• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • John Presper Eckert & John William Mauchly


    John Adam Presper Eckert Jr (panggilan kecilnya "Pres") lahir di Philadelphia pada tanggal 9 April 1919 dan meninggal pada tanggal 3 Juni 1995 di Bryn Mawr, Pennsylvania. Ayahnya adalah seorang pengembang real estate dan jutawan kaya bernama John Eckert. Eckert Jr adalah anak tunggal dan dibesarkan di sebuah rumah besar di bagian Germantown Philadelphia.
    Tapi Pres adalah lebih dari sekedar seorang anak yang telah didorong ke sekolah bergengsi William Penn Charter School.
    Dia adalah seorang snsk jenius. Pada awal usia lima tahun dia membuat sketsa radio dan speaker. Pada usia dua belas tahun, ia memenangkan Philadelphia science fair. Pada usia empat belas, ia menggantikan sistem interkom bertenaga baterai di salah satu bangunan bertingkat tinggi apartemen ayahnya dengan sistem listrik. Dia membangun radio dan amplifier piringan hitam, dan memperoleh uang saku menginstal sistem suara untuk sekolah, klub malam dan acara khusus. Dia bahkan dipekerjakan oleh Barat Laurel Hill Cemetery di Merion untuk membangun sistem musik yang bertopeng suara mengerikan dari kompor gas di krematorium di dekatnya.
    Di sekolah tinggi, ia menghabiskan sore di laboratorium penelitian Chestnut Hill of Philo Taylor Farnsworth, yang telah menunjukkan model kerja sistem televisi pada tahun 1927. Pada bagian matematika dari pemeriksaan College Board. Dia ingin pergi ke pusat penelitian ilmiah-Massachusetts Institute of Technology (MIT) USA. Tapi ibunya tidak tahan memikirkan anak satu-satunya meninggalkan rumah, dan ayahnya ingin dia bersekolah bisnis, sehingga mereka mendaftarkan Pres di Wharton School of Business di University of Pennsylvania. Orangtua Pres bahkan memintanya untuk tinggal di rumah dan bolak-balik ke kampus pusat kota.
    Bosan di kelas bisnis, Pres segera mencoba untuk berpindah ke departemen fisika, tapi tidak ada ruang yang tersedia. Akhirnya ia memutuskan untuk pindah ke Moore School of Electrical Engineering of the University of Pennsylvania, di mana ia terdaftar di tahun 1937.
    Pres bertahan di Moore School, mendapatkan gelar sarjana di bidang teknik listrik pada tahun 1941 dan gelar master pada tahun 1943. Ia secara luas dianggap sebagai insinyur hebat dari Sekolah Moore. Namun, ia adalah pribadi yang keras kepala, dan kebiasaan karyanya dianggap aneh. Dia sangat gugup dan akan jarang duduk di kursi atau berdiri diam sambil berpikir. Seringkali ia akan mendekam di atas meja atau berjalan bolak-balik.
    John Mauchly dan Pres pertama kali bertemu pada tahun 1942, ketika Angkatan Darat meminta University of Pennsylvania untuk memiliki kelas ilmuwan untuk membantu upaya perang. Eckert adalah guru di kelas ini dan Mauchly adalah mahasiswa. Meskipun mereka memiliki upbringings yang berbeda dan dua belas tahun beda umur, John Mauchly dan Eckert dengan cepat menjadi teman dekat, dan memiliki semangat bersama untuk menciptakan sebuah perangkat komputer. Mereka memiliki masa kanak-kanak yang mirip dan menakjubkan. Keduanya terpesona oleh listrik dan kabel. Eckert adalah seorang pria yang lebih tertarik untuk menciptakan daripada mengajar. Sementara Mauchly tahu persis apa yang dia inginkan oleh Pres dalam bekerja. Eckert dan Mauchly menghabiskan Sebagian besar waktu mereka di lab, merekea menghabiskan waktu bersama, membicarakan tentang ide-ide yang berbeda-termasuk mesin komputasi. Hasil Hasil akhir dari pembicaraan ini akan bermuara pada penciptaan komputer elektronik besar pertama di dunia yakni ENIAC.
    Setelah Perang Dunia II dan penciptaan ENIAC, IBM telah menawarkan Eckert pekerjaan di laboratoriumnya sendiri untuk mengembangkan komputer, tapi Mauchly membujuknya untuk bersama-sama membuat perusahaan Elektronik baru. Pekerjaan pertama mereka, pada tahun 1946 dan 1947, adalah dengan Badan Standar Nasional dan Biro Sensus. Mereka mengembangkan spesifikasi untuk komputer yang akhirnya dikenal sebagai UNIVAC (Universal Automatic Computer) pada tahun 1948. Seperti kebanyakan perusahaan pemula  merekea mengembangkan perangkat keras yang kompleks, Eckert dan Mauchly berusaha menghindari masalah keuangan secara konsisten untuk biaya pengembangan komputer mereka. Untuk mengumpulkan uang, mereka menandatangani kontrak pada musim gugur tahun 1947 dengan Northrop Aircraft Company untuk membuat komputer kecil untuk menavigasi pesawat yang dikenal dengan BINAC (Binary Automatic Computer). BINAC (selesai pada Agustus 1949) dan UNIVAC adalah komputer pertama yang menggunakan tape drive magnetik untuk penyimpanan data, ukuran UNIVAC lebih kecil dan terdiri dari bagian-bagian yang lebih sedikit daripada ENIAC, kedua mesin memiliki memory internal  yang menyimpan program dan dapat diakses oleh keyboard mesin tik. 
    Eckert dan Mauchly telah terhindar dari kebangkrutan dengan dukungan dari Henry Straus, seorang eksekutif dari American Totalisator Company. Ketika Straus tewas dalam kecelakaan pesawat pada bulan Oktober 1949, Eckert dan Mauchly tahu mereka harus menjual UNIVAC. The Remington Rand Corporation mengakuisisi perusahaan mereka pada tanggal 1 Februari 1950. Eckert tetap dalam penelitian untuk mengembangkan perangkat keras untuk UNIVAC, sementara Mauchly mengabdikan waktunya untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak. Berbeda dengan Mauchly, Pres berhasil di Sperry Rand, pada tahun 1959 ia bahkan menjadi wakil presiden dan asisten General Manager. Pertama UNIVAC, disampaikan ke Biro Sensus Maret 1951, membuktikan nilainya dalam pemilihan presiden 1952 antara Dwight Eisenhower dan Adlai Stevenson, ketika secara akurat memprediksi hasil kurang dari satu jam setelah pemungutan suara ditutup. Paten Eckert dan Mauchly pada ENIAC sebagai komputer elektronik digital pertama mendapat gugatan pelanggaran dan menjadi pertentangan antara Sperry-Rand (sebelumnya Remington), yang kini memiliki hak untuk komputer, dengan Honeywell. Pada tanggal 19 Oktober 1973, pengadilan membatalkan paten ENIAC dan menegaskan bahwa Iowa State University profesor John Vincent Atanasoff adalah penemu sebenarnya dari komputer elektronik digital. 
    Pada tanggal 28 Oktober 1944, Eckert menikah dengan Hester Caldwell. Pasangan ini memiliki dua putra, John Presper III dan Christopher, sebelum Hester meninggal pada tahun 1952. Sepuluh tahun kemudian, pada tanggal 13 Oktober 1962, Eckert menikah dengan Judith A. Rewalt dan ia memiliki dua anak lagi, Laura dan Gregory. 
    Eckert menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas of Pennsylvania pada tahun 1964. Setelah paten pertamanya pada tahun 1942, ia juga menerima 87 paten dan berbagai penghargaan untuk inovasi nya, termasuk Howard N. Potts dan John Scott Medali (keduanya ia berbagi dengan Mauchly ). Presiden Lyndon B. Johnson memberikan National Medal of Science pada tahun 1969 padanya. Eckert juga terpilih menjadi anggota National Academy of Engineering pada tahun 1967. Dia tetap dengan Remington Rand Corporation dan melalui sejumlah merger, pensiun pada tahun 1989. Dia kemudian menjabat sebagai konsultan Unisys dan Eckert Ilmiah International Corporation, yang berbasis di Tokyo, Jepang. 
    John William Mauchly (30 Agustus 1907 - 8 Januari 1980) adalah seorang fisikawan Amerika, bersama dengan J. Presper Eckert, Mereka merancang pembuatan ENIAC, EDVAC, BINAC, serta UNIVAC I, yang merupakan komputer komersial pertama yang dibuat di Amerika Serikat.

    Bersama-sama mereka memulai perusahaan komputer pertama, bernama Eckert-Mauchly Computer Corporation (EMCC), dan memelopori konsep komputer dasar termasuk program yang tersimpan, subrutin, dan bahasa pemrograman. Pekerjaan mereka, seperti yang terpapar dalam Draft Pertama yang dapat dibaca dalam Laporan di EDVAC (1945) dan seperti yang diajarkan di Sekolah Moore (1946).

    Sumber : history-computer.com

    25 Februari 2015