalah perangkat penyimpanan komputer kategori "non-volatile storage device" dengan kata lain perangkat ini dapat menyimpan informasi data digital secara permanen, artinya data yang tersimpan di dalam harddisk drive akan tetap ada (tidak hilang) walapun perangkat dimatikan. Sehingga data-data digital yang tersimpan di dalamnya dapat diakses kembali oleh pengguna pada waktu berikutnya.

Selain komponen PCB yang terlihat dipermukaan,  terdapat komponen-komponen utama yang terintegrasi di dalam Harddisk drive diantaranya:

- Kabel Flexible penghubung antara PCB Harddisk dengan lengan penggerak dan R/W Head
- Actuator Magnet yang berfungsi sebagai penjepit sekaligus penggerak.
- Lengan Penggerak R/W Head
- R/W Head
- Spindle
- Dan HDD Platter (Piringan) dan beberapa komponen lainnya.

Hard Disk Drive memiliki kecepatan putar tertentu dalam ukuran RPM (Revolutions Per Minute, beberapa menyebutnya Rotations per Minutes). Biasanya informasi kecepatan putaran disertakan pada sticker yang terdapat pada bagian luar Hard Disk. Misal terulis 5400 RPM, atau 7200 RPM. Atau dapat juga menggunakan Third-party software untuk menguji kecepatan dan benchmark perangkat Harddisk semisal : HD Tach, ATTO Disk Benchmark, Roadkil Speed Test, dan lainnya.

Koneksi dan Installasi Harddisk pada perangkat PC.
Hard Disk Drive internal terhubung dengan motherboard komputer melalui  beberapa koneksi kabel seperti kabel SCSI, IDE ATA dan kabel SATA, sementara pada Hard Disk Drive Eksternal umumnya terhubung dengan komputer melalui koneksi kabel USB. Selain untuk pemasangan Sistem Operasi dan program aplikasi, Hard Disk Drive juga digunakan untuk menyimpan file's dan data-data digital seperti file's: musik, gambar, video, foto-foto keluarga, arsip spreadsheet, text, dan berkas-berkas digital lainnya dalam berbagai ektensi file.

Pembagian dan Manajemen Harddisk (Harddisk Partition)
Seperti pernah saya tuliskan pada artikel sebelumnya, yang membahas tentang "Pentingnya Menata Berkas Digital" dalam PC. Tiap Hard Disk Drive pada komputer dapat dibagi-bagi menjadi beberapa bagian (partisi). Tindakan partisi ini akan ditandai dengan terbentuknya beberapa virtual disk drive dengan ditandai tampilnya beberapa Disk seperti; Local Disk (C:), (D:), (E:) dan seterusnya. Terlihat seolah terdapat banyak Disk Drive yang terpasang dalam perangkat PC, namun sebenarnya itu hanya sekat-sekat pembatas cluster oleh piranti lunak sistem operasi yang direcord oleh Harddisk Drive. Pembuatan partisi ini biasanya dilakukan oleh teknisi komputer saat proses installasi sistem operasi, maupun setelah setelah installasi OS, dengan tujuan untuk memudahkan pengelompokan data komputer berdasar kebutuhan pengguna.

Kapasitas Harddisk Drive.
Keberadaan Hard Disk Drive untuk perangkat komputer sangat vital, mengingat daya tahan dan kapasitasnya Hard Disk mampu menyimpan lebih banyak data dibanding dengan media penyimpanan lainnya. Ukuran Hard Disk umumnya terdiri dari 2 jenis, yakni 2,5-inchi untuk Hard Disk Laptop, dan 3,5 inch umumnya digunakan pada perangkat komputer Desktop. Sementara kapasitas Hard Disk Drive terus meningkat dari waktu ke waktu, pada Hard drive yang lebih lama memiliki ukuran penyimpanan beberapa ratus MB (megabytes) hingga beberapa GB (gigabiytes). Sedangakan pada Hard Drive yang lebih baru memiliki ukuran penyimpanan beberapa ratus gigabyte hingga beberapa TB (terabyte).

Pada tahun 1956 IBM 305 RAMAC (Random Access Method of Accounting and Control) adalah komputer komersial IBM pertama yang menggunakan komponen hard disk drive (disk storage magnetik) untuk penyimpanan sekunder. Hard disk drive pertama ini memiliki berat lebih dari 1 ton dengan kapasitas penyimpanan sekitar 5 megabytes!

Vendor-vendor HDD terkenal seperti : Western Digital, Seagate Technology, Toshiba, Hitachi, G-Technology, Quantum, Samsung Electronics, dan Iomega. Terus bersaing meningkatkan teknologi Hard disk dengan kapasitas yang semakin besar. Dan saat artikel ini dibuat, Western Digital (anak perusahaan Hitachi Global Storage Technologies) telah meluncurkan Hard disk dengan kapasitas 8TB dan 10TB untuk lini produk HelioSeal, dimana hard disk tersebut telah dilengkapi dengan teknologi helium untuk melindungi disk platter dari gesekan berlebih.

Seperti teknologi yang lainnya, dapat dipastikan, teknologi dan kapasitas media penyimpanan HDD akan terus berkembang. Kecepatan transfer, usia pakai dan kapasitas penyimpanan yang besar menjadikan hard disk drive dipastikan akan tetap menjadi primadona media penyimpanan dikalangan pengguna Desktop/notebook PC untuk masa yang cukup lama.