• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • John Vincent Atanasoff & Clifford Berry


    John Vincent Atanasoff lahir pada 4 Oktober 1903 beberapa mil barat dari Hamilton, New York. Ayahnya adalah seorang imigran Bulgaria bernama Ivan Atanasov. Nama terakhir diubah menjadi Atanasoff oleh petugas imigrasi di Ellis Island ketika ia tiba dengan seorang paman pada tahun 1889, dan kemudian, nama depannya diubah menjadi John. Ibunya adalah Iva Lucena Purdy, seorang guru matematika. Pasangan ini memiliki sembilan anak (satu di antaranya meninggal): John, Ethelyn, Margaret, Theodore, Avis, Raymond, Melva, Irving.

    Setelah lahir John Vincent, ayahnya menerima gelar teknik elektro di Osteen, Florida. Di Brewster, Florida, John Vincent menyelesaikan sekolah dasar dan mulai memahami konsep listrik.
    John Vincent adalah seorang murid yang baik dan memiliki minat muda dalam olahraga, khususnya bisbol. Minatnya di bisbol memudar ketika ayahnya membeli aturan Dietzgen slide baru untuk membantu dia di pekerjaannya, Atanasoff  menjadi benar-benar terpesona dengan itu. Dia hati-hati membaca instruksi, dan takjub bahwa ia bisa mendapatkan jawaban yang benar.
    Dia segera menjadi tertarik pada prinsip-prinsip matematika di balik pengoperasian aturan slide dan studi logaritma, ini menyebabkan penelitian dalam fungsi trigonometri. Dengan bantuan ibunya, ia membaca “A College Aljabar”, oleh JM Taylor. Buku ini termasuk penelitian awal pada kalkulus diferensial dan juga memiliki sebuah bab pada seri terbatas tentang perhitungan logaritma. Selama waktu itu, Atanasoff  belajar tentang basis angka selain sepuluh dari ibunya, hal ini menyebabkan dia untuk belajar berbagai dasar, termasuk basis-dua. 
    Ketika John Atanasoff masuk SMA, keluarganya pindah ke sebuah peternakan di Old Chicora, Florida. Ia menyelesaikan kursus Sekolah Tinggi Mulberry dalam dua tahun, yang mahir dalam ilmu pengetahuan dan matematika. Dia saat itu memutuskan ingin menjadi seorang fisikawan teoritis. Pada tahun 1921, ia masuk ke University of Florida di Gainesville. Karena universitas tidak menawarkan gelar dalam fisika teoritis, ia mulai mengambil kursus teknik listrik. Sementara mengambil kursus ini, ia kemudian menjadi tertarik pada elektronik dan ilmu matematika yang lebih tinggi. Dia lulus dari University of Florida pada tahun 1925 dengan gelar Bachelor of Science di bidang teknik listrik. Dia memiliki nilai rata-rata akademik "A". Meskipun ia memiliki banyak tawaran untuk mengajar, termasuk salahsatunya datang dari Universitas Harvard, ia justeru memilih untuk melanjutkan study di Iowa State College.
    Suatu hari pada musim panas tahun 1925 22-tahun John Vincent naik kereta yang membawanya ke Ames, Iowa, tempat dimana Iowa State College berada. Saat itu Dia sudah cukup siap untuk membuat tanda dalam dunia ilmu pengetahuan. Dari bulan September sampai November ia memiliki kesibukan untuk meraih gelar master dan mengajar dua kelas sarjana matematika. Meskipun kehidupan sosialnya sangat minim karena jadwal yang padat, ia akrab dengan salah satu organisasi kampus bernama “Club Dixie” sebuah klub yang diselenggarakan untuk siswa yang  jauh dari rumah. 
    Pada Juni 1926, John menerima gelar master dalam matematika dari Iowa State College, dan beberapa hari kemudian, ia menikahi Lura. Iowa State telah menyewa Laura untuk mengajar matematika, Lura belum menyelesaikan pekerjaan untuk gelar sarjana di bidang ekonomi rumah, dan ia telah menandatangani kontrak untuk mengajar sekolah selama tahun ajaran 1926-1927 di Montana sehingga ia bisa menghemat uang cukup untuk menyelesaikan tahun yang ia butuhkan untuk gelar itu. Di tengah jalan ia memutuskan untuk membatalkan kontrak mengajarnya untuk kembali ke Ames bersama suaminya. Setahun kemudian, putri tertua mereka Elsie lahir. Setelah itu mereka pindah ke Madison, Wisconsin, di mana John telah diterima sebagai calon doktor. Dua anak lainnya, Joanne dan John, kemudian lahir. Pekerjaan pada tesis doktornya, “The Dielektrik Konstan dari Helium,” memberi Atanasoff pengalaman pertama dalam komputasi yang serius. Dia menghabiskan berjam-jam pada kalkulator Monroe, salah satu mesin hitung paling maju saat itu. Selama berminggu-minggu menyelesaikan tugas perhitungan Atanasoff memperoleh minat dalam mengembangkan mesin komputasi yang lebih baik dan lebih cepat. Setelah menerima gelar Ph.D. dalam teori fisika di Juli 1930, ia kembali ke Iowa State College dengan tekad untuk mencoba menciptakan mesin komputasi yang lebih cepat dan lebih baik. 
    Pada musim gugur 1930 ia menjadi anggota fakultas Universitas Iowa State sebagai asisten profesor di matematika dan fisika. Dengan latar belakang akademisnya. Atanasoff merasa ia telah dibekali dengan baik untuk mencoba mencari cara untuk mengembangkan solusi untuk menyelesaikan persoalan matematika yang rumit yang ia ditanggulangi selama tesis doktornya, dengan cara yang lebih cepat, dan lebih efisien. Selama periode itu ia melakukan eksperimen dengan tabung vakum dan radio, dan memeriksa bidang elektronik.
    Ia dipromosikan sebagai profesor atas keberhasilannya mengasosiasikan matematika dan fisika, dan pindah dari Balai Beardshear ke Gedung Fisika.Setelah memeriksa perangkat matematika yang tersedia pada saat itu, Atanasoff menyimpulkan bahwa mereka jatuh ke dalam dua kelas – analog dan digital, dengan apa yang ia sebut “mesin komputasi yang tepat.”
    Pada 1936 dia terlibat dalam upaya terakhirnya untuk membangun sebuah kalkulator analog kecil. Dengan Glen Murphy, seorang fisikawan atom di Iowa State College, ia membangun “Laplaciometer (kalkulator analog kecil)”. Itu digunakan untuk menganalisis geometri permukaan. Mesin ini dianggap memiliki kekurangan yang sama seperti perangkat analog lainnya, di mana akurasi adalah tergantung pada kinerja bagian-bagian lain dari mesin. Obsesi untuk menemukan solusi untuk masalah komputer telah dibangun sejak musim dingin 1937.
    Replika ABC (Atanasoff-Berry Computer).
    Suatu malam Atanasoff frustrasi, ia masuk ke mobilnya dan mulai mengemudi tanpa tujuan. Dua ratus mil kemudian, ia ditarik ke Casino di negara bagian Illinois. Di sini, ia minum bourbon dan terus berpikir tentang penciptaan mesin. Tidak lagi gugup dan tegang, ia menyadari bahwa pikiran yang datang bersama-sama jelas. Dia mulai menghasilkan ide-ide tentang bagaimana membangun komputer ini. Setelah menerima hibah sebesar $ 650 dari Iowa State College bulan March 1939, Atanasoff siap untuk memulai petualangannya yang menarik. Untuk membantu dia mencapai tujuannya, ia menyewa seorang mahasiswa teknik listrik bernama, Clifford E. Berry. Dari 1939 sampai 1941 mereka bekerja untuk mengembangkan dan meningkatkan ABC (Atanasoff-Berry Computer) . Ketika Perang Dunia II dimulai pada tanggal 7 Desember 1941, pekerjaan pada komputer terhenti. Meskipun Iowa State College telah menyewa seorang pengacara paten Chicago, Richard R. Trexler tetapi hak paten dari ABC tidak pernah selesai. 
    Pada bulan September tahun 1939 Atanasoff meninggalkan Ames, Iowa, dan Iowa State, mengambil cuti untuk posisi yang berhubungan dengan pertahanan di Laboratorium Naval Ordnance di Washington, DC (sementara Clifford Berry telah menerima pekerjaan yang berhubungan dengan pertahanan di California). Dia pikir dia akan menghabiskan beberapa bulan atau paling banyakbeberapa tahun dalam pemerintahan dan kemudian kembali ke Iowa State College untuk menjadi kepala departemen. Dia menjadi Kepala Divisi Akustik di Laboratorium Naval Ordnance, posisi yang membayarnya ± $ 10.000 dari gaji pemerintah pada saat itu. Dia bertanggung jawab untuk mengembangkan komputer untuk Angkatan Laut Amerika Serikat. Pada saat yang sama, ia terlibat juga dalam tes atom pertama di Pasifik, sebuah proyek yang ia sukai. Pada tahun 1948 saat kunjungan kembali ke Ames, ia terkejut dan kecewa untuk bahwa Atanasoff-Berry Computer telah dihancurkan dari bangunan Fisika yang dibongkar. Baik dia maupun Clifford Berry telah diberitahu bahwa komputer itu akan dihancurkan. Hanya beberapa bagian dari komputer yg akan diselamatkan. Pemisahan panjang dari keluarganya mulai mengambil korban. Dia dan Lura sempat renggang. Pada tahun 1949 mereka bercerai Lura dan dengan anak-anaknya pindah ke Denver, Colorado. Pada tahun yang sama, John Atanasoff menikahi Alice Crosby, warga Iowa yang juga pergi ke Washington untuk bekerja selama masa perang. 
    Pada tahun 1949 ia menjadi kepala ilmuwan untuk Pasukan Army Field di Fort Monroe, Virginia. Setelah satu tahun, ia kembali ke Washington sebagai direktur Program Fuse Angkatan Laut di Laboratorium Naval Ordnance. Dia tinggal di posisi itu hingga tahun 1951-an. Pada tahun 1952 ia mendirikan The Ordnance Engineering Corporation, sebuah penelitian dan perusahaan rekayasa di Rockville, Maryland, dengan teman lama dan mahasiswa, David Beecher. Perusahaan ini dijual ke Aerojet General Corporation pada tahun 1957, dan ia menjadi Manajer Divisi Atlantik yang 1957-1959 dan Wakil Presiden 1959-1961. Pada tahun 1961 ia pensiun. Pada tahun 1974, John Vincent kembali ke Iowa State University untuk menjadi tamu kehormatan dan grand marshall untuk perayaan siswa terbesar di bangsa Veisha. Akronim ini singkatan huruf pertama dari studi di universitas Kedokteran Hewan, Teknik, Industri Sains, Ekonomi Rumah, dan Pertanian. Festival ini biasanya menarik lebih dari 250.000 orang. Dia menghadiri dengan istrinya Alice dan dua anaknya Joanne dan John dan keluarga masing-masing. Sedangkan Elsie sedang di Indonesia dengan suaminya dan berhalangan hadir. Wakil presiden dan direktur informasi dan urusan publik untuk SPI, Carl Hamilton, mulai bergerak untuk menciptakan sebuah cerita film pada pembangunan Komputer Atanasoff-Berry.Film “Dari Satu John Vincent Atanasoff” selesai pada tahun 1981. Pada tanggal 21 Oktober 1983 (ulang tahun kesepuluh dari keputusan bersejarah Hakim Larson yang Iowa State adalah tempat pembangunan komputer digital elektronik pertama dan bahwa ENIAC telah “berasal” dari ABC), film ini dirilis dan selama perayaan diadakan di kampus SPI, JV diberi Citation Prestasi Distinguished oleh Iowa State University Alumni Association Janda Cliff Berry, Jean Berry, dan ibunya Ny Rahmat Berry yang diakui sebagai kerabat dari penemu co-dari ABC. Setelah lama sakit, Atanasoff meninggal karena stroke pada tanggal 15 Juni 1995 di rumahnya di Maryland.

    CLIFFORD EDWARD BERRY lahir di Gladbrook, Iowa Fred Gordon Berry dan Grace Strohm pada tanggal 19 April 1918. Dia adalah anak tertua dari empat anak yang lahir dari pasangan Clifford, Keith, Frederick, dan Barbara.Ketika Clifford adalah seorang anak kecil, ayahnya Fred memiliki alat listrik dan toko perbaikan di Gladbrook, di mana ia memiliki beberapa proyek listrik. Sejauh terbesar proyeknya adalah radio – radio pertama di Gladbrook. Hal ini mendorong aliran pengunjung kota untuk mendapatkan sekilas di mesin. Fred mengajarkan anaknya tentang pembangunan radio dan itu berarti bahwa Clifford mulai bermain-main dengan listrik dan radio. Ketika dia berumur sebelas tahun, ia membangun ham radio pertamanya, di bawah pengawasan ayahnya. Sejak usia dini, Clifford adalah anak dewasa sebelum waktunya. Guru kelas duanya dan kepala sekolah menyarankan kepada orang tuanya bahwa ia dipindahkan di depan kelas. Fred dan Rahmat Berry menolak selama dua tahun, sampai kepala sekolah berpendapat lagi bahwa Clifford perlu ditantang. Dia diizinkan untuk melewatkan kelas IV.

    Ketika ia berusia 11 tahun, keluarganya pindah ke kota kecil Marengo, Iowa di mana ayahnya telah menerima posisi sebagai manajer kantor Marengo untuk Power Company Iowa. Selama tahun kedua Clifford sekolah di Sekolah Tinggi Marengo, di mana ia terus unggul secara akademis. Ayahnya ditembak dan dibunuh oleh seorang karyawan yang telah dipecat. Pada saat kematian Fred Berry, Grace memutuskan keluarga akan tetap di Marengo sampai Clifford siap untuk menghadiri Iowa State College. Pada saat itu, mereka semua akan pindah ke Ames, rumah kampus. Dari sedini keluarganya bisa mengingat, Clifford telah bercita-cita untuk belajar teknik elektro. Ayahnya telah memutuskan bahwa Iowa State College adalah perguruan tinggi untuk Clifford, karena Universitas Teknik yang memiliki reputasi yang baik di seluruh bangsa. Dari awal tahun kuliahnya, rekornya sebagai mahasiswa teknik listrik sangat mengesankan. Ia menerima gelar B.S. Teknik Elektro pada tahun 1939. Profesor Harold Anderson adalah seorang profesor teknik elektro dan salah satu teman John Vincent Atanasoff terbaik. Dia juga salah satu dari banyak orang yang terkesan dengan kecemerlangan Clifford Berry dan kapasitas. Dengan demikian, ketika Atanasoff bertanya apakah ia bisa merekomendasikan seorang mahasiswa pascasarjana di bidang teknik listrik untuk membantu dia dalam komputer-mesin proyek, Profesor Anderson langsung teringat Clifford Berry. Ketika Clifford disebut Profesor Atanasoff untuk memberitahu bahwa ia tertarik pada pekerjaan, Atanasoff menyadari bahwa ia berhadapan dengan seorang pemuda yang tidak biasa. Jadi, pada suatu pagi di musim semi 1939, dua laki-laki brilian memiliki percakapan pertama mereka tentang konsep dan masalah dasar mereka harus menyelesaikan dalam pembangunan prototipe dari sebuah komputer digital elektronik. Pembangunan prototipe bergerak maju dengan kecepatan tinggi dan segera setelah itu selesai itu bekerja dengan baik. Ini menetap keraguan mereka bahwa komputer elektronik dapat dibangun. Pada bulan Desember 1939 sebuah demonstrasi dari prototipe untuk pejabat Universitas Iowa State meyakinkan mereka bahwa proyek Atanasoff adalah layak hibah sebesar $ 850 dari Iowa State College Research Council untuk membangun mesin skala penuh mampu memecahkan sistem persamaan. Bekerja pada mesin dimulai setelah liburan Natal. Dengan akhir musim semi proyek ini berjalan dengan baik, dan pertimbangan diberikan kepada fakta bahwa langkah-langkah yang perlu diambil untuk mematenkan mesin, serta meminta dana tambahan untuk penyelesaiannya. Sebuah 35-halaman Mesin Komputasi naskah untuk Solusi Sistem Besar Persamaan Aljabar Linear lengkap dengan gambar dari mesin ditulis oleh Atanasoff dengan bantuan Berry. Satu salinan dari naskah ini dikirim pada tahun 1940-an pengacara paten Chicago, Richard R. Trexler, yang telah disewa oleh Iowa State College untuk memberi mereka saran tentang cara untuk melindungi penemuan yang dimasukkan ke dalam Komputer Atanasoff Berry.

    Ketika Perang Dunia II dimulai, bekerja pada komputer terhenti. Atanasoff meninggalkan Ames, Iowa, cuti dari Iowa State untuk posisi yang berhubungan dengan pertahanan di Laboratorium Naval Ordnance di Washington, DC Ia meninggalkan tugas menyelesaikan paten dari ABC ke pejabat universitas. Clifford adalah seorang mahasiswa pascasarjana dalam fisika dan bekerja sebagai asisten pada ABC bahwa ia bertemu Martha Jean Reed juga merupakan Iowa State lulusan yang bekerja di Departemen Fisika sebagai sekretaris John Atanasoff. Pasangan ini menikah 30 Mei 1942 di Ames, Iowa. Mereka memiliki dua anak, Carol dan David. Ia menerima M.S. nya dalam Fisika pada tahun 1941. Setelah pernikahan mereka pada tahun 1942, pasangan itu meninggalkan Iowa untuk pekerjaan yang berhubungan dengan pertahanan ia telah ditawarkan dengan Konsolidasi Engineering Corporation di Pasadena, California. Di bawah pengaturan khusus dengan Iowa State, ia melakukan penelitian secara in absentia dan menyelesaikan persyaratan untuk Ph.D. (Dalam fisika) pada tahun 1948, saat bekerja di C.E.C.

    Pada tahun 1948 ia menerima gelar doktor setelah menyajikan sebuah tesis berjudul “Pengaruh Energi awal pada Spektrum Massa.” Dia menjadi Kepala Fisikawan di C.E.C. pada tahun 1949 dan Asisten Direktur Riset pada tahun 1952. Dia membuat Direktur Teknik dari Divisi analitis dan Pengendalian pada tahun 1959 dan juga menjabat sebagai Direktur Teknis. Pada awal Oktober 1963 ia meninggalkan C.E.C. untuk menjadi Manajer Pengembangan Lanjutan di Corporation Vacuum-Elektronika di Plainview, New York. Dia meninggal tiba-tiba pada tanggal 30 Oktober 1963, sebelum keluarganya memiliki kesempatan untuk bergabung dengannya di New York. Dr Berry dikeluarkan 19 paten di bidang spektrometri massa, 11 paten di berbagai bidang vakum dan elektronik dan, pada saat kematiannya, memiliki 13 paten-paten. Dia memiliki beberapa artikel yang dicetak dalam publikasi seperti: Fisika Review, Instrumen, National Bureau of Standards, Journal of Applied Physics, dan Review Tahunan Ilmu Nuklir. Dia memberikan kontribusi bab Instrumen Proses Hill McGraw dan Kontrol Handbook. Dia adalah anggota dari American Physical Society, American Society Vacuum, Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan, Sigma Xi, Eta Kappa Nu, Pi Epsilon Mu, dan Phi Phi Kappa.

    Manfaat penemuan John Atanasoff dan Clifford Berry bagi manusia adalah mampunya menyelesaikan 29 persamaan linear secara bersamaan dan dibutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mendapatkan penyelesaiannya dari ABC dibanding mesin hitung lain,sebagai alat hitung analog,menghitung permasalahan matematis.

    Sumber : history-computer.com

    27 Februari 2015

    4 komentar :

    1. Nice blog, salam kenal lur, dari Karawang! Mantap. Bangkitkan minat blogging di Karawang!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hatur nuhun lur, :D Semoga saja. Hanya berusaha mengisi waktu luang dengan belajar blogging dan berbagi sedikit pengetahuan :)

        Hapus