• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Harvard Mark


    Harvard Mark I
    Awalnya Harvard Mark I bernama IBM  Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC), yang oleh para staff di Universitas Harvard disebut Mark I dan kemudian lebih dikenal dengan nama Harvard Mark I.

    Harvard Mark I diciptakan oleh profesor Howard Hathaway Aiken , terinspirasi oleh mekanisme mesin Analytical Engine karya Charles Babbage, Mark I merupakan komputer mekanis untuk menghasilkan tabel matematika yang lebih disempurnakan.

    Konsep dasar IBM ASCC atau Mark I ini digagas dan disampaikan oleh Aiken pada IBM di tahun 1937. Setelah melalui studi dan uji kelayakan oleh para insinyur IBM, Thomas John Watson  sebagai ketua dan CEO dari IBM menyetujui proyek pembangunan dan pendanaan untuk mesin ASCC tersebut pada bulan februari 1939. Mesin ASCC ini dikembangkan dan dibangun oleh IBM di pabrik Endicott mereka dan dikirim ke Univeristas Harvard pada bulan Februari 1944.

    Tujuan umum dari pembuatan Harvard Mark I sendiri adalah sebagai alat perhitungan elektro mekanis untuk mendukung persenjataan pada babak akhir Perang Dunia II yang telah berlangsung sejak tahun 1939 dan berakhir pada tahun1945. Dalam hal ini, Harvard Mark I pernah digunakan sebagai mesin perhitungan dan navigasi untuk Angakatan Laut Amerika Serikat ( U.S. Navy Bureau of Ships) sejak tahun 1944.  Dan pada tahun yang sama tepatnya pada tanggal 29 maret 1944, John von Neumann seorang ilmuwan dan matematikawan Hongaria-Amerika yang bekerja pada proyek Manhattan pada waktu itu, menjalankan program Mark I sebagai alat hitung untuk  menentukan efek dan kekuatan daya ledak bom atom.

    IBM ASCC atau lebih dikenal dengan Harvard Mark I memiliki ukuran yang sangat besar ("lebih besar dari lemari pakain 3 pintu")  dengan ribuan komponen mesin di dalamnya. Mark I menggunakan 24 tombol sebagai entry data manual, dapat melakukan sistem penambahan dan pengurangan dalam waktu satu detik, perkalian sekitar enam detik,  pembagian 15.3 detik, perhitungan logaritma dan trigonometri lebih dari satu menit.

    Klaim karya cipta Mark I meninggalkan jejak perselisihan antara Howard Hateway Aiken sebagai penggagas dan Thomas John Watson yang mewakili IBM dan para ilmuwan-nya sebagai pihak yang mendanai dan mengembangkan proyek Mark I.

    Setelah 15 tahun mengabdi, komputer Harvard Mark I secara resmi pensiun pada tahun 1959, menyusul kehadiran suksesornya yakni Harvard Mark II yang telah dikembangkan oleh Aiken sejak 1947 dan didanai langsung oleh Angakatan Laut Amerika (tidak lagi oleh IBM).

    Harvard Mark II
    Harvard Mark II adalah komputer elektromekanis yang dibangun di Unversitas Harvard di bawah arahan Howard Aiken dan selesai pada 1947 itu dibiayai oleh Angkatan Laut Amerika Serikat.

    Mark II dibangun dengan relay elektromagnetik kecepatan tinggi bukan counter elektro-mekanis yang digunakan dalam Mark I, sehingga jauh lebih cepat dari pendahulunya. Waktu tambahan nya adalah 0.125 detik (8 Hz) dan waktu perkalian adalah 0.750 detik. Ini adalah faktor 2,6 lebih cepat untuk penambahan dan faktor 8 lebih cepat untuk perkalian dibandingkan dengan Mark I. Itu adalah mesin kedua (setelah Kalkulator Bell Labs Relay ) yang memiliki hardware floating-point. Sebuah fitur unik dari Mark II adalah bahwa hal itu telah telah dibangun di dalam hardwarenya untuk beberapa fungsi seperti timbal balik, akar kuadrat, logaritma, eksponensial, dan beberapa fungsi trigonometri. Ini mengambil antara lima dan dua belas detik untuk mengeksekusi.

    Harvard Mark II bukan merupakan komputer dengan program penyimpanan, melainkan komputer pembaca instruksi dari satu program pada waktu dari tape dan dieksekusi (seperti halnya  Mark I). Pemisahan data dan instruksi dikenal sebagai arsitektur Harvard. Mark II memiliki metode pemrograman aneh yang dirancang untuk menjamin bahwa isi dari register yang tersedia bila diperlukan. Rekaman yang berisi program bisa mengkodekan hanya delapan instruksi, jadi apa tertentu kode instruksi berarti tergantung pada saat dieksekusi. Setiap detik dibagi menjadi beberapa periode, dan instruksi kode bisa berarti hal yang berbeda dalam periode yang berbeda. Tambahan dapat dimulai pada salah satu dari delapan periode kedua, perkalian dapat dimulai pada salah satu dari empat periode kedua, dan transfer data bisa dimulai pada salah satu dari dua belas periode kedua. Meskipun sistem ini bekerja, itu membuat pemrograman rumit, dan mengurangi efisiensi mesin

    Harvard Mark III
    Mark III
    Photo milik www.computermuseum.li
    Harvard Mark III, juga dikenal sebagai ADEC (Aiken Dahlgren Electronic Calculator) tergolong generasi komputer pertama dengan bagian elektronik dan elektromekanis. Seperti hal-nya Mark II, Harvard Mark III dibangun di Universitas Harvard di bawah pengawasan Howard Aiken untuk angkatan Angkatan Laut Amerika Serikat.

    Mark III terdiri dari 16 bit. dengan 5.000 tabung vakum dan 1.500 dioda kristal. Menggunakan  memori magnetik drum dengan muatan 4,350 kata. Waktu tambahan nya adalah 4.400 mikrodetik dan waktu perkalian adalah 13.200 mikrodetik (termasuk waktu akses memori). Aiken mengklaim bahwa Mark III adalah komputer elektronik tercepat di dunia.

    Mark III digunakan sembilan drum magnetik (salah satu komputer pertama yang dapat melakukannya). Satu drum yang bisa mengandung 4.000 petunjuk dan memiliki waktu akses hingga 4.400 mikrodetik; dengan demikian menjadikan Harvard Mark III sebagai komputer dengan program penyimpanan. Dengan unit aritmatika yang bisa mengakses dua drum ; satu drum mengandung 150 kata konstanta dan yang lainnya mengandung 200 kata variabel. Kedua drum ini juga memiliki waktu akses 4.400 mikrodetik. Pemisahan data dan instruksi dikenal sebagai arsitektur Harvard. Ada enam drum lain yang memegang total 4.000 kata data, tetapi unit aritmatika tidak bisa mengakses drum ini secara langsung. Data harus ditransfer antara drum tersebut dan drum unit aritmatika dapat mengakses melalui register dilaksanakan oleh relay elektromekanik. Ini adalah hambatan dalam komputer dan membuat waktu akses ke data pada drum ini panjang - 80.000 mikrodetik. Ini sebagian diimbangi oleh fakta bahwa dua puluh kata bisa ditransfer pada setiap akses.

    Mark III selesai pada September 1949 dan dikirim ke US Naval Proving Ground di pangkalan Angkatan Laut AS di Dahlgren, Virginia Maret 1950.

    Harvard Mark IV
    Harvard Mark IV adalah komputer elektronik dengan program penyimpan yang dibangun oleh Unversitas Harvard di bawah pengawasan Howard Aiken untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Komputer ini selesai dibangun pada 1952, digunakan secara ekstensif oleh Angkatan Udara AS.

    Seluruh komponen Mark IV telah berbasis elektronik. Mark IV menggunakan drum magnetik dan memiliki 200 register ferit memori inti magnetik (salah satu komputer pertama yang dapat melakukannya). Ini memisahkan penyimpanan data dan instruksi yang lebih dikenal sebagai arsitektur Harvard.

    Sumber: wikipedia




    18 Juni 2014