Google PageSpeed Insights


PageSpeed Insights atau Google PageSpeed Tools adalah alat penguji yang dibuat oleh Team Pengembang (Developers) Google, yang telah mengembangkan beragam Produk google seperti: PlayStore, Gmail, Youtube, Goole Map, dan aplikasi lainnya. Setidaknya terdapat 7 Kategori Produk (Produk Induk) yang dikembangkan oleh Google, yang pada masing-masing kategori-nya terdapat Sub-sub Kategori yang di dalamnya memuat produk-produk google (Wah banyak sekali ya...), sebagai contoh:

1. Web-based products :
Search tools / Alat Pencari: Google Search, Google Images, Youtube, Google Assistant, Dll.
Advertising services: Google Ads, Adsense, AdMob, dll.
Communication and publishing tools: Blogger, FeedBurner, Google Meet, Google Hangout, Dll.
2. Development tools : Dll..
3. Operating systems : Dll..
4. Desktop applications : Dll..
5. Mobile applications : Dll..
6. Hardware : Dll..
7. Services : Dll..

Nah, Goole PageSpeed Insights ini merupakan salah satu produk google dalam kategori Development Tools.  Alat ini dirancang untuk membantu para pengembang website untuk melakukan analisa dan pengujian kecepatan halaman web saat dibuka dalam mode perangkat Mobile (Handphone) dan saat dibuka pada perangkat desktop (Personal Komputer). Terlepas dari error/lambatnya koneksi internet, PageSpeed Insights dapat memeriksa perbedaan kecepatan saat sebuah web ditampilkan pada mode perangkat mobile dan mode desktop. Website yang memiliki kecepatan optimal/bagus pada mode desktop belum tentu bagus saat di-load pada mode mobile, demikian sebaliknya.

Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, yang kemudian akan dianalisa dan difilter oleh Google PageSpeed sehingga dapat ditemukan akar permasalahan yang memperlambat waktu loading sebuah website. Hal ini tentunya dapat mempermudah pengembang web untuk mengambil langkah-langkah penangan yang diperlukan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan website-nya. 

Untuk menggunakan PageSpeed Insights Anda dapat mengunjungi link berikut:
https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/







Writed by Khaerudin Noer