• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Howard Hathaway Aiken


    Howard Hathaway Aiken (lahir di Hoboken, New Jersey, 9 Maret 1900 – meninggal di St. Louis, Missouri, 14 Maret 1973 pada umur 73 tahun) adalah seorang pionir di bidang komputer, dan dia merupakan insinyur utama dalam pengembangan komputer IBM Harvard Mark I. Aiken menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Wisconsin, Madison, dan menyelesaikan Ph.D. di bidang fisika di Universitas Harvard pada tahun 1939.
    Howard Aiken menyadari bahwa salah satu cara untuk
    mengurangi kesalahan manusia dalam perhitungan adalah
    untuk mengurangi keterlibatan manusia itu sendiri. Aiken berpendapat "Semua kesulitan komputasi ini dapat dihilangkan dengan desain mesin hitung otomatis yang cocok."  
    Pada masa dia menyelesaikan program doktornya, Aiken menemukan beberapa persamaan diferensial yang hanya dapat diselesaikan secara numerik. Dari sinilah ia mentargetkan untuk membuat alat komputasi elektro-mekanik yang dapat membantunya menyelesaikan persamaan-persamaan tersebut. Maka pada tahun 1937 ia mengusulkan pembuatan mesin penghitung otomatis. IBM dan Harvard sepakat dalam kolaborasi pembangunan alat komputasi tersebut. 
    Alat ini awalnya disebut sebagai Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC) dan belakangan diberi nama Harvard Mark I. Dengan dibantu oleh Grace Hopper dan pendanaan dari IBM. Selesai pada tahun 1944, komputer karya Howard Aiken "Harvard Mark I" pernah digunakan untuk membantu merancang bom atom Amerika.
    Harvard_Mark_I
    Harvard Mark I
    Pada tahun 1947, Aiken menyelesaikan pembuatan komputer generasi berikutnya yang bernama Harvard Mark II. Versi-versi berikutnya kemudian terus dikembangkan, mulai dari Mark III yang masih sebagian menggunakan komponen mekanik dan Harvard Mark IV yang telah semuanya berisi komponen elektronik.
    Seperti telah disebutkan sebelumnya Aiken mendapat inspirasi untuk membangun mesin-mesin tersebut dari mesin Difference Engine milik Charles Babbage yang dikirim oleh Henry Prevost Babbage ke Universitas Harvard.
    Pada tahun 1970, Aiken menerima penghargaan Edison Medal dari IEEE atas kontribusinya menjadi pionir dalam pengembangan komputer digital skala besar dan kontribusinya dalam bidang pendidikan komputer digital.
    Selain karyanya pada seri komputer Mark, kontribusi penting dari Aiken adalah pengenalan program master untuk ilmu komputer di Universitas Harvard, selama hampir satu dekade sebelum program mulai muncul di universitas lain.

    disunting oleh : Khaerudin Noer 
    Sumber Artikel & Gambar: en.wikipedia.org & computerhistory.org




     

    24 Februari 2015