• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Computer History Timeline (1963 - 1974)



    1963
    Computers
    Tandy Radio Shack didirikan. Tandy Radio Shack (TRS) dibentuk pada1963 oleh perusahaan gabungan Tandy Leather Company dan Radio Shack. TRS mulai dengan menjual berbagai produk elektronik, terutama untuk penggemarnya. Komputer model TRS-80 diperkenalkan pada tahun 1977, merupakan langkah besar dalam mempublikasikan komputer bagi publik. Seperti Commodore PET dan Apple II, yang diperkenalkan dalam beberapa bulan setelah peluncuran TRS-80, komputer datang dalam keadaan lengakap dan siap pakai.

    Graphics & Games
    DAC-1 komputer dengan dukungan desain program diluncurkan. Pada tahun 1959, General Motors Research Laboratories menunjuk tim riset khusus untuk menyelidiki penggunaan komputer dalam merancang mobil. Pada tahun 1960, IBM bergabung dengan proyek ini, dengan produksi komersial pertama yang menyediakan Computer Aided Desain Program, yang lebih dikenal sebagai DAC-1. Bersamaan dengan proyek tersebut hadir IBM 2250 terminal display yang mendatangkan banyak kemajuan dalam timesharing (pembagian waktu) pada komputer dan penggunaan prosesor tunggal dengan dua atau lebih terminal.

    Robots & Artificial Intelligence
    Para peneliti merancang Rancho Arm di Rancho Los Amigos Hospital di Downey, California sebagai alat untuk orang cacat. Rancho Arm memiliki enam sendi memberikannya fleksibilitas untuk lengan manusia. Diakuisisi oleh Unversitas Stanford pada tahun 1963, adalah lengan robot pertama yang dikontrol menggunakan teknologi komputer.

    Software & Languages
    Ivan Sutherland menerbitkan Sketchpad, interaktif, sistem gambar komputer yang bersifat real time, sebagai tesis doktor MIT-nya. Dengan menggunakan pena cahaya dan Sketchpad, desainer dapat menggambar dan memanipulasi geometris angka secara langsung pada layar.

    Software & Languages
    ASCII (American Standard Code for Information Interchange) memungkinkan mesin dari produsen yang berbeda untuk dapat melakukan pertukaran data. ASCII terdiri dari 128 string unik yang terdiri atas nilai satu dan nol. Setiap urutan mewakili huruf abjad bahasa Inggris, angka Arab, dan berbagai macam merek dan simbol tanda baca, atau fungsi seperti carriage return.


    1964
    Computers
    IBM mengumumkan System/360, keluarga dari enam komputer yang saling kompatibel dan 40 peripheral yang dapat bekerja sama. Investasi awal sebesar $ 5 miliar dapat dikembalikan dengan cepat setelah pemesanan akan kebutuhan  sistem naik menjadi 1.000 per bulan dalam waktu kurun waktu dua tahun. Pada saat itu IBM merilis System/360, perusahaan itu membuat transisi dari transistor diskrit ke sirkuit terpadu, dan sumber utama pendapatan perusahaan pindah dari peralatan punched-card pada kebutuhan sistem komputer elektronik.

    Computers
    CDC 6600 supercomputer, yang dirancang oleh Seymour Cray, mampu melakukan hingga 3 juta instruksi per detik - kecepatan pemrosesan tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, IBM Stretch. CDC 6600 mempertahankan perbedaan menjadi komputer tercepat di dunia sampai dikalahkan oleh penggantinya, CDC 7600, pada tahun 1968. Bagian dari kecepatan berasal dari desain komputer, yang memiliki 10 komputer kecil, yang dikenal sebagai prosesor perifer, yang menyalurkan data ke unit pengolahan pusat (central processing) yang besar.

    Networking
    Pemrosesan transaksi online membuat debutnya di sistem reservasi IBM SABRE, yang diatur untuk American Airlines. Menggunakan saluran telepon, SABRE terkait dengan 2.000 terminal di 65 kota . Untuk sepasang IBM 7090 komputer, mampu memberikan data pada setiap penerbangan dalam waktu kurang dari tiga detik.

    Networking
    JOSS (Johnniac Open Shop System) percakapan layanan time-sharing dimulai pada Rand Johnniac. Time-sharing muncul, sebagian, karena panjang batch sering kali kembali menjadi hambatan untuk memperbaiki permasalahan pada pembagian waktu (time sharing) yang bertujuan untuk membawa pengguna kembali ke "kontak" dengan mesin untuk debug online dan pengembangan program.

    Networking
    Thomas Kurtz dan John Kemeny menciptakan BASIC, sebuah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, untuk siswa mereka di Dartmouth College.


    1965
    Companies
    Commodore Business Machines (CBM) didirikan. Pendirinya Jack Tramiel beremigrasi ke Amerika Serikat setelah Perang Dunia II di mana ia mulai memperbaiki mesin ketik. Pada tahun 1965, ia pindah ke Toronto dan mendirikan Commodore International yang juga mulai membuat kalkulator mekanik dan elektronik. Pada tahun 1977, Commodore merilis komputer Commodore PET; pada tahun 1981 VIC-20; dan, pada tahun 1982, Commodore 64. CBM membeli perusahaan pesaingnya Amiga Corporation pada tahun 1984. Meskipun menjadi pemasok tunggal terbesar komputer di dunia pada waktu itu, pada 1984 perselisihan internal dan tekanan pasar menyebabkan masalah keuangan. Perusahaan ini menyatakan kebangkrutan pada tahun 1994.

    Computers
    Digital Equipment Corp. memperkenalkan PDP-8, komputer mini pertama yang sukses secara komersial. PDP-8 dijual seharga $ 18.000, seperlima harga mainframe IBM 360 kecil. Kecepatan, ukuran kecil, dan biaya yang wajar memungkinkan PDP-8 untuk masuk ke ribuan pabrik, usaha kecil, dan laboratorium ilmiah.



    Robots & Artificial Intelligence
    Sebuah tim yang dipimpin oleh Stanford Ed Feigenbaum menciptakan DENDRAL, sistem pakar pertama, atau program yang dirancang untuk melaksanakan akumulasi keahlian spesialis. DENDRAL menerapkan baterai "jika-maka (if-then)" aturan dalam kimia dan fisika untuk mengidentifikasi struktur molekul senyawa organik.



    Software & Languages
    Objek orientasi bahasa mendapat dorongan awal dengan Simula, ditulis oleh Kristen Nygaard dan Ole-John Dahl. Simula mengelompokan data dan instruksi ke dalam blok yang disebut objek, masing-masing mewakili satu aspek dari sistem yang dimaksudkan untuk simulasi.


    1966
    Computers
    Departemen Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) membuat kontrak dengan Universitas Illinois untuk membangun sebuah komputer dengan paralel pengolahan yang besar, ILLIAC IV, dimana tidak beroperasi sampai tahun 1972 di NASA Ames Research Center. Komputer array terbesar pertama, ILLIAC IV mencapai kecepatan komputasi 200 juta instruksi per detik, sekitar 300 juta operasi per detik, dan 1 miliar bit per detik dari proses transfer I/O (Input/Output) melalui kombinasi unik dari arsitektur paralel dan tumpang tindih (overlapping) atau struktur "pipe-lining (lapisan pipa)" dengan 64 elemen pengolahan. Foto ini menunjukkan salah satu dari 13 disk Burroughs pada ILLIAC tersebut, debug pada komputer, processing unit cabinet, dengan proses pengolahan elemen.

    Computers
    Hewlett-Packard memasuki bisnis komputer dengan produk HP-2115 sebagai mesin perhitungan, menawarkan kekuatan komputasional yang sebelumnya ditemukan hanya di komputer yang jauh lebih besar. HP-2115 mendukung berbagai bahasa, di antaranya BASIC, ALGOL, dan FORTRAN.

    Networking
    John van Geen dari Stanford Research Institute meningkatkan kemampuan modem akustik. Dimana receiver-nya mampu mendeteksi data bits meskipun pada backgound suaranya terdapat kebisingan yang terdengar melalui saluran telpon jarak jauh (long-distance phone lines) . Penemu telah mengembangkan tambahan modem akustik untuk menghubungkan komputer ke jaringan telepon dengan cara menghubungkan handset telepon standar seperti yang digunakan saat ini.


    1967
    Components
    Fairchild Camera dan Instrument Corp. membangun oksida logam pertama, sebuah produk semikonduktor standar untuk aplikasi pengolahan data, unit aritmatika delapan-bit dan akumulator. Dalam chip MOS, insinyur memperlakukan bahan semikonduktor untuk menghasilkan salah satu dari dua jenis transistor, yang disebut tipe-n dan tipe-p.

    Software & Languages
    Seymour Papert merancang LOGO sebagai bahasa komputer untuk anak-anak. Awalnya lebih deikenal sebagai program gambar, LOGO mengendalikan tindakan dari "kura-kura," mekanik yang ditelusuri jalurnya dengan pena di atas kertas. Kura-kura elektronik membuat desain mereka pada video di layar monitor. 
    Papert menekankan eksplorasi kreatif dengan mengingat fakta-fakta:. "Orang-orang memanfaatkan kegunaan bibir dalam proses belajar mengajar, tetapi jika Anda melihat kurikulum di sekolah-sekolah, sebagian besar adalah tentang tanggal, fraksi, dan fakta-fakta ilmiah; itu adalah muatan yang sangat sedikit untuk menjelaskan tentang pembelajaran. saya lebih suka berpikir tentang belajar sebagai suatu keahlian yang setiap orang dari kita bisa mendapatkannya. "

    Storage
    IBM 1360 Photo-Digital Storage System diluncurkan pada tahun 1967, IBM menyampaikan sistem penyimpanan pertama dalam  foto-digital untuk Lawrence Livermore National Laboratory. Sistem ini dapat membaca dan menulis sampai satu triliun bit informasi, itu merupakan sistem foto digital pertama di dunia.IBM 1360 menggunakan film dengan garis tipis yang dikembangkan dengan pola bit melalui perkembangan sistem fotografi yang ditempatkan dalam mesin. Sistem ini menggunakan koreksi kesalahan canggih dan robot pneumatik untuk memindahkan garis film untuk dan dari unit penyimpanan. Hanya lima jenis IBM 1360 yang pernah dibangun.


    1968
    Companies
    Evans & Sutherland terbentuk. Pada tahun 1968, David Evans dan Ivan Sutherland, keduanya profesor ilmu komputer, mendirikan sebuah perusahaan untuk mengembangkan sebuah komputer grafis khusus yang dikenal sebagai frame buffer. Perangkat ini adalah memori khusus berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menangkap video. Berbasis di Salt Lake City, Utah, kedua pendiri melatih generasi pelopor komputer grafis di E & S atau di Universitas Utah pada departemen ilmu komputer. Sutherland meninggalkan perusahaan pada tahun 1975, dan Evans pensiun pada awal 1990-an, tapi E & S berlanjut hingga hari ini sebagai pemasok utama sistem grafis militer dan komersial.

    Computers
    Data General Corp, dimulai oleh sekelompok insinyur yang telah meninggalkan Digital Equipment Corp, memperkenalkan Nova, dengan 32 kilobyte memori, seharga $ 8,000. 
    Dalam foto itu, Ed de Castro, presiden dan pendiri Data General, duduk dengan komputer mini Nova. Arsitektur sederhana dari instruksi set Nova yang menginspirasi   Steve Wozniak untuk membuat Apple I board delapan tahun kemudian.

    Computers
    Apollo Guidance Computer (AGC) memulai debutnya mengorbit bumi melalui Apollo 7. Setahun kemudian, AGC  mengarahkan Apollo 11 ke permukaan bulan. Astronot berkomunikasi dengan komputer dengan meninju dua digit kode  dan kategori sintaksis ke dalam layar dan melalui unit keyboard.



    Robots & Artificial Intelligence
    Marvin Minsky mengembangkan Tentacle Arm, yang bergerak seperti gurita. yang meimiliki dua belas sendi dan dirancang untuk menjangkau lokasi sekitar yang sulit dijangkau. Sebuah komputer PDP-6 mengendalikan lengan tersebut, didukung oleh cairan hidrolik. Terpasang di dinding, alat tersebut dapat mengangkat beban berat seseorang.



    1969
    Computers
    Xerox Corp membeli Scientific Data Systems (SDS) dengan harga mendekati $ 1 miliar - 90 kali laba yang terakhir. seri SDS dari minicomputer di awal tahun 1960-an menyerap penjualan lebih dari harga Digital Equipment Corp. sebelumnya. Xerox merubah serinya menjadi XDS computers, tetapi akhirnya menutup divisi tersebut dan berhenti memproduksi peralatan.

    Robots & Artificial Intelligence
    Victor Scheinman´s membuat Stanford Arm sebagai terobosan perangkat robotik pertama yang sukses menggunakan tenaga listrik, pada lengan robot yang dikendalikan komputer. Ditahun 1974, Stanford Arm dapat merakit pompa air Ford Model T, membimbing dirinya sendiri dengan sensor optik dan kontak. Stanford Arm mengarah langsung pada produksi komersial. Scheinman melanjutkan untuk merancang seri PUMA industri robot untuk Unimation, robot-robot tersebut digunakan untuk perakitan mobil dan tugas-tugas industri lainnya.

    Software & Languages
    Dua orang programer dari AT & T Bell Laboratories, Kenneth Thompson dan Dennis Ritchie mengembangkan sistem operasi UNIX pada suku  DEC minicomputer. UNIX menggabungkan banyak timesharing dan manajemen file fitur yang ditawarkan oleh Multics, dari mana ia mengambil namanya. (Multics, sebuah proyek dari pertengahan 1960-an, mewakili upaya pertama untuk menciptakan multi-user, sistem operasi multi-tasking.) Sistem operasi UNIX cepat mengamankan berikut luas, khususnya di kalangan insinyur dan ilmuwan.


    1970
    Companies
    Xerox membuka Palo Alto Research Center (PARC). Pada tahun 1970, Xerox Corporation disewa Dr George Pake untuk memimpin sebuah pusat penelitian baru di Palo Alto, California. PARC menarik beberapa ilmuwan komputer top Amerika Serikat,  dan menghasilkan banyak penemuan inovatif yang menyebabkan transformasi komputasi-terutama pada antarmuka grafis bagi pengguna komputer pribadi (personal computer), Ethernet, printer laser, dan pemrograman yang berorientasi pada obyek. Xerok tidak mampu memasarkan penemuan dari PARC tetapi orang lain melakukannya, termasuk diantaranya: Steve Jobs (Apple), Bob Metcalfe (3Com), serta Charles Geschke dan John Warnock (Adobe). 

    Networking
    Komunikasi komputer-ke-komputer diperluas ketika Departemen Pertahanan mendirikan empat simpul pada ARPANET: Universitas California Santa Barbara dan UCLA, SRI International, dan Universitas Utah. Dilihat sebagai jaringan berbagi sumber daya yang komprehensif, desainer ARPANET yang ditetapkan dengan beberapa tujuan: penggunaan langsung layanan pendistribusian hardware; pengambilan langsung dari jarak jauh (remote), salah satu jenis database; dan berbagi software subrutin  dan paket tidak tersedia bagi pengguna komputer utama karena ketidakcocokan hardware atau bahasa.

    Robots & Artificial Intelligence
    SRI International´s Shakey menjadi robot bergerak pertama yang dikontrol oleh kecerdasan buatan. Dilengkapi dengan perangkat penginderaan dan didorong oleh program pemecahan masalah yang disebut STRIPS, robot menemukan jalan di lorong-lorong SRI dengan menerapkan informasi tentang lingkungan untuk rute. Shakey menggunakan kamera TV, laser pengukur jangkauan, dan bump sensor untuk mengumpulkan data, yang kemudian dikirim ke DEC PDP-10 dan PDP-15. Komputer lewat radio mengembalikan perintah ke Shakey - yang kemudian pindah pada kecepatan 2 meter per jam.X


    1971
    Components
    Iklan pertama untuk mikroprosesor, Intel 4004, terlihat di Electronic News. Dikembangkan untuk Busicom, pembuat kalkulator Jepang, Intel 4004 memiliki 2.250 transistor dan dapat melakukan hingga 90.000 operasi per detik dalam empat-bit potongan. Federico Faggin memimpin desain dan Ted Hoff memimpin arsitektur.

    Companies
    RCA menjual divisi komputer nya. RCA didirikan pada tahun 1919 untuk membuat tabung vakum untuk radio, sebagai penemuan baru. RCA mulai merancang dan menjual mesin komputernya di awal 1950-an, bersaing dengan IBM dan beberapa perusahaan lainnya. Pada 1970-an, RCA, serta pembuat komputer lainnya, menghadapi kesulitan dalam bersaing dengan IBM. RCA kemudian membuat terobosan dengan membuat mesin mereka kompatibel dengan mesin IBM, tapi akhirnya strategi ini pun terbukti tidak berhasil. Maka pada tahu 1971  RCA mengumumkan tidak akan lagi membangun mesin komputer, dan menjual bisnis komputernya pada perusahaan Sperry-Rand.

    Computers
    Kenbak-1, komputer pribadi (personal computer) pertama, diiklankan dengan harga sebesar $ 750 di Scientific American. Dirancang oleh John V. Blankenbaker Kenbak 1 menggunakan skala menengah standar dan sirkuit terpadu skala kecil, Kenbak 1 bergantung pada switch untuk input dan lampu untuk output dengan memori 256-byte. Pada tahun 1973, setelah terjual hanya 40 mesin, akhirnya Kenbak Corp menutup pintu untuk produksi komputernya..

    Networking
    E-mail pertama dikirim. Ray Tomlinson dari perusahaan riset Bolt, Beranek dan Newman mengirimkan e-mail pertama ketika ia seharusnya bekerja pada sebuah proyek yang berbeda. Penghragaan untuk Ray Tomlinson, dengan menjadi orang pertama yang telah memutuskan tanda "@" untuk digunakan dalam e-mail, mengirim pesannya melalui jaringan militer yang disebut ARPANET. Ketika diminta untuk menggambarkan isi dari email pertama, Tomlinson mengatakan "sesuatu seperti" QWERTYUIOP ""

    Storage
    Sebuah tim IBM, awalnya dipimpin oleh David Noble, menemukan disket floppy 8-inch. Pada awalnya dirancang untuk digunakan dalam pemuatan microcode ke controller untuk "Merlin" (IBM 3330) file disk pack. Dengan cepat memenangkan penerimaan secara luas sebagai program dan penyimpanan data media. Tidak seperti hard drive, pengguna dapat dengan mudah mentransfer floppy di jaket pelindung dari satu drive ke drive lain.


    1972
    Components
    Intel's 8008 mikroprosesor memulai debutnya. Sebuah kemajuan besar dibanding pendahulunya, 4004, dengan delapan-bit kata yang dapa memberikan 256 pengaturan unik dari nilai satu dan nol. Untuk pertama kalinya, sebuah mikroprosesor dapat menangani keduanya huruf besar dan huruf kecil, 10 angka, tanda baca, dan sejumlah simbol lainnya.

    Computers
    Hewlett-Packard mengumumkan HP-35 sebagai "Slide rule elektronik tercepat, dan terakurat" dengan memori solid-state yang serupa dengan komputer. HP-35 membedakan dirinya dari para pesaingnya dengan kemampuannya untuk melakukan berbagai macam fungsi logaritma dan trigonometri, untuk menyimpan solusi yang lebih menengah untuk digunakan nanti, dan untuk menerima dengan entri layar dalam bentuk yang mirip dengan notasi ilmiah standar.

    Graphics & Games
    Pong dilepaskan. Pada tahun 1966, Ralph Baer merancang permainan ping-pong untuk konsol game Odyssey-nya. Nolan Bushnell memainkan game ini di pameran produk Magnavox di Burlingame, California. Sebelumnya Bushnell mempekerjakan insinyur muda Al Alcorn untuk merancang permainan mengemudi mobil, tetapi hal tersebut terlihat jelas terlalu ambisius pada masa itu, akhirnya Alcorn merancang versi ping-pong sebagai gantinya. Permainan ini diuji dalam bar di Grass Valley dan Sunnyvale, California di mana game itu jadi sangat populer. Game Pong menjadi revolusi industri game arcade dan menjadi titik awal meluncurnya era video game modern.

    Graphics & Games
    SuperPaint selesai. SuperPaint sistem gambar komputer digital pertama yang menggunakan frame buffer memori berkecepatan tinggi khusus, dan menjadi  nenek moyang semua program paint modern. Ini bisa membuat animasi yang canggih, hingga mencapai 16.7 juta warna, memiliki kuas yang bisa disesuaikan, pembesaran video, dan menggunakan tablet grafis untuk menggambar. Ini dirancang oleh Richard Shoup dan rekan-rekannya di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Para desainer tersebut memenangkan penghargaan teknis Academy Award pada tahun 1998 untuk penemuan mereka.

    Networking
    Wozniak's "blue box", adalah Steve Wozniak yang membangun "blue box", sebuah generator dering/nada untuk membuat panggilan telepon gratis sebagai sistem keamanan. Wozniak menjual box tersebut di asrama Universitas California Berkeley di mana ia belajar sebagai sarjana. "pada awalnya kotak tersebut memiliki sebuah fitur keamanan-dengan saklar buluh dioperasikan oleh magnet yang ditempelkan ke bagian luar kotak," Wozniak ingat. "Jika tertahan, Anda hapus magnetnya, dimana akan hal itu akan menghasilkan dering off-frekuensi yang beroperasi... dan Anda memberitahu polisi. (orang tidak akan mengira) itu hanya kotak musik"


    1973
    Companies
    IMSAI didirikan. Pada tahun 1973, Bill Millard meningglakan pekerjaan tetapnya di manajemen untuk mendirikan perusahaan konsultan Information Management Services or IMS. Tahun berikutnya, ketika ia bekerja pada sebuah proyek klien, ia mengembangkan sistem komputasi kecil menggunakan New Intel 8080 microprocessor. Dia menyadari komputer ini mungkin menarik pembeli lain dan begitu ditempatkan dalam iklan di majalah hobi "Popular Electronics," ia menawarkannya dalam bentuk kit. IMSAI 8080, seperti yang dikenal, terjual dengan cepat hingga mencapai 20.000 unit yang dikirimkan. Perusahaan ini akhirnya dibeli oleh salah satu dealer dan saat ini sebuah divisi dari Fischer-Freitas Company, yang masih menawarkan reproduksi asli untuk dijual kepada para penggemar elektronik.

    Computers
    TV Typewriter, dirancang oleh Don Lancaster, menayangkan tampilan pertamanya tentanf informasi alfanumerik pada televisi biasa. Dulu komponen elektronik tersebut senilai $ 120 , yang disiarkan dibulan September 1973 edisi Radio Electronics. Desain asli termasuk dua papan memori dan bisa menghasilkan dan menyimpan 512 karakter sebagai 16 baris dari 32 karakter. Sebuah kaset 90 menit yang menyediakan penyimpanan tambahan samapai 100 halaman teks.

    Computers
    Micral pada awalnya adalah produk komersial, personal computer berbasis intel 8008 micro-processor tanpa kotak kemasan (non-kit). Thi Truong sebagai pengembang komputer dan Philippe Kahn yang menangani piranti lunak-nya. Thi Truong, adalah pendiri dan presiden dari perusahaan Perancis R2E, menciptakan Micral sebagai pengganti minicomputer dalam situasi yang tidak membutuhkan kinerja tinggi. Dibanderol dengan harga $ 1.750, komputer Micral pernah menembus pasar AS. Pada tahun 1979. Truong akhirnya menjual Micral pada perusahaan Bull.

    Networking
    Robert Metcalfe merancang metode Ethernet untuk koneksi jaringan di Xerox Palo Alto Research Center. Dia menulis: "Pada tanggal 22 Mei 1973, dengan menggunakan mesin tik Selectric saya ... saya menulis ..." Ether Acquisition "... susah dijelaskan dengan tulisan tangan - salah satunya adalah" ETHER "- dan dengan tangan yang larut dalam diagram -! salah satunya menunjukkan `boosters' interkoneksi bercabang kabel, telepon, dan eter rasio dalam apa yang sekarang kita sebut internet .... Jika Ethernet diciptakan dalam satu memo, oleh seseorang dalam satu hari, inilah yang dimaksudkan."
    Robert M. Metcalfe, "How Ethernet Was Invented", IEEE Annals of the History of Computing, Volume 16, No. 4, Winter 1994, p. 84.



    1974
    Computers
    Para peneliti di Xerox Palo Alto Research Center mendesain Alto - stasiun kerja pertama dengan menyertakan mouse device untuk input. The Alto menyimpan beberapa file secara bersamaan di windows, menawarkan menu dan ikon, dan dapat melakukan link ke jaringan area lokal. Meskipun Xerox tidak pernah menjual Alto secara komersial, Xerox memberikan beberapa unit Alto ke universitas-universitas. Dimana para Insinyur kemudian menambahakan fitur-fiturnya ke dalam workstation, dan komputer pribadi.

    Computers
    Scelbi mempromosikan komputer 8H miliknya, berbasiskan microprocessor Intel 8008, yang untuk pertama kalinya komputer asal AS ini diiklankan secara komersial. Scelbi mengarahkan 8H, tersedia baik dalam bentuk kit dan dirakit secara lengkap, pada aplikasi ilmiah, elektronik, dan biologi. Komputer 8H memiliki 4 kilobyte memori internal dan kaset, dengan kedua teletype dan osiloskop interface. Pada tahun 1975, Scelbi memperkenalkan versi 8B dengan 16 kilobyte memori untuk pasar bisnis. Perusahaan ini menjual sekitar 200 mesin, dan kehilangan sekitar $ 500 per unitnya.

    Robots & Artificial Intelligence
    David Silver dari MIT merancang Silver Arm, lengan robot untuk memasang bagian-bagian kecil dalam perakitan, menggunakan umpan balik dari sentuhan dan tekanan sensor halus. Silver Arm bergerak dengan halus mengikuti gerakan jari tangan manusia.    

    Sumber : computerhistory.org

    16 Juli 2014