• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Timeline 1939-1950



    Hewlett and Packard in the garage workshop 
    courtesy HP Archives
    1939
    Computers
    Hewlett-Packard Didirikan. David Packard dan Bill Hewlett menemukan Hewlett-Packard di sebuah garasi Palo Alto, California. Produk pertama mereka adalah HP 200A Audio Osilator, yang dengan cepat menjadi bagian populer sebagai alat uji coba untuk insinyur. Walt Disney Pictures memerintahkan delapan model 200B digunakan dalam efek suara sebagai generator untuk film "Fantasia" pada tahun 1940.




    HThe Complex Number Calculator (CNC)
    1940
    Computers
    The Complex Number Calculator (CNC). Pada tahun 1939, Bell Telephone Laboratories menyelasikan pembuatan kalkulator CNC, yang dirancang oleh peneliti George Stibitz. Pada tahun 1940, Stibitz menunjukkan CNC pada konferensi matematika American Society yang diadakan di Dartmouth College. Stibitz membuat komunitas tersebut tertegun dengan melakukan perhitungan jarak jauh dengan CNC (terletak di New York City) menggunakan Teletype yang terhubung melalui saluran telepon khusus. Hal ini kemudian dianggap sebagai demonstrasi pertama dari akses remote.


    The Zuse Z3 Computer
    1941
    Computers
    Komputer Konrad Zuse  Z3. Z3 adalah komputer awal yang dibangun oleh insinyur Jerman Konrad Zuse yang bekerja ditempat terisolasi dan dikembang di tempat lain. Menggunakan 2.300 relay, Z3 menggunakan floating point aritmatika biner dan memiliki panjang kata 22-bit. Z3 yang asli telah hancur dalam serangan pemboman Berlin pada akhir 1943. Namun, Kemudian Konrad Zuse memandu pembangunan ulang komputer Z3 pada tahun 1960-an yang saat ini dipamerkan di Museum Munich - Jerman.

    Bombe replica, Bletchley Park, U.K. 
    Computers
    Pada tahun yang sama (1941) Bombe pertama selesai. Sebagian desain berbasis dari "Bomba," Polandia. Bombe merupakan alat mekanis decrypting (pemecah sandi) komunikasi yang digunakan oleh militer Nazi selama Perang Dunia II, sedangkan desain Bombe Inggris sangat dipengaruhi oleh karya pelopor komputer Alan Turing dan pelopor lainnya. Banyak mesin bombe telah dibangun pada masa itu. Mesin-mesin mekanis tersebut secara dramatis meningkatkan kemampuan pengumpulan dan pengolahan data intelijen pasukan Sekutu.



    1942
    Computers
    Atanasoff-Berry Computer (ABC) selesai.
    Setelah berhasil menunjukkan bukti dari konsep prototipe pada tahun 1939, Atanasoff menerima dana untuk membangun mesin skala penuh. Dibangun di Iowa State College (sekarang menjadi Universitas), ABC dirancang dan dibangun oleh Profesor John Vincent Atanasoff dan mahasiswa pascasarjana Cliff Berry antara 1939 dan 1942. ABC berada di tengah-tengah sengketa paten yang berkaitan dengan penemuan komputer, yang diselesaikan pada tahun 1973, ketika itu ABC diperlihatkan pada John Mauchly (ENIAC co-desainer) yang datang untuk memeriksa tak lama setelah mesin tersebut berfungsi.
    Hasil akhir untuk legalitasnya adalah: Atanasoff dinyatakan sebagai pencetus beberapa ide dasar komputer, tapi komputer sebagai sebuah konsep dinyatakan tanpa paten dan dengan demikian terbuka secara bebas untuk semua. Hasil ini telah disebut sebagai penemuan komputer yang dibatalkan "dis-invention of the computer." Sebuah rekonstruksi skala penuh dari ABC selesai pada tahun 1997 dan membuktikan bahwa mesin ABC berfungsi sesuai dengan klaim Atanasoff.


    1943
    Computers
    Proyek Whirlwind dimulai. Selama Perang Dunia II, Angkatan Laut Amerika Serikat mendekati Massachusetts Institute of Technology (MIT) terkait dengan pembangunan simulator penerbangan untuk melatih awak bomber. Tim pertama membangun sebuah komputer analog besar, tapi ternyata tidak akurat dan tidak fleksibel. Setelah desainer melihat demonstrasi dari komputer ENIAC, mereka memutuskan untuk membangun sebuah komputer digital. Pada saat Whirlwind  selesai pada tahun 1951, Angkatan Laut telah kehilangan minat dalam proyek, meskipun Angkatan Udara AS pada akhirnya memberikan dukungan pada proyek yang akan mempengaruhi desain program SAGE.


    Relay Interpolator selesai. Tentara AS meminta Bell Labs untuk merancang mesin untuk membantu dalam pengujian yang M-9 Gun Director. Matematikawan Bell Labs George Stibitz direkomendasikan menggunakan kalkulator berbasis relay untuk proyek tersebut. Hasilnya adalah Relay Interpolator, kemudian disebut Bell Labs Model II. The Relay Interpolator digunakan 440 relay dan karena itu diprogram oleh pita kertas, itu digunakan untuk aplikasi lain setelah perang.



    1944
    Computers
    Pembangunan Harvard Mark-1 selesai. Diciptakan oleh profesor Harvard Howard Aiken, dirancang dan dibangun oleh IBM, Harvard Mark-1 adalah kalkulator pemancar yang memiliki ukuran sangat besar seukuran dengan ruangan standar. Mesin ini memiliki camshaft (poros silinder) sepanjang lima puluh kaki yang disinkronkan dengan ribuan mesin pada bagian komponen. The Mark-1 digunakan untuk menghasilkan tabel matematika tapi segera digantikan oleh komputer dengan program tersimpan. 

    Colossus pertama beroperasi di Bletchley Park. Dirancang oleh insinyur Inggris Tommy Flowers, Colossus dirancang untuk memecahkan complex Lorenz ciphers yang digunakan oleh Nazi selama Perang Dunia II. Sebanyak sepuluh Colossus dikirim ke Bletchley, masing-masing menggunakan 1.500 tabung vakum dan serangkaian katrol pengangkut gulungan yang bekerja terus menerus menekan pita kertas yang mungkin menghasilkan solusi untuk kode tertentu. Colossus mengurangi waktu untuk memecahkan pesan Lorenz dari minggu ke jam. Keberadaan mesin ini tidak diumumkan sampai tahun 1970-an.


    1945
    Computers
    John von Neumann menulis "Draft Laporan Pertama di EDVAC" di mana ia menguraikan arsitektur komputer dengan program-tersimpan. Program penyimpanan informasi elektronik dan metode penghapusan data yang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan perograman, seperti yang berlaku pada pita kertas penekan -. Sebuah konsep yang telah menandai alur utama (mainstream) dalam sejarah pembangunan komputer sejak 1945. John von Neumann matematikawan kelahiran Hungaria ini telah menunjukkan keahlian luar biasa dalam hidrodinamika, balistik, meteorologi, teori permainan, statistik, dan penggunaan perangkat mekanik untuk perhitungan. Setelah perang, ia berkonsentrasi pada pengembangan Princeton Institute untuk melanjutkan studi dibidang komputer, langkahnya kemudian menjadi acuan yang diikuti banyak peneliti bidang komputasi di seluruh dunia. 

    People & Pop Culture
    Pada 9 September 1945, Grace Hopper seorang laksamana muda Angkatan Laut AS (U.S. Navy rear admiral), menjadi orang pertama yang mencatat temuan "bug" (bug : adalah suatu kesalahan desain pada suatu perangkat keras komputer atau perangkat lunak komputer yang menyebabkan peralatan atau program tidak berfungsi semestinya). Bug tersebut terdapat antara relay dan login pada jam 15:45 pada komputer Harvard Mark II.
    Grace Hopper menikmati karir yang sukses di akademisi, bisnis, dan militer disamping itu dia juga telah membuat sejarah di bidang komputer. Dia membantu program Harvard Mark I dan II dengan mengembangkan kompilasi bahasa pemrograman pertama, A-0. Selanjutnya dia membuat desain bahasa pemrograman yang lebih dikenal dengan COBOL (COmmon Business-Oriented Language.), versi lain dari bahasa perograman yang beroperasi pada mesin komputer dari produsen yang berbeda.


    1946
    Computers
    Pada bulan Februari, masyarakat mendapat sekilas gambaran pertama dari ENIAC, mesin komputer yang dibangun oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert yang telah ditingkatkan kecepetannya mencapai 1.000 kali pada zamannya. Dengan informasi pembangunan sebagai berikut:
    Start of project : 1943
    Completed : 1946
    Programmed : plug board and switches
    Speed : 5,000 operations per second
    Input/output : cards, lights, switches, plugs
    Floor space : 1,000 square feet
    Project leaders : John Mauchly and J. Presper Eckert.

    Sebuah sekolah komputer musim panas yang meng-inspirasi, University of Pennsylvania´s Moore School of Electrical Engineering telah mendorong universitas dan lembaga penelitian untuk membangun komputer dengan program-tersimpan. Sebuah kuliah terbuka dan gratis bagi publik yang kemudian menginspirasi EDSAC, BINAC, dan kemudian IAS untuk membuat klon mesin seperti AVIDAC di Argonne National Laboratory. Robert Dennis menginstal antar-satuan kabel seperti James Woody Jr menyesuaikan sirkuit kontrol defleksi untuk unit memori.


    1947
    Components
    Tabung Williams memenangkan perlombaan untuk praktek RAM (random-access memory). Sir Frederick Williams dari Universitas Manchester melakukan modifikasi pada tabung sinar katoda untuk melukis titik dan garis dari pendar muatan listrik pada layar, yang mewakili angka biner 1 dan nol. Mesin vacuum tube (tabung hampa), seperti pada IBM 701, menggunakan tabung Williams sebagai memori utama.

    Pada tanggal 23 Desember, William Shockley, Walter Brattain, dan John Bardeen berhasil menguji transistor point-contact, dan menghentikan revolusi semikonduktor. Peningkatan model transistor yang dikembangkan di AT & T Bell Laboratories, mampu menggantikan peranan tabung vakum yang digunakan pada komputer saat itu.

    Companies
    Pionir komputer Presper Eckert dan John Mauchly mendirikan Eckert-Mauchly Computer Corp untuk membangun mesin berdasarkan pengalaman mereka dengan ENIAC dan EDVAC. Satu-satunya mesin perusahaan dibangun adalah BINAC. Sebelum menyelesaikan UNIVAC, perusahaan ini menjadi sebuah divisi dari Remington Rand.


    1948
    Companies
    IBM´s Selective Sequence Electronic Calculator, melakukan penghitungan data ilmiah yang ditampilkan untuk publik dekat dengan kantor pusat perusahaan di Manhattan. Sebelum dilakukan decommission (menarik diri dari layanan aktif) pada tahun 1952, SSEC menghasilkan tabel posisi bulan yang digunakan dalam merencanakan perjalanan 1969 untuk penerbangan Apollo ke bulan.
    Berikut adalah informasi mengenai komputer tersebut :
    Speed : 50 multiplications per second
    Input/output : cards, punched tape
    Memory type : punched tape, vacuum tubes, relays
    Technology : 20,000 relays, 12,500 vacuum tubes
    Floor space : 25 feet by 40 feet
    Project leader : Wallace Eckert

    Robots & Artificial Intelligence
    Norbert Wiener menerbitkan "Cybernetics," yang berpengaruh besar pada penelitian selanjutnya akan kecerdasan buatan. Dia menyerap percobaanya dari peristiwa Perang Dunia II dengan sistem anti-pesawat yang dapat mengantisipasi pergerakan pesawat musuh dengan menginterpretasikan citra radar. Wiener menciptakan istilah "cybernetics" dari kata Yunani untuk "jurumudi." 
    Selain "cybernetics," sejarawan mencatat Wiener untuk analisis tentang gelombang otak dan untuk eksplorasi tentang kesamaan antara otak manusia dan mesin komputasi modern yang mampu mengasosiasikan memori/ingatan, pilihan, dan pengambilan keputusan.

    Software & Languages
    Claude Shannon "Matematikawan Teori Komunikasi" menunjukkan pada para  insinyur bagaimana kode data mampu melakukan pemeriksaan secara akurat dalam transmisi antara komputer. Shannon meng-identifikasi bit sebagai unit dasar data dan ketepatan unit dasar perhitungan.


    1949
    Computers
    Maurice Wilkes merakit komputer EDSAC, perangkat komputer praktis pertama yang memiliki kemampuan menyimpan program, di Universitas Cambridge. Ide-ide yang dimilikinya tumbuh dari kuliah di Moore school yang ia ikuti tiga tahun sebelumnya.
    Untuk pemrograman EDSAC, Wilkes mendirikan perpustakaan program pendek yang disebut subrutin yang disimpan pada kaset kertas tinju (punched paper tapes). Informasi EDSAC adalah sebagai berikut :
    Technology : vacuum tubes
    Memory : 1K words, 17 bits, mercury delay line
    Speed : 714 operations per second

    Manchester Mark I computer difungsikan sebagai sistem yang lengkap dengan menggunakan tabung Williams untuk memori. Mesin Universitas ini kemudian menjadi prototipe untuk komputer pertama di Ferranti Corp 's.
    Start of project: 1947
    Completed : 1949
    Add time : 1.8 microseconds
    Input/output : paper tape, teleprinter, switches
    Memory size : 128 + 1024 40-digit words
    Memory type : cathode ray tube, magnetic drum
    Technology : 1,300 vacuum tubes
    Floor space : medium room
    Project leaders : Frederick Williams and Tom Kilburnurn




    1950
    Computers
    Engineering Research Associates dari Minneapolis membangun ERA 1101, komputer pertama yang diproduksi secara komersial; pelanggan perusahaan pertamanya adalah US Navy (Angkatan Laut Amerika Serikat). ERA 1101 menggunakan 1 juta bit drum magnetik, yang merupakan perangkat penyimpanan magnetik awal. Drums terdaftar sebagai informasi pulsa magnetik pada trek sekitar silinder logam. Proses membaca/menulis dilakukan oleh kedua heads baik untuk merekam atau memulihkan data. Drums tersebut dapat menyimpan sebanyak 4.000 kata dan dapat mengambil salah satu dari kata-kata tersebut dalam waktu lima-perseribu detik.

    The National Bureau of Standards membangun SEAC (Standards Eastern Automatic Computer) di Washington sebagai laboratorium untuk pengujian komponen dan sistem untuk menetapkan standar komputer. The SEAC adalah komputer pertama yang menggunakan semua-dioda logika, merupakan teknologi yang lebih handal dari tabung vakum, dan atau komputer dengan penyimpan program pertama yang selesai di Amerika Serikat. Pada SEAC Pita magnetik di unit penyimpanan eksternal menyimpan informasi pemrograman, kode subrutin, data numerik, dan output.

    Filosofi Alan Turing yang ditujukan  pada desain dari Britain´s Pilot ACE di National Physical Laboratory. "Kami berusaha untuk membangun sebuah mesin untuk melakukan segala macam hal yang berbeda hanya dengan pemrograman bukan dengan penambahan aparat ekstra," kata Turing di sebuah simposium pada skala besar mesin penghitung digital pada tahun 1947 di Cambridge, Mass.
    Start of project: 1948
    Completed : 1950
    Add time : 1.8 microseconds
    Input/output : cards
    Memory size : 352 32-digit words
    Memory type : delay lines
    Technology : 800 vacuum tubes
    Floor space : 12 square feet
    Project leader : J. H. Wilkinson


    Sumber : computerhistory.org

    9 Juli 2014