• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • John von Neumann


    Ahli matematika terkenal John von Neumann (1903-1957) lahir di sebuah keluarga Yahudi di Budapest, Kekaisaran Austro-Hungaria, sebagai János Lajos von Neumann. Seorang anak-anak ajaib, János menerima gelar Ph.D. dalam matematika dari Pázmány Péter Universitas di Budapest pada usia 22, bersamaan mendapatkan ijazah di bidang teknik kimia dari ETH Zurich di Swiss. Antara 1926 dan 1930, ia mengajar sebagai Privatdozent di Universitas Berlin, yang termuda dalam sejarah. Pada usia 25, ia sudah menerbitkan belasan kertas besar.


    John von Neumann beremigrasi ke Amerika Serikat hanya dalam waktu-pada tahun 1930, di mana ia diundang untuk Princeton University, dan, kemudian, adalah salah satu dari empat orang yang dipilih untuk fakultas Institute for Advanced Study (dua lainnya adalah Albert Einstein dan Kurt Gödel!), di mana ia tetap seorang profesor matematika dari pembentukannya pada tahun 1933 sampai kematiannya. Von Neumann adalah seorang tokoh penting dalam ilmu komputer.
    Penggunaan memori komputer digital untuk menyimpan kedua urutan instruksi dan data merupakan terobosan yang von Neumann membuat kontribusi besar.
    Pada tahun 1945, sementara konsultasi untuk Moore Sekolah Teknik Elektro pada proyek EDVAC, von Neumann menulis set lengkap catatan, berjudul Draft Pertama Laporan di EDVAC. Makalah ini didistribusikan secara luas laied dasar-dasar arsitektur komputer dimana data dan program keduanya disimpan dalam memori komputer dalam ruang alamat yang sama, yang akan dijelaskan kemudian sebagai von Neumann Architecture (lihat gambar bawah). Arsitektur ini menjadi standar de facto untuk waktu yang lama dan masih digunakan sampai sekarang (sampai teknologi memungkinkan arsitektur lebih maju).
    Von Neumann juga menciptakan bidang selular automata tanpa bantuan komputer, membangun pertama automata mereplikasi diri dengan pensil dan kertas grafik. Konsep konstruktor universal fleshed dalam Teori kerja anumerta Diri Pengganda Automata. Von Neumann membuktikan bahwa cara yang paling efektif untuk melakukan operasi pertambangan skala besar seperti pertambangan seluruh planet atau sabuk asteroid akan menggunakan mesin mereplikasi diri, mengambil keuntungan dari pertumbuhan eksponensial mereka.
    Von Neumann dikreditkan dengan setidaknya satu kontribusi untuk mempelajari algoritma. Ilmuwan komputer terkenal Donald Knuth mengutip von Neumann sebagai penemu (tahun 1945), dari algoritma merge sort, di mana pertama dan kedua bagian dari array masing-masing diurutkan secara rekursif dan kemudian bergabung bersama-sama. Algoritma nya untuk simulasi sebuah koin dengan koin bias digunakan dalam tahap software whitening beberapa hardware nomor acak generator.
    Pada tahun 1956 von Neumann menulis nya (anumerta diterbitkan) buku The Komputer dan Brain, yang membahas bagaimana otak dapat dilihat sebagai mesin komputasi. Buku ini spekulatif di alam, tetapi membahas beberapa perbedaan penting antara otak dan komputer pada zamannya (seperti kecepatan pemrosesan dan paralelisme), serta menunjukkan arah untuk penelitian masa depan. Memori adalah salah satu tema sentral dalam bukunya.

    Sumber : history-computer.com

    26 Februari 2015

    Tidak ada komentar :

    Posting Komentar