• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Charles Babbage


    Charles Babbage
    Charles Babbage
    Nama: Charles Babbage
    Lahir: 26 December, 1791 London, Inggris
    Wafat: October 18, 1871 (Pada Usia: 79)
    Beliau adalah seorang tokoh polymath (orang yang mempelajari banyak paham ilmu) berkebangsaan Inggris, ahli Matematika, ekonomi politik, insinyur mesin, filsuf, ilmuwan dan seroang sastrawan. Tidak berhenti sampai disitu, putera dari pasangan Benjamin Babbage dan Elizabeth Teape ini juga perintis sinyal mercusuar, penemu oftalmoskop, pencetus ide lokomotif dan perekam "kotak hitam" untuk keretea api,  altimeter, detektor seismik, pembuat game arcade pertama dan banyak karya lainnya. Dari sekian banyak penemuan dan karya ciptaannya yang paling dikenal adalah dengan merancanng dua mesin komputer mekanik pertama di dunia yang menggunakan bilangan desimal (0-9) dalam pengoperasiannya dan dinamai dengan Difference Engine 1821-1832 dan The Analytical Engine 1834-1871. Untuk itu professor matematika  Lucasian di Cambridge ini danggap juga sebagai "Bapaknya Komputer".

    Difference Engine No.1 1832 
    Mesin komputer Difference Engine dirancanag untuk dapat membuat tabulasi polinomial, "polinomial merupakan pernyataan matematika yang melibatkan jumlahan perkalian pangkat dalam satu atau lebih variabel dengan koefisien". Mencegah terjadinya kesalahan perhitungan fungsi logaritma dan trigonometri, kedua fungsi yang menggunakan metode polinomial untuk memperoleh hasil yang akurat.
    Fakta bahwa membuat tabel polinomial dengan cara tradisional (dengan tangan) tidak pernah mudah bahkan bagi para ilmuwan sekalipun, dengan waktu pembuatan tabel yang lebih lama dan sering terjadinya kesalahan perhitungan yang tentu dapat merugikan dan dapat menjadi situasi yang mematikan jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, jika sebuah tabel memiliki cacat perhitungan dan diterapkan pada sistem navigasi kapal atau kereta, itu tentu dapat berakibat fatal dan membahayakan. Atas dasar tersebut Charles Babbage termotivasi untuk menciptakan mesin hitung pintar yang dapat membuat table polinomial dengan akurat dan menyimpan data perhitungannya di dalam mesin itu sendiri. 
    Difference_engine
    Difference Engine No.2 1847-1849  
    http://en.wikipedia.org/wiki/Analytical_Engine
    Trial model Analytical Engine 1834-1840
    Konsep pembuatan Difference Engine telah dibuat oleh Babbage sejak tahun 1821, dan pada tanggal 14 Juni 1822  Babbage mengajukan proposal pada  Royal Astronomical Society (sebuah lembaga komunitas ilmuwan di inggris) untuk mendapat dukungan dana pemerintah dalam pembangunan mesin tersebut. Tahun 1823 pemerintah Inggris memberikan Babbage £ 1700 untuk memulai proyek pembuatan  Difference Engine No.1. Pada pelaksanaannya project tersebut telah menghabiskan lebih dari £ 17.000 dana pemerintah sampai tahun 1832. sebagai gambaran Difference Engine No.1 memiliki tinggi mencapai 8 meter dengan bobot hingga 15 ton. Mahalnya biaya produksi menyebabkan Difference Engine No.1 tidak benar-benar selesai karena pemerintah menghentikan dukungan pada proyek tersebut.


    Punch Cards 
    Terhentinya dukungan pemerintah Inggris tidak menyurutkan langkahnya, Babbage telah merancang mesin Analytical Engine sebagai penerus Difference Engine No1, yang dalam pengoperasian menggunakan Punch Cards (kartu tekan) sebuah metode pemrograman yang mengadopsi cara kerja alat tenun mekanis karya Joseph Marie Jacquard yang ditemukan pada tahun 1800-an. 
    Disamping itu untuk penyempurnaan program pada mesin Analytical Engine karyanya, Babbage juga berkolaborasi dengan matematikawan perempuan bernama Augusta Ada Byron  atau lebih dikenal dengan Ada Lovelace (tercatat sebagai programmer komputer pertama di dunia). Ada Lovelace adalah orang yang menerjemahkan deskripsi mesin Analytical Engine yang dibuat oleh matematikawan Italia Luigi Menabrea untuk Charles Babbage.
    Analytical Engine juga menjadi pertimbangan Babbage untuk membuat Difference Engine No 2 sebagai penyempurna yang menggabungkan kemampuan dan cara yang berbeda dari dua mesin sebelumnya. Maka tidak heran jika kita mendapati kemiripan desain antara Difference Engine No 2 dengan Analytical Engine. 
    Terinspirasi oleh rancangan mesin Difference Engine No.1 milik Charles Babbage, Per Georg Scheutz sorang pengacara Swedia membangun versi lain dari Difference Engine pada tahun 1837 dan selesai pada tahun 1843. Mesin Difference Engine Scheutz ini ditampilkan di World Fair di Paris  pada tahun 1855 dan kemudian di jual pada pemerintah Inggris pada tahun 1859. Scheutz juga tercatat menjual alat sejenis tahun 1860 pada pemerintah Amerika Serikat.
    Difference Engine karya Scheutz ini kemudian disempurnakan hingga mampu mencetak tabel logarithma lengkap oleh Martin Wiberg pada tahun 1875.


    disunting oleh : Khaerudin Noer 
    Sumber Artikel & Gambar: wikipedia & history-computer.com

    2 Juni 2014