• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Computer History Timeline (1975 - 1986)



    1975
    Companies
    Xerox menutup divisi komputernya. Setelah pembuat komputer menemukan Scientific Data Systems (SDS) pada tahun 1969, Xerox mendesain ulang versi SDS yang kemudian lebih dengan Sigma computers. Xerox berjuang keras melawan pesaingnya seperti IBM, dan akhirnya pada tahun 1975 Xerox menutup divisinya. Sebagian besar hak atas mesin tersebut akhirnya dijual kepada Honeywell.

    Computers
    Popular Electronics edisi Januari menampilkan Altair 8800 computer kit, berbasis Intel's 8080, pada sampulnya. Dalam beberapa minggu debutnya, pelanggan membanjiri perusahaan manufaktur, MITS, dengan perintah. Bill Gates dan Paul Allen melisensi BASIC sebagai software bahasa Altair. Ed Roberts adalah penemu 8800 - yang dijual seharga $ 297, atau $ 395 dengan kemasan kotak dan menamainya dengan istilah  "Komputer pribadi."  Mesin hadir dengan 256 byte memori (dapat diupgrade hingga 64K) dengan 100-line  struktur bus terbuka yang berkembang menjadi standar S-100. Pada tahun 1977, MITS dijual kepada Pertec, yang terus memproduksi komputer Altairs hingga tahun 1978.

    Computers
    Prototipe visual display module (VDM), yang dirancang pada tahun 1975 oleh Lee Felsenstein, menandai implementasi pertama dari tampilan yang memetakan memori video alfanumerik untuk komputer pribadi. Diperkenalkan di Konvensi Altair di Albuquerque pada Maret 1976, modul tampilan visual memungkinkan penggunaan komputer pribadi untuk permainan interaktif.



    1976
    Components
    Intel dan Zilog memperkenalkan mikroprosesor baru. Lima kali lebih cepat dari pendahulunya, 8008, Intel 8080 bisa menangani empat kali lebih banyak byte untuk total 64 kilobyte. Zilog Z-80 bisa menjalankan program apapun yang ditulis untuk 8080 dan memasukan dua kali lebih banyak instruksi mesin built-in .

    Computers
    Steve Wozniak, seorang ahli elektronik muda  asal Amerika, merancang-Apple 1, komputer single-board untuk penggemar elektronik. Dengan perintah untuk merakit 50 sistem untuk  toko komputer The Byte Shop, dari Mountain View, California, ia dan sahabatnya Steve Jobs memulai sebuah perusahaan baru, yang kita kenal dengan nama Apple Computer, Inc. Secara keseluruhan, sekitar 200 board yang dijual sebelum Apple mengumumkan peluncuran Apple II setahun kemudian sebagai komputer siap guna bagi konsumen, yang kemudian menjadi model yang terjual jutaan 

    Computers
    Cray I mencatatkan namanya sebagai prosesor vektor pertama yang sukses secara komersial. Mesin tercepat pada saat itu, sebagian kecepatan yang datang dari bentuknya, a C, dimana dapat mengurangi panjang kabel dan hal itu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk sinyal melakukan proses antar komponen.
    Project started : 1972
    Project completed : 1976
    Speed : 166 million floating-point operations per second
    Size : 58 cubic feet
    Weight : 5,300 lbs.
    Technology : Integrated circuit
    Clock rate : 83 million cycles per second
    Word length : 64-bit words
    Instruction set : 128 instructions

    Networking
    Ratu Inggris mengirimkan e-mail pertamanya. Elizabeth II, Ratu Inggris, mengirimkan sebuah e-mail pada 26 Maret dari Royal Signals and Radar Establishment (RSRE) di Malvern sebagai bagian dari demonstrasi teknologi jaringan.

    Robots & Artificial Intelligence
    Shigeo Hirose´s Soft Gripper robot obyek genggam yang dapat disesuaikan bentuknya, seperti gelas anggur penuh dengan bunga. Desain Hirose dibuat di Tokyo Institute of Technology, dikembangkan dari studi struktur alam yang fleksibel, seperti belalai gajah, saraf ulang belakang ular, dan lainnya.

    Software & Languages
    Gary Kildall mengembangkan CP/M, sebuah sistem operasi untuk komputer pribadi. Diadopsi secara luas, CP/M memungkinkan untuk satu versi dari sebuah program untuk berjalan di berbagai komputer yang dibangun dengan mikroprosesordelapan-bit.



    1977
    Computers
    Commodore PET (Personal Electronic Transactor) salah satu personal computers yang dirilis pada tahun 1977, yang dirakit secara lengkap dan mudah untuk dioperasikan, dengan 4 sampai 8 kilobyte memori, dua cassette drives di dalamnya, Keybroad membran "chiclet."

    Computers
    Apple II sukses dengan cepat setelah dirilis pada tahun 1977 dengan sirkuit motherboard yang dicetak, switching power supply, keyboard, perakitan casing, manual, permainan paddles, A/C powercord, dan kaset dengan permainan komputer "Breakout." yang dapat dihubungkan dengan televisi berwarna, Apple II diproduksi dengan grafis warna yang cemerlang.

    Computers
    Pada bulan pertama setelah rilis, Tandy Radio Shack's 80 (TRS-80) menjadi komputer desktop pertama yang berhasil menjual lebih dari 10.000 unit, dengan memproyeksikan  3.000 unit penjualan pertahun. Dengan Harga $ 599,95, mesin termasuk mikroprosesor berbasis Z80, tampilan video, 4 kilobyte memori, BASIC, penyimpanan kaset, dan panduan yang mudah dipahami bahkan bagi konsumen yang tidak memiliki pengetahuan sebelumnya.

    Graphics & Games
    Atari meluncurkan konsol game  Atari Video Computer System (VCS) kemudian berganti nama menjadi Atari 2600 VCS adalah sistem video game pertama yang sukses secara luas, menjual lebih dari 20 juta unit sepanjang tahun 1980. VCS menggunakan mikroprosesor 8-bit MOS 6507 dan dirancang untuk dapat dihubungkan ke televisi rumah. Konsol game  8-bit Atari ini terakhir dibuat pada tahun 1990, lebih dari 900 judul video game telah diterbitkan bersama peluncuran konsol game tersebut.

    Software & Languages
    Pemerintah AS mengadopsi enkripsi data standar IBM's , kunci untuk membuka pesan kode, untuk melindungi kerahasiaan dalam lembaga-lembaganya. Tersedia untuk masyarakat umum juga, standar yang diperlukan delapan nomor kunci untuk mengacak dan menguraikan data. Dengan 70 kuadriliun kemungkinan memecahkan kombinasi kode akan  menjadi mimpi buruk yang sama sulit dari tidakan try and error.



    1978
    Computers
    VAX 11/780 dari Digital Equipment Corp menampilkan kemampuan untuk mengatasi hingga 4,3 gigabyte memori virtual, menyediakan ratusan kali kapasitas untuk minicomputer.

    Robots & Artificial Intelligence
    Texas Instruments Inc memperkenalkan Speak & Spell (Baca & Eja), alat bantu belajar berbicara untuk anak usia 7 tahun ke atas. Debutnya menandai duplikasi elektronik pertama dari saluran vokal manusia pada satu chip silikon. Speak & Spell menggunakan coding jalur predictive untuk merumuskan model matematika dari saluran vokal manusia dan memprediksi sampel pidato berdasarkan masukan sebelumnya. Itu mengubah informasi digital yang diproses melalui filter ke dalam pidato sintetis dan dapat menyimpan lebih dari 100 detik dari suara linguistik. Ditampilkan di sini adalah empat orang yang memulai program Speak & Spell: Dari kiri ke kanan, Gene Frantz, Richard Wiggins, Paul Breedlove, dan George Brantingham.

    Storage
    X"flexible disk drive  5 1/4 dan disket diperkenalkan oleh Shugart Associates pada tahun 1976 ini merupakan hasil dari permintaan Wang Laboratories untuk menghasilkan disk drive cukup kecil untuk digunakan dengan komputer desktop, sejak " floppy drive 8 dianggap terlalu besar untuk tujuan itu. Pada tahun 1978, lebih dari 10 produsen yang memproduksi  "floppy drive. 5 1/4



    1979
    Components
    Mikroprosesor Motorola 68000 dipamerkan dengan kecepatan pemrosesan jauh lebih besar daripada mikroprosesor lain dizamannya. Kinerja prosesor yang tinggi ini menemukan tempatnya di stasiun kerja yang kuat ditujukan untuk program  intensif-grafis umum di bidang teknik.

    Components
    Profesor California Institute of Technology, Carver Mead dan Ilmuwan komputer Xerox Corp. Lynn Conway menulis manual desain chip, "Pengantar VLSI Systems." Demystifying the planning of very large scale integrated (VLSI) system, text diperluas dengan ranking insinyur yang mampu menciptakan chip tersebut. Para penulis mengamati bahwa arsitek komputer jarang berpartisipasi dalam standarisasi spesifikasi sirkuit terpadu di tempat mereka bekerja. Maksud dari para penulis "Pengantar VLSI Sistem" adalah untuk mengisi kesenjangan dalam literatur dan memperkenalkan semua insinyur elektronik dan mahasiswa ilmu komputer dalam arsitektur sistem yang terintegrasi.

    Computers
    Atari memperkenalkan komputer Model  400 dan 800 . Tak lama setelah pengiriman konsol game Atari VCS, Atari merancang dua mikrokomputer dengan kemampuan permainan: Model 400 dan Model 800 merupakan dua mesin yang dibangun dengan gagasan bahwa model 400 akan melayani terutama sebagai konsol permainan sementara model 800 akan menjadi lebih dari sekedar komputer rumah. Keduanya dijual dengan baik, meskipun mereka memiliki masalah teknis dan pemasaran, dan menghadapi persaingan kuat dari Apple II, Commodore PET, dan komputer TRS-80.

    Networking
    John Shoch dan Jon Hupp di Xerox Palo Alto Research Center menemukan komputer "worm," sebuah program pendek yang mencari jaringan untuk prosesor idle. Awalnya dirancang untuk memberikan efisiensi manfaat  penggunaan komputer dan untuk pengujian, worm (cacing) memiliki efek yang tidak diinginkan dari menyerang komputer jaringan, menciptakan ancaman keamanan.

    Shoch mengambil istilah "worm" dari buku "The Shockwave Rider," oleh John Brunner, di mana program "cacing pita" berjalan dengan leluasa melalui jaringan komputer. Brunner menulis: "Tidak, Mr Sullivan, kita tidak dapat menghentikannya! Disana tidak pernah membuat cacing yang keras kepala atau ekor yang panjang, cacing itu terbentuk dengan sendirinya, tidakkah anda mengerti?! mereka telah melewati miliaran bit dan terus tumbuh, tepatnya seperti phage (jenis bakteria) yang dapat membalikan apapun yang diambilnya, itu akan menambah jumlah mereka sendiri dan bukan menghapusnya, 
    Ya, Pak! Saya cukup meyakini bahwa jenis cacing seperti itu secara teoritis tidak mungkin ada! Tapi pada kenyataannya, mereka ada dan melakukan semua itu, dan sekarang mereka menjadi sangat komprehensif (menyebar/meliputi banyak hal) sehingga tidak mungkin dapat membunuhnya. Tidak lama lagi mereka akan dapat menghancurkan jaringan!" (247, Ballantine Books, 1975).


    Networking
    USENET didirikan. USENET diciptakan sebagai sarana untuk menyediakan mail dan transfer file menggunakan standar komunikasi yang dikenal sebagai UUCP. Ini dikembangkan sebagai proyek bersama oleh Duke Universitas dan Universitas North Carolina di Chapel Hill oleh mahasiswa pascasarjana Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin. USENET memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan dan file yang bisa diakses dan diarsipkan. Ini kemudian akan menjadi salah satu bidang utama untuk interaksi skala besar bagi kelompok-kelompok yang saling tertarik sejak tahun 1990-an

    Networking
    Multi-User Domain pertama, MUD1, memulai on-line. Richard Bartle dan Roy Trubshaw, dua mahasiswa di Universitas Essex, menulis sebuah program yang memungkinkan banyak orang untuk bermain saling berlawanan secara on-line. MUD menjadi populer dikalangan mahasiswa sebagai sarana game petualangan dan untuk bersosialisasi. Pada 1984, ada lebih dari 100 MUD aktif dan beragam variannya di seluruh dunia.

    Robots & Artificial Intelligence
    Dalam perkembangannya sejak tahun 1967, sampai pada tahun 1979 Stanford Cart berhasil menyeberangi ruang yang penuh dengan kursi tanpa campur tangan manusia. Hans Moravec membangun kembali Stanford Cart pada tahun 1977, melengkapi dengan visi stereo. Sebuah kamera televisi, dipasang pada rel di atas gerobak, mengambil gambar dari beberapa sudut yang berbeda dan mengirimkan hasilnya pada komputer. Kemudian komputer akan mengukur jarak antara kereta dan hambatan di jalan.


    Software & Languages
    Kandidaat MBA dari Universitas Harvard, Daniel Bricklin dan programmer Robert Frankston mengembangkan VisiCalc, program yang membuat mesin bisnis komputer pribadi, untuk Apple II. VisiCalc (Visible Calculator) dapat menghitung kembali spreadsheet secara otomatis. Sebuah keberhasilan besar, lebih dari 100.000 salinan terjual dalam satu tahun.



    1980
    Companies
    Broderbund didirikan. Pada tahun 1980, Doug dan Gary Carlston bersaudara membentuk sebuah perusahaan untuk memasarkan game Doug ciptaannya. Pertandingan pertama mereka Galactic Empire, Galactic Trader dan Revolusi Galactic. Mereka terus sukses dengan permainan populer seperti Myst (1993), Riven (1997) dan berbagai macam produk rumah seperti Print Shop, tutor bahasa, dll. Pada tahun 1998, Broderbund diakuisisi oleh perusahaan Learning Company yang pada tahun berikutnya, diakuisisi oleh Mattel, Inc.

    Storage
    Seagate Technology menciptakan hard disk drive pertama untuk mikrokomputer, yang disebut ST506, dengan kapasitas disk sebesar 5 megabyte data, lima kali lebih banyak dari floppy disk standar, dan cocok untuk ruang floppy disk drive. Hard disk drive itu sendiri adalah logam piring kaku yang kedua sisinya dilapisi dengan lapisan tipis bahan magnet yang menyimpan data digital. 

    Seagate Technology tumbuh dari percakapan antara Alan Shugart dan Finis Conner di tahun1979 , yang telah bekerja bersama di Memorex. Kedua pria ini kemudian memutuskan untuk mendirikan perusahaan setelah mengembangkan ide hard disk drive dengan ukuran yang sama seperti  disket 5 1/4 inci standar sebelumnya. Setelah merilis produk pertamanya, Seagate dalam waktu singkat menarik pelanggan-pelanggan yang memiliki nama besar seperti Apple Computer dan IBM. Hanya dalam beberapa tahun, mereka telah menjual sekitar 4 juta unit Harddisk drive.

    Storage
    Hard disk merupakan bagian penting dari revolusi komputer, memungkinkan akses cepat dan acak untuk data dalam jumlah besar. IBM mengumumkan mainframe  hard disk yang paling sukses ( yang oleh IBM disebut "Direct Access Storage Device (DASD)" pada bulan Juni 1980, dimana pemasaran DASD dilaksanakan pada tahun berikutnya. DASD IBM 3380 hadir dengan enam model pada awal peluncurannya (kemudian berkembang menjadi lebih banyak) dengan harga pada saat diperkenalkan berkisar antara $ 81.000 sampai $ 142.200. dengan model dasar berkapasitas 2,5 GB data, dan pada model berikutnya dikembangkan hingga 20GB. IBM 3380 terjual lebih dari 100.000 unit, menghasilkan puluhan miliar dolar dari pendapatan membuat Hardd disk IBM 3380, dan merupakan salah satu produk IBM paling sukses sepanjang masa.



    1981
    Computers
    IBM memperkenalkan PC-nya, memicu pertumbuhan yang cepat untuk pasar Personal Computer (Komputer Pribadi). PC pertama IBM berbasis Intel 8088 mikroprosesor yang berjalan pada kecepatan 4.77 MHz dan menggunakan sistem operasi Microsoft's MS-DOS.

    Computers
    Adam Osborne menyelesaikan komputer portabel pertama, Osborne I, dengan berat 24 pon dan haraga mencapai $ 1.795. Harga tersebut membuat mesin jadi lebih menarik, karena sudah termasuk software yang bernilai sekitar $ 1.500. Mesin ini menampilkan layar 5 inci, 64 kilobyte memori, modem, dan dua floppy disk drive 5 1/4 inci. Pada bulan April 1981, Byte Magazine Pemimpin Redaksi Chris Morgan menyebutkan Osborne I dalam sebuah artikel dengan tema "Tren Masa Depan dalam Komputasi Pribadi." Dia menulis: "Saya baru-baru memiliki kesempatan untuk melihat Osborne I,  saya sangat terkesan dengan kekompakan alat tersebut, alat itu pas jika diletakan dibawah kursi pesawat.

    Computers
    Apollo Computer meluncurkan stasiun kerja (work station) pertamanya, menawarkan DN100, yang diklaim memiliki daya lebih baik dari beberapa minicomputer dengan harga yang lebih murah. Apollo Computer dan Sun Microsystems, pendatang baru di pasar work station, mengoptimalkan mesin mereka untuk dapat dijalankan pada komputer dengan program grafis intensif yang umum digunakan dibidang teknik.

    Software & Languages
    MS-DOS, atau Microsoft Disk Operating System, perangkat lunak dasar untuk PC IBM yang baru dirilis, membentuk kemitraan panjang antara IBM dan Microsoft, yang enam tahun sebelumnya telah didirikan oleh Paul Allen dan Bill Gates.

    Storage
    Sony memperkenalkan dan memasarkan "floppy drive dan disket 3 1/2 pertama 
    pada tahun 1981. Perusahaan pertama yang mengadopsi " floppy 3 1/2 secara signifikan untuk penggunaan umum pada tahun 1982 adalah Hewlett-Packard , memanfaatkan peristiwa penting dan  membangun momentum format telah membantu HP menangkan pesaingan untuk standar microfloppy, termasuk 3 ", 3 1/4", dan "format 3,9.



    1982
    Computers
    Commodore memperkenalkan Commodore 64 atau lebih dikenal dengan sebutan C64,  dijual seharga $ 595, hadir dengan 64KB RAM dan menampilkan grafis yang mengesankan. Ribuan software telah dirilis selama produksi C64. Pada saat C64 dihentikan pada tahun 1993, mereka telah menjual lebih dari 22 juta unit dan diakui oleh Guinness Book of World Records tahun 2006  sebagai penjualan model komputer tunggal terbesar sepanjang masa.

    Software & Languages
    Mitch Kapor dikembangkan Lotus 1-2-3, menulis perangkat lunak secara langsung ke dalam sistem video dari PC IBM. Dengan melalui software DOS, dapat berjalan lebih cepat dibandingkan pesaingnya. Seiring dengan popularitas besar dari komputer IBM's, program Lotus menerima banyak keberhasilan dalam kombinasi kerjanya, kemampuan spreadsheet dengan grafis dan kemampuan pengambilan data.
    Kapor, telah menerima gelar sarjana dari  Universitas Yale pada tahun 1971, atas rancangan cybernetics individunya, dengan mendirikan Lotus Development Corp. memasarkan program spreadsheet sekaligus sebagai presiden dan CEO dari tahun 1982 sampai 1986. Dia juga telah bekerja untuk mengembangkan kebijakan yang memaksimalkan keterbukaan dan daya saing dalam industri komputer.



    1983
    Companies
    Thinking Machines didirikan. Thinking Machines Corporation (TMC) dibentuk oleh mahasiswa pascasarjana MIT Danny Hillis dan rekan-rekannya untuk mengembangkan jenis baru komputer super. Gagasan mereka adalah untuk menggabungkan microprosesor dengan jumlah banyak dalam sebuah prosesor tunggal yang memiliki kemampuan modern dibandingkan dengan satu prosesor yang paling kuat saat itu. Mesin pertama mereka, disebut Connection Machine (CM-1), memiliki 64.000 mikroprosesor, yang mulai dipasarkan pada tahun 1986. TMC kemudian memproduksi beberapa komputer yang lebih besar dan lebih handal  yakni : CM-2 dan CM-5. Persaingan degan perusahaan superkomputer yang lebih mapan memaksa mereka bangkrut pada tahun 1993.

    Computers
    Apple memperkenalkan komputer Lisa, merupakan  komputer pribadi pertama dengan antarmuka Graphical User Interface (GUI), perkembangannya menjadi pusat perpindahan  sistem komputer pribadi. Komputer Lisa dengan harga tinggi (mencapai $ 10.000) dan kinerja yang malas menyebabkan Lisa akhirnya gagal di pasar Personal Computers. 

    Lisa menggunakan  mikroprosesor Motorola 68000, hadir dengan dilengkapi 1 megabyte RAM, 12-inch monitor hitam-dan-putih, dual "floppy disk drive 5 1/4 inci dan 5 megabyte profil hard drive. Komputer Lisa terinspirasi oleh mesin Xerox Star - yang dilengkapi dengan  sistem yang disebut Smalltalk dan telah menggunakan mouse device, jendela, dan menu pop-up.

    Computers
    Compaq Computer Corp memperkenalkan clone PC pertama yang menggunakan perangkat lunak yang sama dengan PC IBM. Dengan keberhasilan clone, Compaq mencatat penjualan tahun pertama mencapai $ 111.000.000, dan menjadi  PC paling sukses dalam sejarah usaha Amerika dalam satu tahun pemasaran. 

    Dengan diperkenalkannya clone PC-nya, Compaq meluncurkan pasar untuk komputer IBM-kompatibel yang pada tahun 1996 telah mencapai pangsa 83 persen dari pasar komputer pribadi. Desainer reverse-engineered clone Compaq, memberikan hampir 100 persen kompatibilitas dengan IBM.

    Networking
    ARPANET terbagi menjadi ARPANET dan MILNET. Karena keberhasilan ARPANET sebagai alat untuk penelitian dan kolaborasi antara universitas dan militer, yang kemudian terabagi untuk militer (MILNET) dan sipil (ARPANET). Hal ini dimungkinkan oleh adopsi TCP / IP, standar jaringan, tiga tahun sebelumnya. Kemudian pada tahun 1995 ARPANET berganti nama menjadi "Internet".

    Robots & Artificial Intelligence
    Musical Instrument Digital Interface (MIDI) diperkenalkan di Produsen Music Amerika Utara pertunjukan pertama diadakan di Los Angeles. MIDI adalah sebuah antarmuka elektronik standar industri yang menghubungkan synthesizer musik elektronik. Informasi MIDI synthesizer memberitahu kapan harus memulai dan berhenti bermain dalam catatan tertentu, suara apa yang harusnya catatan memiliki, seberapa keras seharusnya itu, dan informasi lainnya. 

    Raymond Kurzweil, pelopor dalam mengembangkan keyboard elektronik, memprediksi MIDI dan kemajuan lainnya akan membuat alat musik tradisional usang di masa depan. Pada abad ke-21, ia menulis dalam bukunya, "The Age of Intelligent Machines," "Masih akan ada instrumen akustik di sekitar, yang akan jadi ketertariakn utama dalam sejarah, seperti harpsichord hari ini.... Sementara sejarah akan tetap menginginkan suara dari piano dan violin yang akan terus digunakan, sebagian besar musik akan menggunakan suara tanpa rekan akustik langsung .... tidak akan ada pembagian yang tajam antara musisi dan yang bukan musisi."

    Software & Languages
    Microsoft mengumumkan program Word, awalnya disebut Multi-Tool Word, dan Windows. Pada awalnya tidak dipasarakan sampai tahun 1985, meskipun perusahaan mengatakan akan berada di jalur untuk rilis April 1984. Dalam waktu sekejap, Microsoft telah didistribusikan 450.000 disk program Word, itu didemonstrasikan majalah PC World edisi November .

    Software & Languages
    Richard Stallman mengumumkan GNU. 
    Richard Stallman, seorang programmer di MIT Artificial Intelligence Lab, mengalami pergeseran yang signifikan dalam sikap selama akhir 1970-an. Sedangkan salah satu budaya hacker MIT adalah  saling berbagi dan keterbukaan, berbeda dengan dunia perangkat lunak komersial yang bergerak ke arah rahasia dan membatasi akses pada kode sumber. 

    Stallman keluar untuk mengembangkan alternatif gratis dengan Sistem Operasi Unix yang populer. Sistem operasi ini disebut GNU (Gnu's Not Unix) yang akan bebas dari biaya, dan memberikan kebebasan bagi pengguna untuk mengubah dan berbagi sistem operasi Unix dengan gratis. Berdasarkan filosofi tersebut pada tahun 1985 Stallman mendirikan Free Software Foundation (FSF).

    Sementara pekerjaan GNU tidak segera menghasilkan sistem operasi lengkap, itu menjadikan pembuatan Linux sebgai sistem operasi lengkap diperlukan. Sebagian besar pengembang Software yang menjadi bagain dari proyek GNU melanjutkan langkah mereka dengan ambil bagian menjadi bagian dalam pengembangan Linux, itu mengapa FSF meminta agar Linux disebut sebagai GNU/Linux.

    Storage
    Mampu menahan 550 megabyte rekaman data, CD-ROM tumbuh dari musik Compact Disks (CDs). Ketertarikan umum pertama pada produk CD-ROM berkembang setelah Philips dan Sony mengumumkan CD-ROM pada tahun 1984.

    Produk CD-ROM umum berkembang pertama kali dirilis setelah Philips dan Sony mengumumkan CD-ROM pada tahun 1984 yang menjadi " Ensiklopedia Elektronik Grolier's," yang keluar pada tahun 1985. Hanya mengambil 12 persen ruang yang tersedia dari penggunaan 9 juta kata dalam ensiklopedia. Pada tahun yang sama, perusahaan komputer dan elektronik bekerjasama untuk menetapkan standar untuk disk, sehingga informasi disk dapat diakses dalam komputer.

    Storage
    Bernoulli Box diluncurkan. Menggunakan sistem berbasis cartridge khusus yang menggunakan teknologi hard disk, Bernoulli Box adalah sebuah tipe penyimpanan removable yang memungkinkan orang untuk memindahkan file antara komputer ketika beberapa alternatif (seperti jaringan) masih terhubung. Memungkinkan untuk penggunaan berkali-kali dari jumlah penyimpanan yang diberikan oleh "floppy disk biasa, kartrid Bernoulli Box hadir dalam kapasitas mulai dari 5MB hingga 230MB.




    1984
    Computers
    Apple Computer meluncurkan Macintosh, komputer yang sukses menggerakan mouse gerakkan pertama dengan antarmuka pengguna grafis (graphic user interface/GUI), dengan nilai komersial tunggal mencapai $ 1.500.000, menjadi juara di Ameriaka selama tahun 1984. Berbasis mikroprosesor Motorola 68000, Macintosh menyertaka fitur Lisa's untuk harga yang jauh lebih terjangkau: $ 2.500. 

    Apple's komersial menggunakan tema George Orwell's "1984" dan menampilkan kehancuran Big Brother dengan kekuatan PC, ini dapat ditemukan di sebuah Macintosh. Aplikasi yang datang sebagai bagian dari paket termasuk MacPaint, yang memanfaatkan mouse, dan MacWrite, yang menunjukkan pengolah kata WYSIWYG (What You See Is What You Get / Apa yang Anda Lihat adalah Apa yang Anda Dapatkan) .

    Computers
    IBM merilis PC Jr. dan PC-AT.  PC Jr. jadi produk gagal, tapi PC-AT, berbasis Intel 80286 chip, beberapa kali lipat lebih cepat dari PC asli, telah  diklaim sukses dengan peningkatan penting dalam kinerja dan kapasitas penyimpanannya, 1 unit PC-AT dihargai sekitar $ 4.000. Itu telah mencakup RAM tambahan dan dapat menampung high-density 1,2 megabyte disket 5 1/4 inci.

    People & Pop Culture
    Dalam novelnya "Neuromancer," William Gibson menciptakan istilah "dunia maya." Dia juga melahirkan genre fiksi yang dikenal sebagai "cyberpunk" dalam bukunya, yang menggambarkan kegelapan, masa depan yang kompleks penuh dengan mesin cerdas, virus komputer, dan paranoia. 

    Gibson introduced cyberspace as: "A consensual hallucination experienced daily by billions of legitimate operators, in every nation, by children being taught mathematical concepts... A graphic representation of data abstracted from the banks of every computer in the human system. Unthinkable complexity. Lines of light ranged in the nonspace of the mind, clusters and constellations of data. Like city lights, receding..." (p. 51).

    Storage
    Pita magnetik memungkinkan penyimpanan informasi massal yang murah dan menjadi kunci penting dalam revolusi komputer. Diumumkan pada Maret 1984, Sistem catrdige baru IBM 3480 berusaha untuk menggantikan gulungan tradisional pita magnetik di pusat komputer dengan cartridge  4 "x 5" yang dapat memuat informasi sekitar (200MB) dan menawarkan akses lebih cepat. IBM menarik sistem tersebut pada tahun 1989 tetapi formatnya telah diambil oleh pembuat komputer lainnya yang mulai membuat sistem penyimpanan 3480-kompatibel untuk beberapa tahun setelah itu, menawarkan peningkatan kapasitas penyimpanan dalam format fisik yang sama.



    1985
    Computers
    Amiga 1000 dirilis. Commodore Amiga 1000 dijual seharga $ 1.295 dolar (tanpa monitor) dan memiliki kemampuan audio dan video melebihi yang ditemukan di sebagian besar komputer pribadi lainnya. Ini menumbuhkan banyak peminat setia karena memungkinakan add-on komponen yang dapat ditingkatkan dengan mudah, dalam kasus ini setiap part ditandai dengan tanda tangan dari para desainer Amiga, Jay Miner termasuk cetak kaki dari anjingnya yang bernama Mitchy.

    Networking
    Internet modern mendapat dukungan ketika yayasan National Science membentuk NSFNET, menghubungkan lima pusat superkomputer Universitas Princeton di Pittsburgh, Universitas California di San Diego, Universitas Illinois di Urbana-Champaign, dan Unversitas Cornell. Segera setelah beberapa jaringan regional yang akhirnya dikembangkan, pemerintah menugaskan potongan ARPANET untuk NSFNET. NSF mengizinkan penggunaan internet secara komersial untuk pertama kalinya pada tahun 1991, dan dihentikan pada tahun 1995 , meninggalkan industri Internet itu sendiri untuk mandiri. 
    NSFNET awalnya mentransfer data pada kecepatan 56 kilobit per detik, perbaikan pada kelebihan beban ARPANET. Lalu lintas terus meningkat, dan pada tahun 1987, ARPA menerima pengrhargaan Merit Network Inc., IBM dan MCI membuat kontrak untuk memperluas internet dengan menyediakan jalur akses di seluruh negara untuk jaringan dengan bandwidth 1,5 megabit per detik. Pada tahun 1992, jaringan diupgrade ke line T-3, yang mengirimkan informasi dengan kecepatan sekitar 45 megabit per detik.

    Networking
    Whole Earth 'Lectronic Link (WELL) didirikan. Stewart Brand dan Larry Brilliant memulai on-line Bulletin Board System (BBS) untuk membangun sebuah "komunitas virtual" antar pengguna komputer dengan biaya rendah. Wartawan diberi keanggotaan gratis di hari-hari awal, menyebabkan banyaknya artikel yang memuat tentang hal itu dan membantunya meraih ribuan anggota di seluruh dunia.

    Software & Languages
    Aldus mengumumkan Program PageMaker-nya untuk digunakan pada komputer Macintosh, meluncurkan ketertarikan pada publikasi desktop. Dua tahun kemudian, Aldus merilis program PageMaker untuk versi IBM dan komputer IBM-kompatibel. Dikembangkan oleh Paul Brainerd, yang mendirikan Aldus Corp, PageMaker memungkinkan pengguna untuk menggabungkan grafis dan teks dengan  mudah untuk membuat publikasi desktop praktis. 

    Chuck Geschke dari Adobe Systems Inc., sebuah perusahaan yang dibentuk pada tahun 1994 oleh penggabungan Adobe dan Aldus, ingat: "John Sculley, seorang anak muda di Apple, menggabungkan tiga kelompok : Aldus, Adobe, dan Apple - dan yang datang dari luar konsep desktop publishing. Paul Brainerd dari Aldus mungkin adalah orang yang pertama kali mengucapkan kalimat tersebut. ketiga perusahaan kemudian mengambil semua orang yang bisa mengikat dasi dan berbicara dua kalimat berturut-turut dan menempatkan mereka di jalan, bertemu dengan orang-orang di percetakan dan industri penerbitan dan menjual mereka pada konsep ini. hasilnya adalah bahwa itu berbalik pada tidak hanya printer laser tapi, terus terang, Apple Computer. itu benar-benar membalikan seluruh bisnis itu.

    Software & Languages
    Bahasa pemrograman C ++  muncul sebagai bahasa dominan yang berorientasi pada objek dalam industri komputer saat Bjarne Stroustrup diterbitkan "The C Programming Language ++." Stroustrup, di AT & T Bell Laboratories, mengatakan motivasinya berasal dari keinginan untuk menulis simulasi-event yang membutuhkan bahasa lebih cepat dari Simula. Ia mengembangkan preprocessor yang memungkinkan program gaya Simula untuk diterapkan secara efisien di C. 
    Stroustrup menulis dalam kata pengantar untuk "The C ++ Programming Language": "C ++ adalah bahasa pemrograman dengan tujuan umum yang dirancang untuk membuat pemrograman lebih menyenangkan bagi programmer serius Kecuali untuk detail kecil, C ++ merupakan superset dari bahasa pemrograman C. Selain itu fasilitas yang disediakan oleh C, C ++ menyediakan fasilitas fleksibel dan efisien untuk mendefinisikan jenis baru .... konsep kunci dalam kelas C ++. kelas A adalah jenis yang ditetapkan pengguna Classes. menyediakan data tersembunyi, menjamin inisialisasi data, konversi tipe implisit untuk jenis definis pengguna, pengetikan dinamis, manajemen memori yang dikendalikan oleh pengguna, dan mekanisme untuk overloading operator .... C ++ mempertahankan kemampuan C untuk menangani secara efisien dengan objek dasar perangkat keras (bit, byte, kata, alamat, dll) . Hal ini memungkinkan tipe user-defined untuk diimplementasikan dengan tingkat yang menyenangkan dan efisien. "



    1986
    Computers
    David Miller dari AT & T Bell Labs mematenkan transistor optik, komponen utama untuk komputasi optik digital. Disebut Self-ElectroOptic-Effect Device, atau SEED, transistor melibatkan lampu-sensitif yang dibangun dengan lapisan gallium arsenide dan aluminium arsenide. Berkas cahaya memicu peristiwa elektronik yang menyebabkan cahaya baik yang akan dikirim atau diserap, sehingga mengubah saklar on atau off.
    Dalam satu dekade, penelitian tentang transistor optik menyebabkan keberhasilan kerja  pertama pada prosesor-optik dan general-purpose computer-optik pertama. Peneliti pertama Bell Labs menunjukkan prosesor pada tahun 1990. Komputer yang menggunakan SEED didapati menggunakan laser, lensa, dan lampu cepat, tetapi masih diperlukan pemrograman menggunakan komputer non-optik yang terpisah. Pada tahun 1993, para peneliti di Universitas Colorado meluncurkan komputer-optik pertama yang mampu diprogram dan memanipulasi instruksi internal.

    Computers
    Compaq mengalahkan IBM di pasaran ketika mengumumkan Deskpro 386, komputer pertama yang menggunakan chip Intel baru 80386, sebuah mikroprosesor 32-bit dengan 275.000 transistor pada setiap chip. Pada 4 juta operasi per detik dan 4 kilobyte memori, 80386 memberikan PC banayak kecepatan dan kekuatan sebagai mainframe yang lebih tua dari minicomputer. 
    Chip 386 memperkenalkan arsitektur 32-bit, perbaikan yang signifikan atas arsitektur mikroprosesor 16-bit sebelumnya. Itu dua modus operasi, yang mencerminkan memori tersegmentasi chip x86 yang lebih tua, memungkinkan kompatibilitas penuh, dan salah satu yang mengambil keuntungan penuh dari teknologi yang lebih canggih. Chip baru yang dibuat dalam lingkungan operasi grafis untuk PC IBM dan PC yang kompatibel dari komputer praktis. Arsitektur yang memungkinkan Windows dan IBM OS / 2 tetap berperan dalam generasi chip berikutnya.

    Computers
    Daniel Hillis  dari Thinking Machines Corp. memindahkan artificial intelligence selangkah lebih maju ketika ia mengembangkan konsep kontroversial paralelisme secara besar-besaran di Connection Machine. Mesin yang menggunakan sampai 65.536 prosesor dan bisa menyelesaikan beberapa miliar operasi per detik. Setiap prosesor memiliki memori kecil sendiri yang saling terhubung  melalui jaringan yang fleksibel dimana pengguna dapat melakukan perubahan dengan memprogram ulang daripada melakukan rewiring (menyambungkan sebuah alat, bangunan, atau kendaraan dengan kabel listrik baru.) 
    Hubungan dan peralihan sistem mesin memungkinakan prosesor menyiarkan informasi dan permintaan bantuan dari prosesor lainnya seperti dalam simulasi asosiasi ingatan brainlike. Dengan sistem tersebut, mesin dapat bekerja lebih cepat dan efisien.

    Computers
    IBM dan MIPS merilis workstation berbasis RISC pertama, PC/RT dan R2000-based systems. Mengurangi instruksi pada set komputer, berdasarkan penelitian sekitar  20% instruksi komputer dapat melakukan 80% pekerjaan, termasuk sebagain besar operasi dasar seperti penambahan beban dari memori, dan penyimpanan dalam memori. 
    IBM PC-RT memiliki 1 megabyte RAM, 1,2 megabyte floppy disk drive, dan 40 megabyte hard drive. Dapat melakukan 2 juta instruksi per detik, tetapi komputer berbasis RISC lainnya secara signifikan dapat bekerja lebih cepat.

    Graphics & Games
    Pixar didirikan. Pixar awalnya disebut Special Effects Computer Group di Lucasfilm (yang didirikan pada tahun 1979). Kelompok ini menciptakan segmen animasi komputer film seperti "Star Trek II: The Wrath of Khan" dan "Young Sherlock Holmes." Pada tahun 1986, co-founder Apple Computer Steve Jobs membayar 10 juta dolar untuk Lucasfilm, membeli Group tersebut  dan berganti nama menjadi Pixar. Selama dekade berikutnya, Pixar membuat film yang sangat sukses dan memenangkan Oscar untuk film animasi. Kemudian Pixar dibeli oleh Disney pada tahun 2006.


    Sumber : computerhistory.org

    16 Juli 2014