• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Computer History Timeline (1951 - 1962)



    1951
    Computers
    MIT´s Whirlwind memulai debutnya dengan Edward R. Murrow dalam serial televisi "See It Now". Direktur proyek Jay Forrester menjelaskan bahwa komputer sebagai "sistem operasi yang handal," mampu berjalan selama 35 jam dalam seminggu, dengan 90 persen penggunaan pada memori tabung elektrostatik.

    Start of project: 1945
    Completed : 1951
    Add time : Approx. 16 microseconds
    Input/output : cathode ray tube, paper tape, magnetic tape
    Memory size : 2048 16-digit words
    Memory type : cathode ray tube, magnetic drum, tape (1953 - core memory)
    Technology : 4,500 vacuum tubes, 14,800 diodes
    Floor space : 3,100 square feet
    Project leaders : Jay Forrester and Robert Everett

    Komputer komersial pertama Inggris, the Lyons Electronic Office (LEO), memecahkan masalah administrasi. Presiden Lyons Tea Co. memiliki komputer, model setelah EDSAC, dibangun untuk memecahkan masalah penjadwalan produksi harian dan pengiriman kue ke toko-toko teh Lyons. Setelah keberhasilan komputer LEO pertama, Lyons masuk dalam bisnis manufaktur komputer untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dalam sistem pengolahan data.

    UNIVAC I dikirim ke Biro Sensus Amerika Serikat, UNIVAC adalah komputer komersial pertama yang menarik perhatian publik luas. Meski diproduksi oleh Remington Rand, mesin sering keliru disebut sebagai "IBM UNIVAC." Remington Rand telah menjual lebih dari 46 mesin, yang harga tiap mesinnya mencapai $ 1 juta. dengan FOB pabrik mencapai $ 750.000 ditambah $ 185.000 untuk printer kecepatan tinggi.
    Speed : 1,905 operations per second
    Input/output : magnetic tape, unityper, printer
    Memory size : 1,000 12-digit words in delay lines
    Memory type : delay lines, magnetic tape
    Technology : serial vacuum tubes, delay lines, magnetic tape
    Floor space : 943 cubic feet
    Cost : F.O.B. factory $750,000 plus $185,000 for a high speed printer
    Project leaders : J. Presper Eckert and John Mauchly


    1952
    Computers
    John von Neumann menjadikan IAS komputer dapat beroperasional pada Institute Advanced Studies di Princeton, N.J. Contract mewajibkan berbagi desain mereka dalam pembangunan dengan lembaga peneliti lainnya. Hal tersebut telah menyebabkan terjadinya sejumlah klon pada jenis mesin tersebut, seperti: MANIAC yang dibangun di Laboratorium Los Alamos Scientific, ILLIAC di University of Illinois, JOHNNIAC di Rand Corp, SILLIAC di Australia, dan lain sebagainya.

    People & Pop Culture
    Pada malam pemilihan, 4 November, CBS News meminjam UNIVAC untuk membuat prediksi ilmiah hasil pencalonan untuk presiden antara Dwight D. Eisenhower dan Adlai Stevenson. Jajak pendapat memprediksi dengan banyaknya dukungan Stevenson akan memenangkan pencalonan, tetapi analisis UNIVAC tentang pengembalian awal menunjukkan kemenangan yang jelas untuk Eisenhower. Perbedaan tajam dengan opini publik membuat penyiar berita Walter Cronkite dan Charles Collingwood mempertanyakan validitas dari perkiraan komputer, sehingga mereka cukup lama menunda pengumuman prediksi yang dihasilkan oleh UNIVAC.

    Software & Languages
    Grace Hopper melengkapi A-0 Compiler. Pada tahun 1952, matematikawan Grace Hopper menyelesaikan apa yang dianggap sebagai compiler pertama, sebuah program yang memungkinkan pengguna komputer untuk menggunakan kata-kata bahasa Inggris-seperti bukan angka. Kompiler lain berdasarkan A-0 diikuti: arith-MATIC, MATH-MATIC dan FLOW-MATIC [software].

    Storage
    Pita magnetik memungkinkan untuk penyimpanan informsai massal yang lebih murah dan merupakan bagian penting dari revolusi komputer. IBM 726 adalah salah satu yang pertama mengguanakan sistem kecepatan tinggi dari pita magnetik untuk komputer digital elektronik. Diumumkan pada tanggal 21 Mei 1952, sistem yang mengggunakan metode unik 'saluran vakum' menjaga putaran tape beredar antara dua titik yang memungkinkan tape drive untuk memulai dan menghentikan rekaman dalam sepersekian detik. Komputer digitial elektronik IBM Model 726 dan model 701 mampu menyimpan 2 juta digit per kaset, itu merupakan jumlah yang sangat besar pada saat itu. Nilai sewa model-model komputer tersebut seharga $ 850 per bulan.


    1953
    Componets
    Di MIT, Jay Forrester mepasang memori inti (core memory) magnetik pada komputer Whirlwind. Memori inti tersebut membuat komputer lebih dapat diandalkan, lebih cepat, dan lebih mudah untuk digunakan. Seperti sistem penyimpanan tetap yang populer sampai pengembangan semikonduktor pada tahun 1970.

    Computers
    IBM memasarkan komputer elektronik pertama, model 701. Selama tiga tahun produksi, IBM menjual 19 mesin untuk penelitian laboratorium, perusahaan pesawat terbang, dan pemerintah federal.

    Software & Languages
    John Backus menyelesaikan speedcoding untuk komputer IBM 701. Meskipun speedcoding menuntut lebih banyak memori dan penghitungan waktu, itu dapat memangkas beberapa minggu dari jadwal pemrograman.



    1954
    Componets
    Silicon-based junction transistor, disempurnakan oleh Gordon Teal dari Texas Instruments Inc, membawa harga komponen ini turun ke harga $ 2,50. Sebuah rilis berita dari Texas Instruments 10 Mei 1954, baca, otak  "Electronic" "mendekati otak manusia dalam lingkup dan kehandalan datang lebih dekat dengan kenyataan hari ini dengan pengumuman oleh Texas Instruments Incorporated produksi komersial pertama dari transistor silikon kernel berukuran pengganti untuk tabung vakum. "
    Perusahaan ini kemudian menjadi nama peralatan rumah tangga ketika radio transistor pertama dimasukkan sebagai penemuan Gordon Teal. Radio, dijual oleh Regency Electronics sebesar $ 50, yang menyebabkan globalisasi instant untuk mendapatkan berita dan musik pop.

    Computers
    IBM 650 magnetic drum calculator memantapkan dirinya sebagai komputer pertama yang diproduksi secara massal, dengan penjualan mencapai 450 unit per tahun. Berputar pada 12.500 rpm, magnetik Drum dapat menyimpanan 650 data yang memungkinkan akses lebih cepat untuk materi yang tersimpan dibandingkan mesin memori drum.

    People & Pop Culture
    Alan Turing ditemukan meninggal pada usia 42. Dia telah menerbitkan semi makalahnya, "On Computable Numbers," pada tahun 1936, serta mengajukan pertanyaan penting tentang menghakimi "kecerdasan manusia". pemrograman dan bekerja pada desain beberapa komputer selama kursus karirnya. 

    Turing adalah seorang matematikawan jenius yang terbukti berperan dalam upaya pemecah kode selama Perang Dunia II. Aplikasi logikanya menerangkan tentang era berikutnya akan lebih signifikan dalam pengembangan tentang konsep "mesin universal."


    1955
    Felker dan Harris dengan Program TRADIC, AT & T Bell Laboratories mengumumkan komputer pertama yang full transistor,TRADIC memiliki isi hampir 800 transistor, dibandingkan tabung vakum, transistor benar-benar lebih dingin, penguatan perangkat yang sangat efisien ditemukan di Bell Labs - memungkinkan mesin untuk beroperasi kurang dari 100 watt, atau satu hingga dua puluh daya yang diperlukan oleh komputer dengan tabung vakum. 
    Dalam foto ini, JH Felker (kiri) memberikan instruksi ke komputer TRADIC melalui unit plug-in sementara JR Harris menempatkan nomor ke dalam mesin dengan membalik saklar sederhana. Komputer yang digunakan hanya 3 kaki kubik.


    1956
    Companies
    Burroughs membeli Electrodata. Produsen kalkulator Burroughs dapat masuk ke industri komputer dengan membeli perusahaan California selatan Electrodata Corporation. Perusahaan gabungan tersebut menjadi raksasa dalam bisnis mesin hitung dan diperluas ke elektronik dan komputer digital saat teknologi sedang berkembang. Burroughs menciptakan banyak sistem komputer pada 1960-an dan 1970-an dan akhirnya bergabung dengan pembuat Sperry Rand (pembuat komputer Univac) untuk membentuk Unisys.

    Computers
    Peneliti MIT membangun TX-0, dengan tujuan umum, membuat komputer yang diprogram  dengan transistor. Untuk memudahkan penggantian, desainer menempatkan setiap rangkaian transistor di dalam "botol," mirip dengan tabung vakum. Dibangun di MIT Lincoln Laboratory, TX-0 pindah ke Laboratorium Penelitian MIT Electronics, di mana ia menjadi tuan rumah dari beberapa tes imajinatif awal pemrograman, termasuk film Barat yang ditampilkan di TV, 3-D tic-tac-toe, dan labirin di mana tikus menemukan Martini yang menyebabkan tikus mabuk.

    Di MIT, para peneliti mulai eksperimen pada input keyboard langsung pada komputer, merupakan pendahulu untuk model keyboard normal yang diganakan saat ini. Doug Ross menulis sebuah memo advokasi akses langsung pada bulan Februari; lima bulan kemudian, dibantu oleh perusahaan Whirlwind  dalam pengujian dan eksperimentnya.

    Storage
    Era penyimpanan disk magnetik mulai menjadi komponen utama media penyimpanan data, dengan IBM mulai memasarkan 305 RAMAC ke Zellerbach Paper di San Francisco. Dengan IBM 350 file disk sebagai komponen utama penyimpanan untuk Metode Random Access Akuntansi dan Kontrol. Ini terdiri dari 50 piring-piring logam yang dilapisi unusr magnetis dengan 5 juta byte data. Piring-piring, ditumpuk satu di atas yang lain, diputar dengan poros penggerak umum.



    1957
    Companies
    Sekelompok insinyur yang dipimpin oleh Ken Olsen meninggalkan MIT Lincoln Laboratory mendirikan sebuah perusahaan yang berbasis pada teknologi transistor baru. Pada bulan Agustus, mereka secara resmi menciptakan Digital Equipment Corp Ini awal dari pembangunan toko di sebuah pabrik wol yang sangat besar di Maynard, Mass, di mana semua aspek pengembangan produk  dari manajemen untuk manufaktur berlangsung.

    Sementara di Minneapolis, grup Engineering Research Associates asli yang dipimpin oleh Bill Norris meninggalkan Sperry Rand untuk membentuk sebuah perusahaan baru, Control Data Corp, yang segera merilis komputer Model 1604.

    Software & Languages
    Sperry Rand merilis kompilator komersial untuk perusahaan UNIVAC. Dikembangkan oleh Grace Hopper sebagai penyempurna dari inovasi sebelumnya, A-0 compiler, versi baru itu disebut MATEMATIKA-MATIC. Sebelum befungsi pada A-0 dan A-2 compiler 
    merujuk pada pengembangan compiler berbahasa inggris pertama dalam bisnis pengolahan data. B-0 (FLOW-MATIC) juga selesai pada tahun 1957. FLOW-MATIC menjadi model yang menggunakan input piranti lunak dari sumber lain.

    Software & Languages
    Sebuah bahasa baru, FORTRAN (singkatan dari FORmula TRANslator), memungkinkan komputer untuk melakukan tugas berulang dari satu set instruksi dengan menggunakan pengulangan (looping). Program komersial pertama FORTRAN dijalankan di Westinghouse, menghasilkan diagnosa koma yang hilang. Sebuah upaya yang berhasil diikuti.



    1958
    Components
    Jack Kilby menciptakan sirkuit terpadu (integrated circuit) pertama di Texas Instruments untuk membuktikan bahwa resistor dan kapasitor bisa ada di bagian yang sama dari bahan semikonduktor. Sirkuit nya terdiri dari sepotong germanium dengan lima komponen yang dihubungkan oleh kabel.

    Computers
    SAGE (Semi-Automatic Ground Environment) - menghubungkan ratusan link dari stasiun radar di Amerika Serikat dan Kanada dalam jaringan komunikasi komputer berskala besar pertama. Seorang operator mengarahkan tindakan dengan menyentuh pistol cahaya ke layar. Sistem pertahanan udara ini dioperasikan pada komputer AN/FSQ-7 (dikenal sebagai Whirlwind II selama perkembangannya di MIT) sebagai komputer pusat. Setiap komputer menggunakan kekuatan megawatt penuh untuk menggerakkan 55.000 tabung vakum, 175.000 dioda dan 13.000 transistor.



    1959
    Components
    Proses Planar Jean Hoerni , diciptakan di Fairchild Camera dan Instrument Corp, melindungi transistor sambungan dengan lapisan oksida. Hal ini meningkatkan keandalan dan, dengan memungkinkan pencetakan melakukan saluran langsung pada permukaan silikon, memungkinkan penemuan sirkuit terpadu monolitik oleh  Robert Noyce.

    Computers
    IBM 7000 seri mainframe adalah komputer transistor pertama perusahaan. Di bagian atas baris komputer - yang semuanya muncul secara signifikan lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada mesin tabung vakum 7030, juga dikenal sebagai "Peregangan." Sembilan dari komputer, yang menampilkan kata 64-bit dan inovasi lainnya, dijual ke laboratorium nasional dan pengguna ilmiah lainnya. LR Johnson pertama kali menggunakan istilah "arsitektur" dalam menggambarkan peregangan tersebut.

    Robots & Artificial Intelligence
    MIT Servomechanisms Laboratory mendemonstrasikan manufaktur dengan bantuan komputer. Sekolah  Automatically Programmed Tools menciptakan bahasa, APT, digunakan untuk menginstruksikan operasi mesin penggilingan. Pada demonstrasi itu, mesin yang dihasilkan asbak untuk setiap peserta.

    Software & Languages
    ERMA, the Electronic Recording Method of Accounting, adalah alat pemeriksa digital yang digunakan pada Bank Amerika dengan menciptakan font komputer yang terbaca. Sebuah scanner khusus pembaca nomor rekening yang menampilkan preview dengan tinta magnetik sebelum dicetak.



    1960
    Computers
    Mini komputer precursor , DEC PDP-1 terjual seharga $ 120.000. Salah satu dari 50 yang dibangun, rata-rata PDP-1 disertakan dengan tampilan grafis tabung sinar katoda, tidak dibutuhkan adanya AC (air conditioning) dan hanya perlu satu orang operator. Ini merupakan lingkup besar mengenai adanya hacker awal di MIT, yang menulis video game pertama kali, SpaceWar!. Pencipta SpaceWar! kemudian digunakan sebagai permainan demonstrasi standar pada 50 komputer PDP-1 tersebut.

    Networking
    AT & T merancang Dataphone, modem komersial pertama, khusus untuk mengkonversi data komputer digital ke sinyal analog untuk transmisi jaringan jarak jauh. Bell Laboratories menyertakan produsen luar 'menjadikan set data digital sebagai produk komersial. Pengembangan teknik pemerataan dan sistem modulasi bandwidth  meningkatkan efisiensi transmisi dalam sistem nasional dan global.



    Software & Languages
    Sebuah tim yang diambil dari beberapa produsen komputer dan Pentagon mengembangkan COBOL (Common Business Oriented Language). Yang dirancang untuk penggunaan bisnis, upaya awal pembuatan COBOL adalah bertujuan untuk memudahkan pembacaan program komputer dan sebanyak mungkin membebaskan kebutuhan akan mesin pada komputer. Desainer berharap program COBOL dapat dijalankan pada komputer berkompilator mananpun hanya dengan sedikit modifikasi.
    Ketidak sabaran Howard Bromberg, seorang anggota komite yang cukup berpengaruh dalam proyek pengembangan COBOL, menghawatirkan, bahwa program bahasa tersebut tidak memiliki masa depan. Namun, COBOL telah bertahan sampai hari ini.  



    Software & Languages
    LISP memulai debutnya sebagai bahasa komputer pertama yang dirancang untuk menulis program kecerdasan buatan. Dibuat oleh John McCarthy, LISP menawarkan fleksibilitas bagi programmer dalam meng-organisasi.

    Software & Languages
    Quicksort dikembangkan. Bekerja untuk perusahaan komputer British Elliott Brothers, C.A.R. Hoare mengembangkan Quicksort, algoritma yang akan menjadi metode pengurutan yang paling banyak digunakan di dunia. Quicksort menggunakan serangkaian elemen yang disebut "pivots" yang memungkinkan untuk penyusunan cepat. C.A.R. Hoare mendapatkan gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2000.



    1961
    Components
    Fairchild Camera dan Instrument Corp. menemukan logika resistor-transistor produk (RTL), set/reset flip-flop dan sirkuit terpadu pertama yang tersedia sebagai chip monolitik.

    Computers
    Menurut majalah Datamation, IBM memiliki pangsa 81,2 persen dari pasar komputer pada tahun 1961, tahun di mana ia memperkenalkan 1400 Series. 1401 mainframe, adalah seri yang pertama, menggantikan tabung vakum dengan ukuran yang lebih kecil, transistor lebih dapat diandalkan dan menggunakan memori inti magnetik. 
    Untuk memenuhi lebih dari 12.000 permintaan akan komputer seri 1.401, dengan keberhasilan mesinnya menjadi kasus yang paling kuat untuk memenuhi kebutuhan penggunaan akan komputer sebagai keperluan umum dibandingkan kebutuhan akan sistem khusus.

    Robots & Artificial Intelligence
    UNIMATE, adalah robot industri pertama, mulai dikerjakan di General Motors. UNIMATE mematuhi langkah-langkah perintah yang tersimpan pada drum magnetik,  dengan 4.000 pon rangakaian lengan dan tumpukan potongan panas logam die-cast. Merupakan gagasan dari Joe Engelberger dan George Devol, UNIMATE awalnya untuk pembuatan otomatis tabung gambar TV.

    Storage
    Unit IBM 1301 Disk Storage diluncurkan. IBM 1301 Disk Drive diumumkan pada 2 Juni 1961 untuk digunakan pada IBM seri 7000 dari komputer mainframe. Kapasitas maksimum adalah 28 juta karakter dan disk diputar pada kecepatan 1.800 RPM. IBM 1301 juga dapat disewa untuk harga $ 2100 per bulan atau dapat dibeli seharga $ 115.500. Drive dari IBM 1301 memiliki satu lengan pembaca/penulis untuk setiap disk serta flying heads, dimana teknologi tersebut masih digunakan dalam disk drive hingga hari ini.



    1962
    Components
    Fairchild Camera  dan Instrument Corp mem-produksi  NPN transistor pertama yang diterima secara luas. NPN transistor melayani industri untuk logika diskrit.

    Computers
    LINC (Laboratorium Instrumentasi Computer) menawarkan pengolahan data laboratorium pertama yang bersifat real time. Dirancang oleh Wesley Clark di Lincoln Laboratories, yang kemudian dikomersialisasikan oleh Digital Equipment Corp sebagai LINC-8. Fakultas penelitian datang ke lokakarya di MIT untuk membangun mesin mereka sendiri, yang sebagian besar mereka gunakan dalam penelitian biomedis. dengan dukungan DEC sebagai penyedia komponen.

    Software & Languages
    Diterbitkan pada tahun 1962, buku  A Programming Language (APL) karya Kenneth Iverson merinci bentuk notasi matematika yang telah dikembangkan pada akhir 1950-an, sementara ia menjabat sebagai asisten profesor di Unversitas Harvard, IBM mempekerjakan Iverson dan di sanalah APL dikembangkan menjadi bahasa pemrograman yang praktis. APL secara luas digunakan dalam penelitian ilmiah, aplikasi keuangan, dan terutama untuk aplikasi aktuaria. Fungsi yang kuat dan operator pada APL disajikan dengan karakter khusus, sehingga program yang dihasilkan menjadi sangat ringkas.

    Software & Languages
    Mahasiswa MIT Slug Russell, Shag Graetz, dan Alan Kotok menulis SpaceWar!, Dianggap sebagai permainan interaktif pertama untuk komputer. Dimainkan pertama kali di MIT pada DEC PDP-1, layar besar dengan lingkup fitur interaktif, grafis shoot'em-up yang menginspirasi video game di masa depan. Pemainan duel menembak pesawat ruang angkasa dengan menggunakan versi awal dari joystick untuk memanipulasi diri dari gaya gravitasi pusat matahari serta dari kapal musuh.



    Storage
    Virtual memory muncul dari sebuah tim di bawah arahan Tom Kilburn dari Universitas Manchester pada komputer Atlas nya (1962). Virtual memory memungkinkan komputer menggunakan kapasitas penyimpanan untuk beralih dengan cepat diantara beberapa program atau pengguna dan merupakan persyaratan utama untuk dalam pembagian waktu.



    Storage
    IBM 1311 Storage Disk Drive dilucncurkan. Diumumkan pada tanggal 11 Oktober 1962, IBM 1311 adalah yang disk drive pertama IBM yang dibuat dengan paket removable disk. Setiap paket dihargai sekitar £ 10, menggunakan enam disk, dan memiliki kapasitas 2 juta karakter. Disk memiliki kecepatan putar pada 1.500 RPM dan dapat diakses oleh aktuator hidrolik dengan satu head per disk. [storage] IBM 1311 menawarkan beberapa keuntungan dari kedua kaset dan disk.


    Sumber : computerhistory.org

    16 Juli 2014