• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Computer History Timeline (1987 - 1994)



    1987
    Components
    Motorola meluncurkan mikroprosesor 68030. meningkatkan microprocessor 68020 pendahulunya, 68030 merupakan mikroprosesor 32-bit dengan meningkatkan inti (core) central processing unit, cache data, cache instruksi, bus kontroler yang ditingkatkan, dan unit manajemen memori dalam perangkat VLSI tunggal - semua beroperasi pada kecepatan minimal 20 MHz.

    Computers
    IBM memperkenalkan mesin PS / 2 , yang membuat floppy disk drive 3 1/2-inch  dan video grafis standar array untuk komputer IBM. IBM pertama menyertakan chip Intel 80386, perusahaan telah memasarakan lebih dari 1 juta unit hingga akhir tahun 1987. IBM merilis sebuah sistem operasi baru, OS / 2, pada saat yang sama, yang memungkinkan penggunaan mouse dengan komputer IBM untuk pertama kalinya.

    Software & Languages
    Insinyur dari Apple inc. William Atkinson merancang HyperCard, sebuah perangkat lunak yang menyederhanakan pengembangan aplikasi rumah. HyperCard berbeda dari program sejenisnya karena Atkinson membuatnya interaktif lebih dari sekedar aplikasi  berbasis bahasa, lebih diarahkan pada pembangunan user interfaces daripada pengolahan data. Dalam HyperCard, programmer membangun sususnan dengan konsep link hypertext antar susunan halaman. Apel berbagi program gratis  dengan komputer Macintosh sampai tahun 1992. 
    Pengguna Hypercard bisa melihat melalui susunan HyperCard, dengan menambah atau mengedit susunannya. Sebagai susunan penulis, programmer bekerja menggunakan berbagai alat untuk membuat susnan sendiri, yang dihubungkan bersamaan seperti  slide show. Pada tingkat terendah, program terkait pada kartu yang berurut dalam kronologis perintah, tapi bahasa pemrograman HyperTalk dapat menghasilkan link yang lebih canggih.



    1988
    Components
    Compaq dan pembuat PC-clone lainnya mengembangkan peningkatan industri arsitektur standar menjadi lebih baik daripada microchannel dan mempertahankan kompatibilitas dengan mesin yang ada. EISA menggunakan bus 32-bit, menjadi sarana dimana dua perangkat dapat saling berkomunikasi. Peningkatan pada penganan data menajdikan fitur pada EISA menjadikan arsitektur industri standar untuk bus 16bit menjadi lebih baik. IBM's kemudian mengembangkan pesaing untuk EISA sebagai cara untuk menghindari pembayaran fee untuk IBM bus MCA-nya.

    Computers
    Salah satu pendiri Apple Steve Jobs, yang meninggalkan Apple untuk membentuk perusahaannya sendiri, dengan mendirikan NeXT. Komputer yang ia ciptakan gagal tetapi diakui sebagai inovasi penting. Pada harga dasar $ 6500, NeXT bekerja terlalu lambat untuk menjadi mesin komputer populer. 
    Inovasi komputer NeXT adalah sebagai PC pertama yang memasukan drive untuk penyimpanan disk optik, built-in sinyal digital prosesor  yang memungkinkan pengenalan suara, dan bahasa yang berorientasi pada obyek untuk menyederhanakan pemrograman. NeXT menggunakan mikroprosesor Motorola 68030 , 8 MB RAM, dan 256-megabyte read/write optical disk storage.

    Networking
    Worm buatan Robert Morris' membanjiri ARPANET. Morris yang berusia 23 tahun saat itu adalah putra seorang ahli keamanan komputer untuk National Security Agency, mengirim worm yang tidak merusak melalui Internet, menyebabkan masalah bagi sekitar 6.000 dari 60.000 host yang terhubung ke jaringan. Seorang peneliti di Lawrence Livermore National Laboratory di California, Dennis Maxwell berhasil mengungkap sumber worm, maka wakil presiden SRI, ia mengatakan kepada Sydney (Australia) Sunday Telegraph pada saat itu "ini seperti perbuatan murid seorang penyihir (Sorcerer's Apprentice)."  untuk perbuatannya tersebut Morris dihukum tiga tahun masa percobaan, 400 jam pelayanan masyarakat, dan denda sebesar $ 10.050. 
    Morris, yang mengatakan ia termotivasi oleh kebosanan, membuat program worm untuk memperbanyak dirinya, file komputer dan untuk menyaring melalui semua jaringan komputer. Ukuran file yang direproduksi tersebut akhirnya menjadi cukup besar untuk diterima oleh  memori komputer dan menyebabkan kelumpuhan pada sistem jaringan.

    People & Pop Culture
    Pixar's "Tin Toy" menjadi film animasi komputer pertama yang memenangkan Academy Award, memenangkan Oscar untuk film animasi pendek terbaik. Sebuah permainan wind-up pertama yang meriwayatkan kehebohan bayi-bayi "Tin Toy."  Untuk menggambarkan ekspresi wajah dari bayi-bayi tersebut , programmer mendefinisikan lebih dari 40 otot wajah pada komputer yang dirancang oleh animator.
    Didirikan pada tahun 1986, salah satu proyek utama Pixar's adalah render (penyaji), yang disebut Renderman, sebuah standar untuk menggambarkan adegan 3-D. Renderman menggambarkan objek, sumber cahaya, kamera, efek atmosfer, dan informasi lain sehingga adegan dapat disalurkan pada berbagai sistem. Pixar's kemudian melanjutkan keberhasilan lainnya, termasuk pada tahun 1995-an "Toy Story," film dengan fitur full-length pertama kali yang dibuat sepenuhnya oleh animasi komputer.



    1989
    Components
    Intel merilis mikroprosesor 80486 dan chip coprocessor i860 RISC yang masing-masing berisi lebih dari 1 juta transistor. mikroprosesor RISC memiliki 32-bit aritmatika integer dan Unit logika (bagian dari CPU yang melakukan operasi seperti penambahan dan pengurangan), 64-bit floating-point unit, dan 33 MHz clock rate. 

    Chip 486  tetap mirip dengan struktur pendahulu mereka, chip 386. Yang menetapkan Chip 486 terpisah adalah set instruksi yang dioptimalkan, dengan instruksi on-chip yang terpadu, data cache dan opsional floating-point on-chip unit. Dikombinasikan dengan unit antarmuka bus yang ditingkatkan, menjadikan kinerja mikroprosesor dua kali lipat lebih baik dibanding chip 386 tanpa harus meningkatkan clock rate.

    Components
    Motorola mengumumkan mikroprosesor 68040, dengan jumlah transistor sekitar 1,2 juta transistor. Karena kesulitan teknis, itu tidak dipasarkan sampai tahun 1991, meskipun menjanjikan peluncuran pada bulan Januari 1990.  Mikroprosesor 32-bit, 25-MHz, yang terintegrasi dalam 68040 adalah floating-point unit, sudah termasuk instruksi dan data cache. Sedangkan komputer Apple generasi ketiga menggunakan chip Motorola 68000 dalam komputer Macintosh Quadra miliknya.

    Graphics & Games
    Konsep virtual reality membuat pernyataan sebagai topik panas pada konvensi Siggraph's 1989 di Boston. Silicon Graphics booth menampilkan teknologi baru, dirancang dengan bantuan komputer, desain software oleh perusahaan Autodesk dan perusahaan komputer VPL . Virtual reality adalah istilah yang menggambarkan lingkungan yang dihasilkan komputer 3-D yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan realitas yang dibuat di sana. Komputer harus menghitung dan menampilkan informasi sensorik yang cukup cepat untuk mnegelabui indra.
    Howard Rheingold menjelaskan, "shared and objectively hadir seperti dunia fisik, composable seperti sebuah karya seni, tidak terbatas dan tidak berbahaya seperti dalam mimpi." Praktek pertama untuk menyelesaikan tugas-tugasnya seperti simulasi penerbangan, virtual reality segera menyebar lebih jauh, menjanjikan lahan baru untuk video game, pendidikan, dan wisata. Pengguna komputer ditempatkan ke dalam lingkungan virtual dalam berbagai cara.

    Software & Languages
    Maxis merilis SimCity, video game yang membantu peluncuran serangkaian simulator. Salah satu pendiri Maxis, Will Wright membangun game tersebut berdasar ketertaikan di masa kecilnya seperti pada model apal plastik dan pesawat terbang. Akhirnya ia bersama Jeff Braun memulai sebuah perusahaan  merancang program komputer yang memungkinkan pengguna untuk membuat kotanya sendiri. Keberhasil game SimCity kemudian dikiuti dengan peluncuran sejumlah seri Sim seperti; SimEarth, SimAnt, dan SimLife.
    Dalam SimCity, pemain memulai game dengan bumi yang belum tersentuh. Sebagai walikota sebuah kota atau perencana kota, ia menciptakan lanskap dan kemudian membangun bangunan, jalan, dan saluran air. Sebagai kota tumbuh, walikota harus memberikan pelayanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan, serta membuat keputusan tentang bagaimana mengarahkan keuangan dan bagaimana membangun basis pendapatan. Tantangan datang dalam bentuk bencana alam, kecelakaan pesawat, dan serangan rakasa.



    1990
    Graphics & Games
    Video Toaster diperkenalkan oleh NewTek. Video Toaster adalah video editing dan sistem produksi untuk saluran Amiga komputer sudah termasuk kustom hardware dan software khusus. Jauh lebih terjangkau daripada sistem editing video berbasis komputer lain, Video Toaster tidak hanya digunakan untuk di rumah, tetapi populer juga  stasiun akses publik dan bahkan cukup baik untuk digunakan untuk acara siaran televisi seperti Home Improvement.

    Networking
    World Wide Web lahir ketika Tim Berners-Lee, seorang peneliti di CERN, laboratorium fisika energi tinggi di Jenewa, mengembangkan HyperText Markup Language. HTML, seperti yang kita kenal saat ini, memungkinkan Internet untuk memperluas World Wide Web, menggunakan spesifikasi yang lebih maju seperti URL (Uniform Resource Locator) dan HTTP (HyperText Transfer Protocol). Sebuah browser, seperti Netscape atau Microsoft Internet Explorer, berikut pengiriman dan permintaan link ke server, yang memungkinkan pengguna untuk melihat situs. 

    Berners-Lee World Wide Web, adalah sistem hypertext yang telah ia  kembangkan sendiri, dengan tujuan memungkinkan orang untuk bekerja sama dengan menggabungkan pengetahuan mereka dalam web global dokumen hypertext. Dengan pemikiran ini, Berners-Lee merancang server World Wide Web pertama dan Browser - tersedia untuk masyarakat umum pada tahun 1991 Berners-Lee mendirikan Konsorsium W3, yang mengkoordinasi pengembangan World Wide Web.

    Software & Languages
    Microsoft Windows 3.0 mulai dipasarkan pada 22 Mei. Kompatibel dengan program DOS, versi pertama Windows yang sukses akhirnya menawarkan kinerja yang cukup baik untuk memuaskan pengguna PC. Untuk versi baru, Microsoft merubah antarmuka dan menciptakan desain yang memungkinkan PC untuk mendukung aplikasi grafis yang besar untuk pertama kalinya. Hal ini juga memungkinkan beberapa program untuk berjalan secara bersamaan pada mikroprosesor Intel 80386. 



    1991
    Software & Languages
    Dirancang oleh mahasiswa Finlandia Linus Torvalds, Linux dirilis ke beberapa Usenet newsgroup pada 17 September, 1991. Segera setelah itu, para penggemar mulai mengembangkan dan meningkatkan Linux, seperti menambahkan dukungan untuk peripheral dan meningkatkan stabilitas. Pada bulan Februari 1992, Linux menjadi perangkat lunak bebas atau ( yang oleh pengembang diakhir tahun 1998 Linux lebih dikenal dengan istilah) open source. Linux biasanya memasukkan unsur dari sistem operasi GNU dan termasuk sistem operasi yang banyak digunakan.

    Software & Languages
    Pretty Good Privacy diperkenalkan. Pretty Good Privacy, atau PGP, merupakan program enkripsi e-mail. Penemunya adalah seorang  insinyur software bernama Phil Zimmermann, dibuat sebagai alat bagi orang-orang untuk melindungi diri dari gangguan pemerintah di seluruh dunia. Zimmermann memposting PGP di Internet pada tahun 1991 dimana PGP tersedia sebagai  software yang dapat didownload gratis. Pemerintah Amerika Serikat, mengkhawatirkan kekuatan PGP, yang dapat menyaingi beberapa software sejejenis yang terbaik untuk kode rahasia yang digunakan pada saat itu, Zimmermann dituntut tapi akhirnya dicabut pada tahun 1996 PGP sekarang menjadi sistem enkripsi yang paling banyak digunakan untuk e-mail di dunia.



    1992
    Graphics & Games
    Terminator 2: Judgment Day " dibuka. Sutradara James Cameron membuat sekuel untuk hit-nya 1984 "The Terminator," menampilkan efek khusus yang menjadi terobosan Industrial Light & Magic. Dibuat untuk menembus rekor $ 100 juta, itu adalah film yang paling mahal yang pernah dibuat pada saat itu. Sebagian besar dari biaya ini adalha untuk biaya efek khusus yang dihasilkan oleh komputer (seperti gambar morphing) sepanjang film. Terminator 2 adalah salah satu dari banyak film yang mengkritik kepercayaan buta masayarakat terhadap peradaban teknologi.



    1993
    Components
    Mikroprosesor Pentium diluncurkan. Pentium adalah generasi kelima garis mikroprosesor 'x86' dari Intel, yang merupakan pondasi untuk PC IBM dan klon nya. Pentium memperkenalkan beberapa kemajuan yang membuat program berjalan lebih cepat seperti kemampuan untuk mengeksekusi beberapa instruksi pada waktu yang sama dan dukungan untuk grafis dan musik.

    Computers
    "Doom" diluncurkan. id Software merilis Doom pada akhir 1993, game bergenre first person shooter (FPS) dengan gaya immersive (3d display or system), Doom menjadi populer pada berbagai platform sebelum kehilangan popularitasnya dengan kehadiran kompetitornya seperti game Halo dan Counter-Strike. Pemain Doom merupakan yang pertama untuk menyesuaikan tingkat permainan dan penampilan. Pada tahun selanjutnya Doom meluncrukan beberapa sekuel hingga diangkat ke dalam film pada tahun 2005.

    Networking
    Browser web Mosaic dilepaskan. Mosaic adalah software komersial pertama yang memungkinkan akses grafis untuk konten di internet. Dirancang oleh Eric Bina dan Marc Andreessen di Universitas Nasional Pusat Illinois untuk Aplikasi Supercomputer, Mosaic pada awalnya dirancang untuk sistem Unix yang berjalan pada X-windows. Pada tahun 1994, Mosaic juga tersedia untuk beberapa sistem operasi lain seperti Mac OS, Windows dan Amiga OS.



    1994
    Companies
    Netscape Communications Corporation (NCC) didirikan. Netscape awalnya didirikan sebagai Mosaic Communications Corporation  (MCC) pada bulan April 1994 oleh Marc Andreessen, Jim Clark dan lain-lain. Namanya segera berubah menjadi Netscape dan menghadirkan browser pertama pada bulan Oktober tahun 1994. Pada hari perdana  penawaran umum Netscape pada bulan Agustus 1995, harga saham dilepas dari $ 28 sampai $ 54 dalam beberapa menit pertama perdagangan, nilai perusahaan mencapai $ 2 miliar. Netscape banyak mempekerjakan programmer Silicon Valley untuk menyediakan fitur baru dan produk, mulai booming di internet pada tahun 1990-an.

    Companies
    Yahoo didirikan. Dibangun oleh mahasiswa pascasarjana Stanford Jerry Yang dan David Filo, Yahoo pada awalnya memiliki istilah cukup panjang "Jerry Guide to the World Wide Web" sebelum diganti. Yahoo awalnya terdiri atas dua mesin, yang diberi nama Akebono dan Konishiki, keduanya nama yang diambil dari nama pegulat Sumo terkenal. Yahoo kemudain dengan cepat berkembang menjadi salah satu mesin pencari internet paling populer.

    Storage
    Iomega Zip Disk dilepaskan. Awal sistem Zip memungkinkan 100MB untuk disimpan pada cartridge seukuran disket 3 ½ inci. Kemudian versi ditingkatkan dari kapasitas disk tunggal 100Mbytes hingga 2GB.


    Sumber : computerhistory.org

    16 Juli 2014