-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Typewriter 1801 | Antara Kontroversi dan Fakta Sejarah

Minimnya bukti sejarah mengenai Henry Mill sebagai penerima paten dari Ratu Anne inggris, untuk penemuan mesin tik pertama terkesan kurang meyakinkan. Banyak sumber rujukan terkesan ragu untuk memaparkan mengenai figur sang Insinyur Pengairan yang bekerja untuk New River Company ini. Kurangnya deskripsi mengenai biografi maupun bentuk mesin tik temuannya menjadikan Tokoh Henry Mill kurang begitu populer dikalangan penemu, (Admin sendiri mencoba menelusuri dan menganalisa sekitar 20 website terkait nama dan sejarah Henry Mill). Sumber dari wikipedia  menyebutkan sedikitnya sebanyak dua kali Henry Mill mengajukan paten; Tahun 1706 Mill memperoleh paten No. 376 untuk improvisasi carriage springs (gerbong mata air), dan yang lainnya adalah paten dengan No. 395, untuk peralatan "yang dapat menyalin huruf secara tunggal, satu persatu, rapi dan tepat " (diduga sebagai mesin tik). Disbeutkan bahwa, paten tersebut tidak mengandung deskripsi aparatur, tetapi telah diklasifikasi/dianggap sebagai proposal pertama untuk mesin tik.

Meskipun sebagian besar detail mesin Mill mungkin tidak pernah diketahui dan tidak pernah menjadi populer pada masanya, tetapi paten No. 395 Mill untuk "mesin tik (alat penyalin hurufnya" secara tidak langsung menjadi bagian sejarah, dimana pada tahun 1800'an banyak bermunculan penemu dan perusahaan pembuat mesin ketik. Ini seperti tanda dimulainya era mesin tik sebagai tren dokumentasi, informasi dan komunikasi. Khususnya di negara-negara eropa dan amerika.

Diperkirakan anatara tahun 1801, 1806, 1808, Pellegrino Turri dari Italia menciptakan mesin pengetikan mekanis pertama, untuk teman perempuannya yang buta,Countess Carolina Fantoni da Fivizzano. Sebagian menganggap Carolina adalah lebih dari sekedar teman, melainkan perempuan yang dicintainya. Dengan mesin ketik karya Turri, Carolina yang buta dapat mengetikan surat untuk siapapun, termasuk untuk Turri. Dapat dikatakan mesin tik Turri, telah mematahkan keterbatasan orang buta untuk penulisan, atau pembuatan surat. Pellegrino Turri juga dianggap sebagai penemu tinta karbon pertama, yang ia gunakan untuk mesin ketik mekaniknya. 

Penemu mesin tik selanjutnya adalah, Giuseppe Ravizza, lahir di Novara, Italia pada tahun 1811 (meninggal tahun 1885), dan menghabiskan hampir 40 tahun hidupnya secara obsesif bergulat dengan penelitian dan kerumitan untuk memastikan mesin tulis ciptaanya dapat digunakan dengan baik. Dia menyebut mesin tik nya dengan istilah "Cembalo scrivano o macchina da scrivere a tasti" (piano pencatat atau mesin pencatat). Dinamai demikian karena bentuk tombol/tuts mesin tiknya lebih menyerupai piano. Kisah 16 model yang ia hasilkan antara tahun 1847 dan awal tahun 1880-an dijelaskan dalam "The Writing Machine" dan diilustrasikan dari paten Ravizza 1855, yang memiliki kemiripan dengan desain upstroke Sholes and Glidden.

Pada tanggal 23 Juni 1868, paten diberikan kepada Christopher Latham Sholes, Carlos Glidden, dan Samuel W. Soule untuk "Type-Writer/Mesin Tik" yang akhirnya dikembangkan menjadi mesin tik Sholes and Glidden, perangkat pertama yang memungkinkan operator mengetik secara substansial lebih cepat, dibanding seseorang bisa menulis dengan tangan. Paten (79.265 AS) kemudian dijual seharga $12.000 kepada Densmore dan Yost, yang membuat perjanjian dengan E. Remington and Sons (Manufaktur pembuat senjata api, yang saat itu terkenal juga sebagai produsen mesin jahit), untuk mengkomersilkan apa yang dikenal sebagai Mesin tik Sholes and Glidden. Remington memulai produksi mesin tik pertama mereka pada 1 Maret 1873 di Ilion, New York. Beberapa tahun kemudian perusahaan Remington menjual sahamnya dan hak untuk menggunakan nama Remington untuk mesin tik. mesin tik Remington merupakan versi lanjutan dari mesin tik  Sholes & Glidden. Pada tahun 1878 Remington No.2 diperkenalkan pada publik dengan menyertakan tata letak QWERTY  dan menjadi mesin tik pertama yang sukses secara komersial. Tata letak tombol QWERTY ini ditemukan oleh Christopher Latham Sholes pendiri perusahaan Sholes & Glidden.

Tahun-tahun selanjutnya penggunaan mesin tik mekanis sangat populer untuk memenuhi berbagai kebutuhan pencetakan dokumentasi, informasi dan untuk surat-surat berharga. Banyak manufaktur terlibat dan meproduksi mesin tik dalam berbagai model dan merk secara massif. Dalam hal ini anda dapat menelusuri dan menemukan berabagai informasi mengenai perusahaan tik dan produk-produk mesin tiknya. Anda dapat mengunjungi website typewriter.slk.fi : Typewirter Museum, Finlandia,