-->
1 / 3
2 / 3
3 / 3

internet.org 2013 | Connecting The World

Internet.org? Internet Gratis? Apa'an sich?...
Internet.org merupakan sebuah program inisatif untuk akses Internet gratis yang dibangun oleh perusahaan Internet multinasional asal Amerika Serikat, Facebook, Inc. yang juga mengoperasikan situs web jejaring sosial Facebook. Hal ini dapat anda lihat melalui situs resmi internet.org.

Dalam pelaksanaannya, Internet.org menggandeng perusahaan-perusahaan berbasis teknologi, komunitas nirlaba, maupun lokal untuk mewujudkan visi "menghubungkan dua pertiga dunia dengan layanan akses internet gratis" dengan memanfaatkan jaringan cellular (GSM/CDMA).

Nokia, Samsung dan Ericsson adalah tiga nama besar dari perusahaan ponsel yang turut serta dalam pelakasanaan program Internet.org disamping itu perusahaan MediaTek, Qualcomm, dan Opera Software juga ambil bagian dalam kemitraan Internet.org. Di Indonesia sendiri, pada tanggal 17 April 2015. Indosat dan Facebook resmi bekerjasama meluncurkan Internet.org sebagai bagian dari inisiatif "Internet Tanpa Pulsa untuk Semua" bagi masyarakat Indonesia. Internet.org dari Facebook membuat internet lebih mudah diakses oleh seluruh masyarakat  Indonesia untuk berbagai kebutuhan dasar mereka seperti kesehatan, pendidikan, media sosial untuk komunikasi, dan berita. Dan yang paling penting... itu semua dapat diakses dengan gratis melalui gadget berbasis Android dengan memanfaatkan aplikasi Opera browser atau dengan aplikasi internet.org. Dengan catatan, pengguna wajib menggunakan produk sim card dari Indosat seperti kartu IM3 dan Mentari.

Pensaran seperti apa cara kerja internet.org, saya langsung melakukan uji coba program dengan menggunakan sim card Indosat tanpa pulsa dalam arti yang sebenarnya! (sisa pulsa Rp.0). Langkah saya selanjutnya dapat anda simak sebagai berikut:

Ketik internet.org atau klik pada menu internet.org
Buka Opera browser dan ketikan alamat internet.org pada omnibox, atau jika tersedia langsung klik menu internet.org pada quickstart Opera anda.

klik pada salah satu menu/situs yang ingin dibuka
Dan ternyata benar! Kita akan dibawa pada halaman awal internet.org yang menampilkan beberapa menu situs seperti: Facebook, KapanLagi, Merdeka.com, Bola.net, Wikipedia, Kelase, dan beberapa situs lainnya. Dan semuanya dapat diakses dengan GRATIS.

Facebook dengan menggunakan internet.org
Ini adalah tampilan facebook dengan menggunakan program internet.org melalui opera browser.

Memang belum selengkap Internet premium, tapi setidaknya Internet gratis ala kang Zuckerberg ini bukan hisapan jempol belaka, dan tentu saja patut mendapatkan perhatian dan apresisasi yang tinggi, umumnya bagi pengguna Internet tanah air, dan khususnya bagi pengguna internet yang sering kedodoran dengan budget internetnya. Internet.org dapat menjadi opsi dan solusi terbaik bagi anda.

Nah bagimana? Gampang bukan?
Agar lebih meyakinkan dan memuaskan. Silakan anda bereksperimen langsung menggunakan gadget Android milik anda (jangan dapat minjem. Hehehe...). Jika ada pertanyaan atau opini, silakan tinggalkan pesan anda pada kolom komentar di bawah.