-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Floppy Disk (Diskette)


Floppy Disk Drive (media baca/tulis)
Floppy Disk Drive (FDD), perangkat komputer yang satu ini pernah menjadi salah satu produk berpengaruh dalam industri komputer, khususnya pada industri PC. Menurut situs IBM "Lebih dari lima miliar Floppy Disk (diskette) terjual per tahun di seluruh dunia, dan puncaknya pada pertengahan 1990-an."

Floppy disk drive merupakan media pembaca dan penulis data pada media penyimpanan magnetik portable yang bernama floppy disk yang dikenal juga dengan istilah 'diskette'. Dapat dipastikan pada kebanyakan PC modern perangkat FDD ini sudah tidak dapat anda temukan, karena saat ini fungsi dari media penyimpanan portable sudah tergantikan dengan kebaradaan Flash Disk dan SD Cards.


Floppy Disk/Diskette (media penyimpanan)
Ditemukan oleh team insinyur IBM pada tahun 1967. Pada awalnya, floppy disk sangat mudah kotor.Adalah Herb Thompson dan Ralph Flores dari IBM datang dengan ide membungkus media disk dengan amplop khusus yang dilengkapi dengan elemen penghapus debu yang inovatif.  Dengan demikian disk dapat ditangani dan disimpan dengan lebih aman tanpa khawatir terekspos oleh partikel dan elemen yang dapat merusak.

Teknologi floppy disk berkembang seiring waktu dan kebutuhan, diketahui floppy disk memiliki tiga ukuran antaralain :
  • 8 inch, kapasitas sekitar 80 kilobytes
  • 5¼-inch, kapasitas;360 KB dan 1.2 MB (Double Sided, High Density)
  • 3½-inch, kapasitas; 720 KB, 1.44 MB dan 2.88 MB.
Untuk jaman sekarang kapasitas tersebut memang terlihat sangat kecil, tapi pada masanya sulit dibayangkan jika anda memiliki kebutuhan ruang penyimpanan yan lebih besar dari itu. Memiliki media flashdisk saat itu seperti sebuah tren dan kebanggaan tersendiri. Seperti membawa barang berharga dan yg memiliki kemampuan magis :D.

Seperti fungsi media penyimpanan komputer lainnya, floppy disk atau diskette memiliki tiga fungsi pokok antara lain :

  • Distribusi perangkat lunak (software)
  • Transfer Files
  • Backup Data