• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Sehat & Terampil Berkomputer


    Adakah kualifikasi khusus untuk menjadi seorang pengguna komputer terampil? Jawabannya relatif. Bisa Ya, bisa juga Tidak. Tetapi setidaknya ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk menjadi pengguna komputer yang terampil, tanpa harus mengabaikan aspek kesehatan tentunya. Melalui artikel ini, saya akan berbagi tips, yang mungkin dapat memberikan semacam inspirasi untuk anda terapkan selama anda berkomputer. Berikut adalah 15 Tips sederhana Sehat & Terampil Berkomputer:



    TIPS 1 Monitor, adalah komponen penting untuk Anda berinteraksi dengan program yang tengah digunakan. Pengguna komputer saat ini sudah sepatut bersyukur, mengingat sebagian besar monitor yang beredar di pasar saat ini adalah monitor LED (Light Emitting Diode) atau paling tidak LCD (Liquid Crystal Display). Kedua jenis monitor ini termasuk monitor dengan teknologi Low Radiation.  Berbeda dari pendahulunya yakni Monitor kaca CRT (Cathode Ray Tube), tanpa bermaskud menyinggung user yang masih menggunakannya, monitor CRT, dikenal memiliki tingkat radiasi tinggi terhadap mata. Dalam memilih monitor LED/LCD, hal pertama yang harus diperhatikan adalah size, karena semakin besar dimensi layar monitor, maka semakin baik bagi pengguna komputer. Disamping alasan kesehatan, layar monitor yang besar juga memberikan sensasi dan kenyamanan lebih saat kita bermain games atau menonton film :). Bagamana dengan pengguna notebook PC dengan dimensi layar ± 10"? hhmmm.... no comment deh :D.

    TIPS 2 Serasikan letak dan tinggi monitor dengan mata Anda. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah, dianjurkan sejajar dengan pandangan. Jika meja Anda tergolong rendah, gunakan majalah atau buku-buku bekas sebagai alas monitor, tapi jika terlalu tinggi Anda harus mengganti meja, atau bila perlu potong saja kaki meja milik Anda. Yang jelas, pastikan monitor Anda berdiri stabil dari efek benturan. Pada siang hari, pastikan posisi monitor tidak berhadapan dengan sinar yang dipantulkan matahari, sehingga ketajaman warna  dan objek pada layar memudar akibat tertimpa sinar tersebut. Dan pada malam hari pastikan ruangan Anda memiliki pencahayaan yang baik untuk dapat mengimbangi cahya UV (Ultra Violet) yang dihasilkan oleh monitor.

    TIPS 3 Settinglah monitor Anda pada resolusi terbaik sesuai dengan kemampuan VGA yang
    tersedia dalam komputer. jika VGA Anda mendukung berbagai akselerasi display berikut adalah setting terbaik ; Aturlah resolusi layar,  antara  1024x768 - 1366x768, atau bisa lebih tinggi jika memungkinkan, Higest 32 Bit (kualitas warna), 120 DPI/Dot Per Inch (untuk ketajaman warna monitor dan huruf), 60Hz screen refresh rate (penyegaran layar).

    TIPS 4 Beri kesegaran pada kaki Anda. Pastikan kaki Anda mendapatkan pijakan yang nyaman. Hal tersebut dapat mengurangi rasa pegal pada kaki dan tulang bagian belakang Anda.lain halnya jika Anda meletakan monitor di lantai,hal tersebut tentu memberikan Anda lebih banyak pilihan.  Jangan lupa air mineral (air putih biasa juga boleh),  makanan ringan, makanan suplement, dan bahan bakar lainnya. Jelasnya, itu akan menghindarkan anda dari rasa haus, lapar, dan mencegah datangnya gangguan kesehatan bagi lambung dan bagian tubuh Anda yang lainnya.

    TIPS 5 Komputer adalah teknologi dengan segala bentuk manfaat dan hiburan. Semua itu adalah hal yang menarik, menakjubkan, dan baiknya dinikmati bukan? Itu benar! tapi lebih baik lagi jika Anda hidup, sehat dan panjang umur bukan? Sehingga Anda bisa lebih lama lagi menikmati kehebatan teknologi komputer. “Bahkan mesin saja butuh istirahat”, rasanya istilah tersebut cukup relevan untuk mengingatkan Anda yang tergolong pecandu berat komputer. Kasus berlama-lama didepan komputer ini biasanya lebih dekat dengan para programmer, desain grafis, video editor, gamers dan pengguna media sosial. Tapi jangan salah, efek candu berkomputer juga dapat diidap oleh para brainware pemula, yang mengawali ketertarikan pada ragam aplikasi dalam komputer. Ingat! Berlama-lama didepan komputer dapat berbahaya bagi kesehatan Anda, jadi beristirahatlah sekitar 2-5 menit, dengan berjalan dalam ruangan, melakukan stretching (peregangan), berbaring, dan  akan lebih baik lagi jika Anda sampai ketiduran. :D

    TIPS 6 Atur posisi keyboard, mouse dan printer didepan dan dalam jangakauan Anda. Untuk keyboard dan mouse, posisi terbaik Adalah saling berdekatan, serta ketinggiannya ± sejajar dengan posisi siku Anda. Sementara untuk printer Anda boleh menempatkannya sejajar atau lebih tinggi (2-10 cm lebih tinggi dari monitor).

    TIPS 7 Rapihkan tempat kerja Anda. Jauhkan binatang kesayangan dan peralatan-peralatan yang tidak diperlukan dari meja komputer Anda! Ini perlu dilakukan untuk menghindarkan Anda dari kondisi semrawut yang dapat menyebabkan Anda sakit kepala. Disamping itu meja komputer yang rapih Akan memberikan Anda kenyamanan ekstra, dan inspirasi yang lebih segar.

    TIPS 8 Respect (rasa hormat). Jika Anda harus bekerja pada malam hari, atau Anda berada disamping pengguna komputer lainnya, sementara Anda ingin mendengarkan musik. Kecilkan volume speaker Anda, Gunakanlah headphone,  atau bila Headphone tidak tersedia mintalah persetujuan orang yang bersangkutan.  Itu lebih baik dan dapat mencegah rasa tidak suka orang lain terhadap Anda.

    TIPS 9 Manfaatkan fasilitas Save (penyimpanan) dan Password (proteksi/penguncian) pada program word processing dan spreadsheet, untuk melindungi file-file penting Anda dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Maksudnya agar data Anda aman atau terubah akibat faktor eksternal. Jika Anda terpaksa harus meninggalkan komputer dalam keadaan hidup, aktifkanlah passwoord Acount Anda, lalu cheklist kotak pilihan On resume, display Wellcome screen, (dari Display Properties -> tab Screen Saver). Efeknya adalah akan mengunci komputer Anda dalam mode Wellcome screen.

    TIPS 10 Matikanlah Komputer Anda. Jika Anda telah merasa penat, kondisi ruangan yang gaduh dan tidak bersahabat, tidak dapat fokus lagi pada apa yang Anda kerjakan dalam komputer. Berhentilah dan matikan komputer Anda. Ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi Anda diantaranya ; Selamatnya keyboard, mouse dan perangkat komputer lainnya dari emosi Anda yang memuncak, memberikan waktu pada komputer untuk beristirahat, dan tentu saja dapat menghemat beban listrik. Bagus bukan?

    TIPS 11 Waktu ekstra untuk membaca dan mempelajari buku-buku, majalah, atau materi-materi komputer dari media lainnya, termasuk didalamnya apresiasi dan diskusi-diskusi bersama rekan-rekan Anda yang memiliki minat sama dibidang komputer. Hal ini sangat diperlukan untuk membuka jendela pengetahuan dan membuka wawasan Anda dalam dunia komputer. Istilahnya ; “ Anda dapat belajar sendiri, tapi tidak Akan dapat berkembang tanpa bantuan orang lain”.

    TIPS 12 Tumbuhkan minat dan rasa suka pada hal-hal yang bernuansa komputer, ini akan membuat Anda memiliki motivasi, ketekunan dan komitmen. Dengan demikian proses belajar/pelatihan menjadi bagian yang menyenangkan dalam membentuk Anda menjadi seorang brainware yang terampil.

    TIPS 13 Optimis (yakin) dan Realistis (masuk akal), merupakan rangkaian kepribadian yang harus Anda miliki. Sesulit apapun materi sebuah program/aplikasi komputer, yakinlah Anda pasti dapat menguasai program tersebut selama Anda memiliki pedoman berupa buku-buku komputer dan media informasi komputer lainnya, terlebih jika ada pembimbing yang memandu Anda. Namun demikian, Andapun harus realistis dalam mempelajari suatu program. Maksudnya, pelajarilah setiap program secara sistematis dan satu persatu. Jangan terlalu berharap dapat menguasai banyak program dalam waktu yang singkat.

    TIPS 14 Tray and error (mencoba dan melakukan kesalahan) itu bukan persoalan baru dalam proses pembelajaran, hal tersebut merupakan proses positif dan terkadang amat diperlukan. Dengan catatan Anda tidak menggunakan komputer teman apalagi perusahaan untuk keperluan eksperimen Anda. Dalam proses penelitian dan pembelajaran, saya pribadi masih menggunakan perlengkapan klasik sebagai media pendukung kegiatan, yakni,  “ pena dan buku tulis “. Jadi jelas bukan? Bahwa dalam proses pembelajaran ilmu komputer tidak selalu berurusan dengan komponen mouse dan keyboard.

    TIPS 15 Peduli dan berbagi, selama tepat pada sasaran, dalam bentuk apapun tidak akan merugikan Anda, Dalam hal ini Anda harus membuka diri untuk berbagi informasi dengan sesama pengguna, maupun pada orang yang sekedar bertanya. Jika sehati, Anda dapat mengajak orang yang bersangkutan untuk ambil bagian, menjadi rekan Anda dalam proses pengembangan skill/keterampilan dalam bidang komputer.

    Nah, bagaimana? Dengan menjalankan tips-tips tersebut, mudah-mudahan Anda benar-benar menjadi seorang expert brainware yang sehat, terampil, happy, hidup dan panjang umur. Mudah bukan?

    3 April 2015

    2 komentar :

    1. Artikel yg menarik....salam kenal dari orang bandung. Senang bisa blogwalking kesini
      Salam,
      Butik Komputer

      BalasHapus
      Balasan
      1. Salam kenal juga dari saya buat teh Megan, hatur nuhun telah berkunjung ke blog saya. :)

        Hapus