• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Apa itu AdWare?


    Advertising-supported Software atau yang lebih populer dengan istilah AdWare, merupakan piranti lunak yang diciptakan untuk mendukung profesi para publisher untuk menampilkan iklan layanan : produk, jasa dan atau sejenisnya pada halaman situs terntu. 

    Adware adalah software yang telah dikemas sedemikian rupa hingga dapat beroperasi secara otomatis apabila aplikasi induknya (aplikasi dimana Adware bersemayam) dijalankan dengan memunculkan
    iklan pada jendela browser aktif.

    AdWare termasuk keluarga Malware yang pada umumnya memiliki ukuran relatif kecil, karena prioritas utama softwre ini adalah hanya untuk menyisipkan sekumpulan script (coding) sebagai pemicu iklan. Pada beberapa kasus, seperti kendaraan AdWare juga dimanfaatkan oleh pembuatnya untuk memuat spyware dan virus yang tentu dapat merugikan bagi pengguna komputer maupun mobile gadgets. Sifat dari Iklan-iklan yang dipicu AdWare yang random dan terkadang simultan ini secara signifikan dapat menggembosi banwidth internet, melemahkan sistem keamanan komputer, hingga  merusak sistem operasi, 

    Sebagian besar aplikasi AdWare ditemukan dalam bentuk seperti : Search Engine, Tool Bars dan Extensi Browser. Untuk mengelabui pengguna internet para pembuat AdWare menggunakan berbagai teknik kreatif, untuk memancing para pengguna, khususnya yang terhubung langsung pada jaringan internet untuk melakukan aksi klik pada link maupun gambar yang telah mereka sisipi coding AdWare, dalam hal ini yang paling banyak ditemui adalah menempatakan link unduhan atau link silent installer pada iklan pop-up berupa pertanyaan menarik, maupun gambar-gambar dewasa yang telah disisipi link aktif yang akan mengarahkan pengguna internet pada situs-situs yang diharapkan oleh pembuat Adware. Teknik silent installer Adware adalah yang paling sulit untuk dideteksi sehingga tanpa disadari oleh para pengguna internet aplikasi Adware telah terpasang pada PC maupun melekat sebagai Add-ons pada browser. Teknik lainnya adalah dengan membangun ulang (re-pack) interface setup aplikasi umum (aplikasi-aplikasi aman) yang telah dimodifikasi proses setup-nya seolah-olah aplikasi Adware tertentu adalah bagian dari aplikasi umum tadi. 

    Jika Adware hanya berupa Addons biasanya Adware hanya akan mengeksekusi Browser yang terjangkiti, Misalkan Mozilla Firefox milik anda terjangkiti Adware, sementara (dalam PC/laptop) anda memiliki 3 aplikasi browser: Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Google Chrome. Maka Internet Explorer dan Google Chrome milik anda tidak menampilkan pop-up iklan (tidak terjangkit) karena Addons AdWare hanya menjangkiti Mozilla Firefox milik anda, sehingga apabila dibandingkan tampilan pada jendela browser yang satu dan lainnya berbeda. 

    Apliaksi-aplikasi browser seperti : Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera dll. adalah aplikasi yang rawan terjangkiti AdWare dalam bentuk Add-ons (Extensions atau Plugins). Seperti Add-ons pada umumnya Adware juga memiliki ukuran relatif kecil dan seringkali tidak disadari oleh para pengguna internet (pemilik PC). Seiring dengan dijalankannya Browser yang telah terjangkiti, Karena telah menjadi bagian dari browser yang terinfeksi AdWare akan aktif secara otomatis dengan menampilkan satu hingga beberapa iklan Pop-Up (tergantung jumlah AdWare dan teknik script yang digunakan) pada jendela browser aktif teresebut.

    Antisipasi 
    Untuk mengantisipasi masuknya adware dalam PC maupun pada aplikasi browser, berikut adalah upaya yang dapat anda lakukan :
    • Tidak sembarang klik pada iklan pop-up maupun iklan dalam bentuk Angket kecuali dari sumber terpercaya dan aman.
    • Menganalisa klik pada halaman jump link dan pop-up download otomatis yang ditawarkan oleh situs tertentu.
    • Memperhatikan proses setup aplikasi umum yang baru anda download.
    Menghapus Adware
    Adware memiliki banyak jumlah dan varian, Jika PC atau browser anda terlanjur terinfeksi Adware, Mungkin anda perlu mempertimbangkan jasa professional atau seorang teman yang berpengalaman untuk memandu anda, atau lakukan langkah-langkah berikut
    .
    Uninstall aplikasi Adware yang terinstall dalam PC seperti aplikasi :123search, ActiveSearch, AdBar dll. melalui : 
    • Control Panel\Programs\Programs and Features
    • Uninstall aplikasi yang anda yakini sebagai Adware. 
    Jika Adware hanya berupa Addons pada browser maka yang perlu anda lakukan hanya menonaktifkan (disable) atau menghapus (Remove) exstensi atau plugins yang anda yakini sebagai Adware dalam browser. Lihat contoh gambar berikut:

    1
    2
    3
    .
    Sampai disini biasanya masalah Adware dapat teratasi, tapi jika anda masih kurang yakin, untuk sentuhan terakhir anda dapat dapat menggunakan aplikasi AdWare Removal Tool atau  aplikasi portable gratis Microsoft Windows Malicious Software Removal Tool yang dapat anda download disini.




    2 Maret 2015

    Tidak ada komentar :

    Posting Komentar