• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Mekanisme Kerja Komputer (Bagian 4)


    III. COMPUTER BRAINWARE

    Komputer memang perangkat modern cerdas, yang dapat menjalankan berbagai fungsi Algoritma dan Aritmatika dengan sangat akurat. Disamping itu dapat juga menjalankan perintah seperti, membaca, menyalin, menulis, dan menjabarkan setiap data dengan logis dan sistematis. Tapi, untuk menjalankan semua itu komputer membutuhkan intervensi manusia untuk menghidupkan mesin dan mengoperasikannya. Termasuk memastikan setiap hardware dan peripheral komputer dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, pengguna komputer sering juga disbeut dengan brainware. Hal ini menandakan bahwa, secanggih apapun sebuah perangkat komputer, tak lantas menafikan peranan penting manusia sebagai bagian dari mekanisme kerja komputer.


    Istilah brainware komputer, merujuk pada sumber daya manusia (human resources), untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki kemampuan (ability) dalam mengoperasikan dan menerima manfaat dari penggunaan perangkat komputer. Berdasarkan faham ilmu komputer, brainware dapat dikelompokan dalam tiga kategori user berikut:

    • Computer systems analysts
    Adalah individu atau kelompok yang memahami kebutuhan dan keterbatasan sistem komputasi secara menyeluruh, dalam hal ini berkaitan dengan, hardware, peripheral, sistem operasi, software dan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan, badan pemerintahan atau organisasi tertentu agar dapat beroperasi dengan lebih efektif dan lebih efisien. Mereka sering juga disebut dengan "Team IT" atau secara individu disebut dengan "Orang IT", merkea adalah orang-orang yang memiliki keahlian dan membawa bisnis dan teknologi informasi (TI) dengan memahami kebutuhan dan keterbatasan sistem komputer yang diterapkan pada instansi dimana mereka bekerja. Dengan kata lain, Computer systems analysts adalah individu atau kelompok yang membantu dan bertanggung jawab atas berbagai kebutuhan komputasi suatu organisasi.
    • Computer Programmers
    Adalah individu atau kelompok yang mampu membuat dan mengembangkan sistem operasi komputer dan berbagai program aplikasinya. Mereka juga sering dipanggil dengan sebutan Software Engineer (Insinyur bidang piranti lunak), atau developer (pengembang) perangkat lunak. 
    • End User (Pengguna Akhir)
    Adalah individu yang menggunakan suatu produk yang telah dibangun memenuhi standar kelayakan penggunaan, dan telah dipasarkan, Pengguna akhir  biasanya merujuk pada individu dengan tingkat keahlian komputer relatif rendah. Istilah End User (Pengguna akhir) akhir diperlukan untuk membedakan tingkat keahlian, pengetahuan, faham ilmu komputer, dan tujuan pemanfaatan teknologi komputer oleh pengguna. Jika anda adalah seorang Programmer atau seorang analis sistem komputer, anda juga dapat disebut seorang pengguna, akan tetapi pada tingkatan yang lebih tinggi dibanding pengguna akhir. Dengan kata lain, pengguna akhir adalah orang yang menggunakan komputer tanpa kualifikasi khusus, dan tanpa keharusan melakukan pendalaman apapun pada mekanisme kerja komputer, 
    Dalam pemasaran suatu produk komputer, pengguna akhir, merupakan konsumen yang menjadi motivasi dan pemicu persaingan antar pabrikan komputer raksasa untuk berinvestasi, berinovasi dan dalam melakukan promosi.

    Demikian uraian mengenai mekanisme kerja komputer. Dari seluruh urain tersebut, semoga artikel kami dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat.Ketersediaan sumber daya dan sinergi antara Hardware, Software dan Brainware inilah yang dimaksud dengan "Mekanisme Kerja Komputer".

    29 Maret 2015

    2 komentar :

    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus