• Disclaimer
  • Privacy Policy
  • About Us
  • Call Us
  • Henry Prevost Babbage


    henry babbage
    Henry Prevost Babbage
    "Buah jatuh tak jauh dari pohonnya", ungkapan ini mungkin berlaku bagi Henry Prevost Babbage (1824-1918). Ya benar sekali, Henry Prevost Babbage adalah putera bungsu dari Charles Babbage pencipta mesin Difference Engine dan Analytical Engine yang telah dibahas pada halaman sebelumnya. Henry adalah orang yang berada disamping tempat tidur ayahanya ketika Charles Babbage meninggal di tahun 1871.
    Dalam masa cuti panjangnya dari dinas milter, Henry Prevost Babbage telah mempelajari  dan mengambil alih pemahaman mengenai Difference Engine dan Analytical Engine yang merupakan dua karya besar ayahnya termasuk mewarisi berbagai rancangan dan material kedua mesin komputer tersebut.
    Sejak tahun 1872 Henry menekuni apa yang menjadi obsesi ayahnya sampai pada masa pensiunnya di tahun 1875. Dia membuat sekitar enam buah miniatur mesin Difference Engine No 1 yang satu diantaranya ia kirim ke Universitas Harvard.  Pada tahun 1930 bagian mesin yang dikirim ke Harvard ini menarik perhatian Howard Hathaway Aiken, pionir dibidang komputer yang kelak menjadi pelopor berdirinya IBM Harvard Mark I. Aiken menulis bahwa ketika dia melihat bagian dari Difference Engine No 1 tersebut "ia merasa bahwa Charles Babbage berbicara padanya secara pribadi dari masa lalu".
    Henry Prevost Babbage juga bereksperimen dengan membangun empat kalkulator pabrik untuk Analytical Engine yang ia selesaikan pada tahun 1910 ketika ia berusia 86 tahun. Kerja kerasnya pada mesin-mesin tersebut berhasil namun tidak diiringi dengan keberanian dan inspirasi seperti ayahnya.

    disunting oleh : Khaerudin Noer 
    Sumber Artikel & Gambar: en.wikipedia.org & computerhistory.org




    6 Juni 2014